Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Makna Syahadatain

Bina-Qurani-Islamic-School-Makna-Syahadatain
Makna Syahadat Laa Ilaha Illallah

Makna syahadat la ilaha illallah adalah meyakini dan mengikrarkan bahwa tidak ada yang berhak disembah dan menerima ibadah kecuali Allah, menaati hal tersebut dan mengamalkannya. La ilaha menafikan hak penyembahan dari selain Allah, siapapun orangnya. Illallah adalah penetapan hak Allah semata untuk disembah.

Jadi, makna kalimat ini secara global adalah, “Tidak ada sesembahan selain Allah.” Khabar لا harus ditaqdirkan بحق (yang hak, tidak boleh ditaqdirkan dengan موجود (ada). Karena ini menyalahi kenyataan yang ada, sebab tuhan yang disembah selain Allah banyak sekali.

Hal itu akan berarti bahwa menyembah tuhan-tuhan tersebut adalah ibadah pula untuk Allah. Ini merupakan sebatil-batilnya kebatilan yang merupakan mazhab wihdatul wujud (bersatunya makhluk dengan Tuhan) di mana mereka adalah orang yang paling kafir di muka bumi.

Bina-Qurani-Islamic-School-Makna-Syahadatain

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Makna Syahadatain, Source: Photo by Md Faizi From Pixabay

Kalimat la ilaha illallah telah ditafsirkan dengan beberapa penafsiran yang batil, antara lain:

  • La ilaha illallah artinya, “Tidak ada sesembahan kecuali Allah.” Ini adalah batil, karena maknanya: Sesungguhnya setiap yang disembah, baik yang hak maupun yang batil adalah Allah.
  • La ilaha illallah artinya, “Tidak ada pencipta selain Allah.” Ini adalah sebagian dari arti kalimat tersebut. Akan tetapi, bukan ini yang dimaksud karena arti ini hanya mengakui tauhid rububiyyah ssaja, dan itu belum cukup.
  • La ilaha illallah artinya, “Tidak ada hakim (penentu hukum) selain Allah.” Ini juga sebagian dari makna kalimat La ilaha illallah, tetapi bukan itu yang dimaksud, karena makna tersebut belum cukup.

Semua tafsiran tersebut adalah batil atau kurang. Kami peringatkan di sini karena tafsir-tafsir itu ada dalam kitab-kitab yang banyak beredar. Adapun tafsir yang benar menurut ulama terdahulu dan para muhaqqiq (ulama peneliti) adalah لامعبود بحق الا الله (tidak ada sesembahan yang hak selain Allah) seperti tersebut di atas.

Bina-Qurani-Islamic-School-Makna-Syahadatain

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Makna Syahadatain, Source: Photo by Chzaib From Pixabay

Makna Syahadat Anna Muhammadar Rasulullah

Makna syahadat anna muhammadar rasulullah adalah mengakui secara lahir batin bahwa beliau adalah hamba Allah dan Rasul-Nya yang diutus kepada manusia secara keseluruhan serta mengamalkan konsekuensinya, menaati perintahnya, membenarkan ucapannya, menjauhi larangannya dan tidak menyembah Allah kecuali dengan apa yang disyariatkan.

Thumbnail Source: Photo by Firas Alkaheel From Pixabay

Dikutip dari: Dr. Shalih bin Fauzan Al-Fauzan, Aqidatut Tauhid Kitabut Tauhid lis-Shaff Al-Awwal – Ats-Tsalis – Al-Aly. Edisi terjemah: Alih Bahasa Syahirul Alim Al-Adib, Lc., Kitab Tauhid, (Jakarta: Ummul Qura, 2018), 43-44.

Artikel Terkait:
Tauhid Uluhiyah

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Akidah #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
Login