Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Langkah Mudah Belajar Pemrograman Android

Bina-Qurani-Langkah-Mudah-Belajar-Pemrograman-Android
Langkah Mudah Belajar Pemrograman Android

Semakin pesatnya perkembangan sistem operasi android yang dikembangkan oleh berbagai vendor smartphone internasional, memberikan pengaruh yang besar bagi minat belajar sebagian orang di tanah air untuk ikut serta dalam pengembangan dan pembuatan aplikasi berbasis sistem operasi android.

Materi belajar pemrorgaman android merupakan salah satu materi pembelajaran yang paling banyak dicari saat ini. Maka tidak mengherankan apabila banyak blog ataupun buku yang kemudian muncul dan mengajarkan tentang tutorial belajar pemrograman android.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami juga akan sedikit menulis beberapa tips tentang langkah mudah belajar pemrograman android.

Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak!

Bina-Qurani-Langkah-Mudah-Belajar-Pemrograman-Android

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Langkah Mudah Belajar Pemrograman Android, Source: Photo From Mika Baumeister Unsplash

Tiga Langkah Mudah Belajar Pemrograman Android

Berikut ini adalah tiga langkah mudah yang dapat kita lakukan sebelum memulai belajar pemrograman android tingkat lanjut.

1. Pelajari Bahasa Pemrograman

Langkah pertama sebelum kita memulai belajar pemrogaman android tingkat lanjut adalah dengan mempelajari bahasa pemrograman. Ada beberapa bahasa pemrograman yang dapat kalian pilih dan kalian pelajari sebagai modal untuk belajar pemrograman android agar dapat membuat atau mengembangkan aplikasi android sendiri.

Beberapa bahasa pemrograman tersebut di antaranya adalah, sebagai berikut:

  • Java – Java merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan oleh para developer android dalam membuat aplikasi. Dengan menggunakan bahasa pemrograman java, kita dapat membuat aplikasi native pada sistem operasi android.
  • C++ – Bahasa pemrograman C++ merupakan bahasa pemrograman yang tidak hanya dapat digunakan untuk membuat atau mengembangkan aplikasi berbasis desktop, namun dapat juga digunakan untuk membangun aplikasi berbasis android.
  • Kotlin – Kotlin adalah bahasa pemrograman yang saat ini sedang populer, dan terbilang cukup baru serta modern. Saat ini banyak developer android yang dulunya menggunakan Java mulai beralih menggunakan bahasa pemrograman kotlin.
  • Dart – Dart adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Google. Selain dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis android, dart juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis web dan desktop.
  • Javascript – Javascript adalah bahasa pemrograman yang tidak hanya digunakan untuk membangun website baik dari sisi tampilan maupun server. Namun, javascript juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi android.

Beberapa bahasa pemrograman di atas dapat kalian pilih dan mulai kalian pelajari, agar dalam proses belajar pemrograman android kalian dapat dengan mudah untuk melakukan praktikum sesuai dengan teori yang diberikan.

Bina-Qurani-Langkah-Mudah-Belajar-Pemrograman-Android

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Langkah Mudah Belajar Pemrograman Android, Source: Photo From Maximilian Weisbecker Unsplash

2. Menentukan Software yang Akan Digunakan

Selain memilih dan mempelajari bahasa pemrograman, langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah memilih dan menentukan software atau tools yang akan kita gunakan dalam proses belajar pemrograman android tahap berikutnya.

Baik untuk mengembangkan aplikasi, maupun untuk membangun sebuah aplikasi.

Berikut ini adalah beberapa software yang dapat kita gunakan:

  • Android Studio – Android Studio merupakan software IDE (Integrated Development Environment) yang dirancang khusus oleh Google untuk membantu penggunanya dalam membuat dan mengembangkan aplikasi android. Bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi pada android studio adalah Java, Kotlin, dan C++.
  • Eclipse – Eclipse software IDE (Integrated Development Environment) yang mendukung bahasa pemrograman Java dalam dalam pengembangan aplikasi berbasis android.
  • React Native – React Native adalah framework yang dikembangkan oleh Facebook sebagai software yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan developer dalam mengembangkan aplikasi berbasis android dan iOS. Bahasa pemrograman yang dapat digunakan pada framework ini adalah Javascript.
  • Flutter – Flutter adalah framework yang dapat digunakan untuk membuat maupun mengembangkan aplikasi berbasis android dan iOS menggunakan bahasa pemrograman Dart.

Kami sangat menyarankan, agar kalian menggunakan software IDE yang telah didukung penuh oleh Google yaitu Android Studio. Hal ini akan memberikan kemudahan pada kalian dalam belajar pemrograman android.

Bina-Qurani-Langkah-Mudah-Belajar-Pemrograman-Android

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Langkah Mudah Belajar Pemrograman Android, Source: Photo From Emile Perron Unsplash

3. Mulailah Belajar Pemrograman Android Materi Dasar

Setelah kita memilih serta mempelajari tentang dasar-dasar bahasa pemrograman, dan menentukan IDE yang akan kita gunakan untuk membangun sebuah aplikasi android, langkah selanjutnya adalah memulai belajar dasar-dasar pemrograman android.

Kalian dapat memulai belajar pemrograman android melalui ebook maupun buku cetak, atau belajar secara online melalui situs-situs penyedia layanan belajar pemrograman android baik yang berbayar ataupun yang gratisan.

Berikut ini adalah beberapa situs yang dapat membantu kamu dalam proses belajar pemrograman android:

  • Udemy
  • Badoystudio
  • Udacity
  • Android[dot]com
  • Youtube

Selain situs di atas, kalian juga dapat belajar pemrograman atau belajar mengenai IT dan Big Data Handling di Inside Bina Qurani Learning.

Bina-Qurani-Langkah-Mudah-Belajar-Pemrograman-Android

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Langkah Mudah Belajar Pemrograman Android, Source: Photo From Caspar Camille Rubin Unsplash

Demikianlah tiga langkah mudah belajar pemrograman android yang dapat kita lakukan, sebagai bekal sebelum mempelajari pemrograman android tingkat lanjut.

Thumbnail Source: Photo From Alpha

Artikel Terkait:
Coding Dasar

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login