Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Larangan untuk Kerabat Mayit

Bina-Qurani-Larangan-untuk-Kerabat-Mayit
Larangan untuk Kerabat Mayit

Ada beberapa larangan yang hendaknya tidak dikerjakan atau dilakukan oleh kerabat mayit atau selainnya, apabila ada orang yang telah meninggal. Di antara larangan tersebut adalah:

1. Niyahah atau Meratapi Kematian Mayit

Perbuatan ini diharamkan karena dapat membangkitkan kesedihan dan menghilangkan kesabaran, serta bertentangan dengan sikap menerima takdir dan ketundukan atas keputusan Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā.

Hal ini sebagaimana hadits dari Abu Malik Al-Asy’ari, bahwa Nabi Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, yang artinya:

“Empat perkara pada umatku yang termasuk amalan jahiliyah dan belum mereka tinggalkan yaitu; membanggakan leluhur, mencela nasab, meminta hujan dengan ramalan bintang, dan meratapi mayit.” (HR. Muslim)

Bina-Qurani-Larangan-untuk-Kerabat-Mayit

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Larangan untuk Kerabat Mayit, Source: Photo by Masjid Agung Ciamis

Dan beliau Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam juga bersabda:

“Jika wanita yang meratapi mayit tidak bertaubat, ia akan dibangkitkan pada hari Kiamat dengan mengenakan pakaian yang terbuat dari cairan timah yang sangat panas dan pakaian yang terbuat dari penyakit kulit.” (HR. Muslim)

Dari Ummu ‘Athiyyah, ia berkata, “Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam mengambil janji dari kami ketika berbaiat untuk tidak meratapi. Namun, tidak ada di antara kaum wanita yang menepatinya kecuali hanya lima orang saja.” (HR. Bukhari Muslim)

2. Menampar Pipi dan Merobek Baju

Menampar pipi dan merobek baju merupakan perbuatan yang dilarang ketika ada kerabat yang meninggal dunia. Hal ini sebagaimana sabda Nabi Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam, yang artinya:

“Bukan termasuk golongan kami orang yang suka menampar-menampar pipi, merobek-robek baju dan memanggil dengan seruan jahiliyah.” (HR. Bukhari Muslim)

Merobek-robek baju maksudnya seorang wanita merobek-robek bajunya mulai dari belajan dadanya, sedangkan memanggil dengan seruan jahiliyah adalah meratapi dan menyebut-nyebut kebaikan si mayit secara berlebihan dan memanggil-manggil dengan kata celaka.

Bina-Qurani-Larangan-untuk-Kerabat-Mayit

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Larangan untuk Kerabat Mayit, Source: Photo by GS Image

3. Mencukur Rambut dan Membiarkannya Acak-acakan

Dari Abu Burdah bin Abi Musa, ia berkata, “Suatu ketika Abu Musa sakit lalu jatuh pingsan, sedangkan kepalanya berada di pangkuan salah seorang wanita dari keluarganya. Lalu salah seorang wanita dari keluarganya menjerit. Abdullah tidak bisa berbuat apa-apa. Ketika sadar, ia berkata, ‘Aku berlepas diri dari perkara yang Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam berlepas diri darinya. Sesungguhnya Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam berlepas diri dari shaliqah, haliqah, dan syaqqah’.” (HR. Bukhari Muslim)

Shaliqah adalah wanita yang mengeraskan suaranya ketika tertimpa musibah. Haliqah adalah wanita yang mencukur rambutnya ketika tertimpa musibah. Syaqqah adalah wanita yang merobek-robek bajunya ketika tertimpa musibah.

Diantara wanita yang pernah dibaiat oleh Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam berkata, “Salah satu kebaikan yang diambil baiatnya oleh Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam atas kami agar kami tidak melanggarnya adalah tidak mencakar-cakar wajah, tidak mengutuk, tidak merobek baju, dan tidak mengacak-ngacak rambut ketika tertimpa musibah.” (HR. Abu Daud)

Semua hal yang telah disebutkan di atas hukumnya haram. Maka hati-hatilah terhadap semua perbuatan di atas.

ikutip dari: Abu Malik Kamal bin as-Sayyid Salim, Fiqhus Sunnah Lin Nisa’ Wama Yajibu an Ta’rifahu Kullu Muslimatin min Ahkam. Edisi terjemah: Alih Bahasa M. Taqdir Arsyad, Fikih Sunnah Wanita Panduan Lengkap Wanita Muslimah, (Bogor: Griya Ilmu, 2019), 221-223.

Thumbnail Source: Photo by AWS Image

Artikel Terkait:
Ketika Mendengar Kabar Kematian

TAGS
#adab penuntut ilmu #Al Baqarah #Alquran 30 Juz #cara berbakti kepada orang tua #Cara Manghafal Quran #Cara membuat hand sanitizer #Cara Sholat Jenazah #hukum qurban adalah #ikhlas dalam beramal #Keutamaan Membaca Alquran
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login