Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Letak Astronomis Indonesia Adalah

Bina-Qurani-Letak-Astronomis-Indonesia-Adalah
Letak Astronomis Indonesia Adalah

Letak geografis dan letak astronomis Indonesia adalah suatu posisi Negara Kesatuan Republik Indonesia yang didefinisikan atau diuraikan berdasarkan batasan-batasan yang mengelilingi Indonesia.

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki lebih dari 17.000 pulau yang tersusun dari Sabang sampai Merauke, dan dihuni lebih dari 360 suku bangsa.

Selain sebagai negara kepulauan, Indonesia juga sering disebut sebagai negara maritim, karena luas perairan Indonesia yang mencapai 2/3 lebih luas daripada daratannya. Luas perairan Indonesia tersebut kurang lebih sekitar 3.273.810 KM².

Bina-Qurani-Letak-Astronomis-Indonesia-Adalah

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Letak Astronomis Indonesia Adalah, Source: Photo From Polina Zimmerman Pexels

Letak Geografis Indonesia

Letak geografis Indonesia adalah keberadaan atau posisi negara Indonesia yang dilihat dari kenyataannya di permukaan bumi dan sesuai dengan penampakan alam yang membatasi wilayah Indonesia.

Letak geografis Indonesia menekankan pada fenomena alam yang melingkupi wilayah tersebut. Fenomena alam tersebut dapat berupa benua, samudera, danau, laut, sungai, hutan, dan sebagainya.

Untuk mengetahui letak geografis Indonesia, kita dapat secara langsung melihat duplikat bumi melalui globe atau melalui peta dunia.

Secara umum, letak geografis Indonesia berada di antara dua Benua yaitu Benua Asia dan Australia, serta berada di antara dua Samudera yaitu samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Bina-Qurani-Letak-Astronomis-Indonesia-Adalah

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Letak Astronomis Indonesia Adalah, Source: Photo From Tom Fisk Pexels

Letak Astronomis Indonesia

Selain letak geografis, posisi negara Indonesia juga dapat ditentukan melalui letak astronomisnya. Letak astronomis Indonesia adalah suatu posisi negara Indonesia yang dipengaruhi oleh garis khayal bumi, yaitu garis lintang dan garis bujur yang mengelilingi bumi.

Dinamakan sebagai garis khayal karena memang pada kenyataannya garis ini tidak terdapat di permukaan bumi dan hanya merupakan pengembangan ilmu astronomi saja.

Berikut ini adalah letak astronomis Indonesia berdasarkan garis lintang dan garis bujur:

  • Garis Lintang, adalah garis yang membagi struktur bumi menjadi dua bagian sama besar yaitu antara bagian utara dan bagian selatan. Berdasarkan garis lintang, letak astronomis indonesia adalah berada pada titik enam derajat lintang utara sampai sebelas derajat lintang selatan (6˚LU – 11˚LS).
  • Garis Bujur, adalah garis yang membelah bumi secara horizontal dari barat ke timur. Garis bujur juga disebut sebagai garis meredien. Berdasarkan garis bujur, letak astronomis Indonesia adalah berada pada sembilan puluh lima derajat bujur timur sampai seratus empat puluh satu derajat bujur timur (95˚BT – 141˚BT).

Jadi letak atronomis Indonesia adalah berada pada enam derajat lintang utara sampai sebelas derajat lintang selatan dan sembilan puluh lima derajat bujur timur sampai seratus empat puluh satu derajat bujur timur (6˚LU – 11˚LS dan 95˚BT – 141˚BT).

Bina-Qurani-Letak-Astronomis-Indonesia-Adalah

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Letak Astronomis Indonesia Adalah, Source: Photo From Tom Fisk Pexels

Pengaruh Letak Geografis dan Astronomis Indonesia

Beberapa pengaruh letak geografis Indonesia:

  • Mempengaruhi Musim, Letak geografis Indonesia dilalui oleh hembusan angin muson yang membawa perbedaan musim di Indonesia. Angin muson ini mempengaruhi proses terjadinya hujan pada musim hujan dan kemarau pada musim panas.
  • Wilayah Strategis, Letak Indonesia yang berada di antara dua benua dan dua samudera menjadikan Indonesia sebagai jalur perlintasan Internasional baik di laut dan udara. Hal ini mempengaruhi perkembangan ekonomi Indonesia khususnya pada zona ekonomi eksklusif Indonesia yang dilewati oleh industri-industri besar.
Bina-Qurani-Letak-Astronomis-Indonesia-Adalah

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Letak Astronomis Indonesia Adalah, Source: Photo From Stijn Dijkstra Pexels

Beberapa pengaruh letak astronomis Indonesia:

  • Mempengaruhi Iklim, Letak astronomis indonesia berada di sepanjang garis khatulistiwa yang menyebabkan negara Indonesia memiliki iklim tropis. Wilayah negara dengan iklim tropis mendapatkan sinar matahari sepanjang waktu berbeda dengan yang terjadi pada iklim sub tropis yang memiliki empat musim.
  • Perbedaan Waktu, Letak astronomis Indonesia mempengaruhi perbedaan waktu yang ditetapkan mulai dari titik lintang dan bujur nol derajat di kota Greenwich Inggris. Hal ini menyebabkan waktu Indonesia terbagi menjadi tiga zona yaitu WIB, WITA dan WIT sesuai dengan Keputusan Presiden No. 41 Tahun 1987.

Thumbnail Source: Photo From Nothing Ahead Pexels

Artikel Terkait:
Keberagaman Budaya Indonesia

TAGS
#Batas Wilayah Indonesia #Indonesia #Letak Indonesia #Olimpiade Tokyo 2020 #Pendiri Paskibraka #PPKM Level 4 #Rumah Adat Joglo #Rumah Adat Kalimantan #Rumah Adat #Sejarah
Login