Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Luas Wilayah Indonesia

Bina-Qurani-Luas-Wilayah-Indonesia
Luas Wilayah Indonesia

Kita ketahui bersama bahwa negara Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia memiliki sekitar 17.499 pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Selain sebagai negara kepulauan, Indonesia juga sering disebut sebagai negara maritim, karena luas perairan Indonesia yang mencapai 2/3 lebih luas daripada daratannya.

Lalu berapakah luas wilayah Indonesia?

Sudahkah kaliah mengetahui akan luas wilayah Indonesia?

Jika kalian belum mengetahui akan luas wilayah Indonesia, baik luas wilayah daratannya, perairannya, luas zona ekonominya, dan luas wilayah Indonesia yang lainnya, maka artikel ini sangat tepat untuk kalian baca.

Bina-Qurani-Luas-Wilayah-Indonesia

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Luas Wilayah Indonesia, Source: Photo From Justin Kauffman Unsplash

Di dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai luas wilayah Indonesia yang berdasarkan dari berbagai sumber kementrian di Indonesia.

Yuk kita simak!

Luas Wilayah Indonesia Menurut Beberapa Sumber
1. Menurut Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Menurut sumber belajar dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemdikbud, dikatakan bahwa luas wilayah Indonesia seluruhnya adalah 5.193.250 KM². Dimana luas daratannya adalah 1.919.440 KM², sedangkan luas lautannya adalah 3.273.810 KM².

2. Menurut Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI

Dalam situs resmi Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia disebutkan bahwa, luas wilayah Indonesia baik daratan dan perairannya sesuai dengan Rujukan Nasional Data Kewilayahan Republik Indonesia adalah seluas 8.300.000 KM².

Bina-Qurani-Luas-Wilayah-Indonesia

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Luas Wilayah Indonesia, Source: Photo From Alfauzikri Pexels

3. Menurut BIG dan Pushidros TNI AL

Menurut Angka rujukan nasional data kewilayahan RI tahun 2015 oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) serta Pusat Hidrografi dan Oseanografi (Pushidros) TNI AL, disebutkan bahwa:

Luas perairan pedalaman dan perairan kepulauan Indonesia adalah 3.110.000 KM².

  • Luas laut teritorial Indonesia adalah 290.000 KM².
  • Luas zona tambahan Indonesia adalah 270.000 KM².
  • Luas zona ekonomi eksklusif Indonesia adalah 3.000.000 KM².
  • Luas landas kontinen Indonesia adalah 2.800.000 KM².
  • Luas total perairan Indonesia adalah 6.400.000 KM².
  • Luas Keseluruhan NKRI baik daratan dan perairan adalah 8.300.000 KM².
  • Panjang garis pantai Indonesia adalah 108.000 KM².

Selain memiliki wilayah yang sangat luas, Indonesia sebagai negara kepulauan juga memiliki banyak sekali suku bangsa dan mempunyai keanekaragam budaya.

Bina-Qurani-Luas-Wilayah-Indonesia

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Luas Wilayah Indonesia, Source: Photo From Ifan Bima Unsplash

Luas Wilayah Indonesia, Sumber Kekayaan Indonesia

Di antara keanekaragaman budaya Indonesia yang dapat kita jumpai di negara ini antara lain adalah:

  • Banyaknya Bahasa Daerah
  • Beranekaragam Rumah Adat
  • Pakaian Adat Yang Unik
  • Kesenian Daerah
  • Upacara Adat Daerah
  • Senjata Tradisional
  • Dan sebagainya

Keanekaragaman budaya Indonesia adalah harta dan warisan yang harus dijaga serta dilestarikan agar tidak punah termakan zaman. Keberagaman budaya Indonesia akan menjadi daya tarik wisatawan manca negara untuk berkunjung di Indonesia.

Pengaruh Letak Geografis dan Astronomis Indonesia

Sementera itu, Indonesia merupakan negara kepulauan yang secara geografisnya, terletak di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia, dan terletak pula di antara dua Samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Letaknya yang berada di antara dua benua dan dua samudera menjadikan Indonesia sebagai jalur perlintasan Internasional baik di laut maupun di udara. Hal ini menjadi pengaruh besar bagi perkembangan ekonomi Indonesia khususnya pada zona ekonomi eksklusif Indonesia yang dilewati oleh indistri-industri besar.

Sedangkan secara astronomis, indonesia terletak pada jalur khatulistiwa tepatnya berada pada enam derajat lintang utara sampai sebelas derajat lintang selatan dan sembilan puluh lima derajat bujur timur sampai seratus empat puluh satu derajat bujur timur (6˚LU – 11˚LS dan 95˚BT – 141˚BT).

Bina-Qurani-Luas-Wilayah-Indonesia

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Luas Wilayah Indonesia, Source: Photo From Tusik Only Unsplash

Sebagai negara yang berada di sepanjang garis khatulistiwa, menyebabkan negara Indonesia memiliki iklim tropis. Wilayah negara yang memiliki iklim tropis akan mendapatkan sinar matahari sepanjang waktu, berbeda dengan negara beriklim sub-tropis yang memiliki empat musim.

Tentunya luas wilayah Indonesia dan letak geografis maupun astronomisnya memiliki keuntungan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, sebagai warga negara yang baik hendaknya kita menjaga dan merawat kekayaan alam yang ada di Indonesia

Thumbnail Source: Photo From Prananta HarounUnsplash

Artikel Terkait:
Sungai Terpanjang di Dunia

TAGS
#Batas Wilayah Indonesia #Indonesia #Letak Indonesia #Olimpiade Tokyo 2020 #Pendiri Paskibraka #PPKM Level 4 #Rumah Adat Joglo #Rumah Adat Kalimantan #Rumah Adat #Sejarah
Login