Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Manfaat Bermain Game untuk Anak

Bina-Qurani-Manfaat-Bermain-Game-untuk-Anak
Manfaat Bermain Game untuk Anak

Tidak dapat dipungkiri bahwa anak-anak generasi alpha yang terlahir di atas tahun 2010, sudah mengalami paparan screen time sejak di dalam kandungan. Bahkan, sejak anak generasi alpha ini terlahir, mereka sudah hidup di dunia dimana perkembangan teknologi informasi terjadi begitu sangat cepat.

Penggunaan gadget dan perangkat teknologi yang mutakhir merupakan sebuah bagian yang telah melekat dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan mereka sepenuhnya. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab anak generasi alpha sangat sulit untuk tidak bersinggungan dengan gadget, termasuk game.

Adanya interaksi dan penggunaan gadget yang tidak dapat dipisahkan dari generasi alpha ini pula yang kemudian menjadi pemicu munculnya kecemasan dan kekhawatiran orang tua, kalau-kalau anaknya mengalami kecanduan gadget akibat terlalu lama bermain game. Para orang tua pun memiliki anggapan bahwa kecanduan gadget akibat bermain game untuk anak bisa mengganggu aktivitas sehari-hari anak.

Bahkan, mereka juga beranggapan bahwa kecanduan gadget akibat bermain game dapat menurunkan atau menghilangkan minat belajar bagi anak. Padahal, selain dapat menimbulkan beragam dampak negatif, faktanya tidak sedikit pula adanya manfaat bermain game untuk anak yang dapat dirasakan oleh orang tua. Manfaat bermain game untuk anak ini dapat terwujud apabila adanya bentuk pendampingan secara maksimal oleh orang tua.

Lantas, apa saja manfaat bermain game untuk anak apabila mendapat pendampingan khusus dan maksimal dari orang tua? Berikut kami sampaikan beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh anak dari bermain game dengan pendampingan dan pengawasan orang tua.

Bina-Qurani-Manfaat-Bermain-Game-untuk-Anak

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Manfaat Bermain Game untuk Anak, Source: Photo by Kampus Pro Pexels

Manfaat Bermain Game untuk Anak dengan Pendampingan Orang Tua

Aktivitas bermain game bukanlah lagi menjadi hal yang asing lagi bagi masyarakat. Seluruh lapisan masyarakat sudah masyhur dengan permainan game di gadgetnya masing-masing. Berbagai level usia pun dapat melakukan permainan game melalui gadget yang ada di genggaman tangan mereka dengan mudah.

Bagi anak-anak generasi alpha, bermain game merupakan dunia utama bagi mereka dan hal yang tidak dapat dipisahkan dari anak-anak. Namun, sebagaimana disebutkan di atas bahwa stigma masyarakat terhadap bermain game memiliki berbagai dampak negatif bagi anak.

Meski demikian, selain memberikan dampak negatif, manfaat bermain game untuk anak ternyata memberi dampak positif pula bagi anak apabila mendapatkan pendampingan khusus dari orang tua. Berikut ini beberapa manfaat bermain game untuk anak dengan pendampingan dari orang tua:

1. Mengenalkan Teknologi Kepada Anak

Salah satu manfaat bermain game untuk anak adalah untuk mengenalkan kemajuan teknologi di era industry 4.0 kepada sang anak. Hidup di era perkembangan teknologi seperti sekarang ini, mau tidak mau perlu dilatih dan dikenalkan sejak dini.

Pengenalan teknologi kepada anak ini dapat dilakukan dengan memberikan permainan game kepada anak. Dengan catatan, orang tua perlu memberikan pendampingan khusus saat anak sedang bermain game. Sehingga orang tua pun mengetahui jenis permainan apa saja yang anak mainkan.

Bina-Qurani-Manfaat-Bermain-Game-untuk-Anak

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Manfaat Bermain Game untuk Anak, Source: Photo by Vanessa L Pexels

2. Melatih Anak untuk Menyelesaikan Masalah

Ketika bermain game, ada banyak tantangan dan masalah yang akan didapatkan oleh anak. Hal tersebut tentu menuntut si anak untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut guna melaju ke level-level yang selanjutnya.

Tantangan dan masalah yang anak temukan di dalam permainan tersebut, akan membantu sang anak untuk melatih kemampuan untuk mencari solusi dari masalah yang ada.

3. Menumbuhkan Sifat Pantang Menyerah pada Anak

Manfaat lain dari bermain game untuk anak adalah menumbuhkan sifat pantang menyerah pada anak, ketika menemukan suatu permasalahan dan tantangan yang ada.

Ketika bermain game, anak akan mendapatkan berbagai tantangan dan masalah yang ada. Hal tersebut memaksa sang anak untuk mencari solusi dalam menyelesaikan masalah yang ada. Namun ketika sang anak menemukan masalah, terkadang tidak selalu langsung dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Penyelesaian tantangan dan masalah yang ada terkadang memerlukan waktu dan percobaan berkali-kali yang menjadi pembelajaran bagi anak untuk menumbuhkan sifat pantang menyerah.

Bina-Qurani-Manfaat-Bermain-Game-untuk-Anak

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Manfaat Bermain Game untuk Anak, Source: Photo by Marta W Pexels

4. Membantu Mengurangi dan Meredakan Stres pada Anak

Stres tidak melulu datang kepada orang dewasa. Anak-anakpun rentan mengalami stress akibat jenuh dan bosan terhadap suatu aktivitas. Adapun salah satu manfaat bermain game untuk anak yaitu membantu anak dalam mengurangi bahkan meredakan stres.

Disamping itu, selain dapat mengatasi stress bermain game untuk anak juga dapat memberikan rangsangan baru pada otak sehingga badan dan pikiran dapat kembali merasa segar.

5. Meningkatkan Kualitas Hubungan antara Orang tua dan Anak

Dengan adanya pendampingan dari orang tua ketika anak bermain game, tentu dapat meningkatkan kualitas hubungan yang terjadi antara orang tua dan anak. Manfaat tersebut akan terasa ketika orang tua ikut bermain game dengan sang anak. Alhasil, sang anak akan lebih merasa dekat dengan orang tua.

Itulah beberapa manfaat bermain game untuk anak apabila dalam memainkan gamenya mendapatkan pendampingan khusus dari sang ayah dan bunda.

Thumbnail Source: Photo by Julia M Pexels

Artikel Terkait:
Game Edukasi untuk Anak

TAGS
#Augmented Reality #Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Virtual Reality #Web Design #Web Developer
Login