Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Manfaat Big Data Untuk Bisnis Dan Pendidikan

Bina-Qurani-Manfaat-Big-Data-Untuk-Bisnis-Dan-Pendidikan
Manfaat Big Data untuk Bisnis dan Pendidikan

Data merupakan salah satu aset paling penting yang banyak digunakan dalam dunia industri, pendidikan, bisnis dan penelitian untuk mengembangkan suatu program. Adapaun jenis data yang sering dimanfaatkan dalam pengembangan program adalah big data.

Big data merupakan himpunan data terstruktur maupun tidak terstruktur dengan volume yang besar, dan bermanfaat untuk membantu proses pengambilan keputusan dalam suatu kegiatan atau program. Big data sejatinya adalah hasil pengembangan dari teknologi sistem database yang memiliki kecepatan, volume dan variasi data yang cukup tinggi.

Terciptanya konsep big data berawal dari adanya kebutuhan dalam memahami tren, preferensi, dan pola pada sebuah basis data yang besar. Pemanfaatan big data juga dapat menciptakan banyak peluang dalam perencanaan dan pengembangan program.

Big data telah banyak memberikan perubahan yang cukup signifikan pada berbagai bidang industri, terutama pada industri bisnis dan industri pendidikan. Ada banyak manfaat yang telah diberikan oleh big data dalam dunia bisnis dan dunia pendidikan.

Berikut adalah beberapa manfaat big data untuk bisnis dan pendidikan!

Bina-Qurani-Manfaat-Big-Data-Untuk-Bisnis-Dan-Pendidikan

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Manfaat Big Data untuk Bisnis dan Pendidikan, Source: Photo by Alphatradezone Pexels

Manfaat Big Data untuk Bisnis dan Pendidikan Agar Lebih Berkembang

Pengolahan big data yang benar dapat menjadi solusi untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam dunia bisnis dan pendidikan. Dengan aplikasi yang tepat, big data dapat mengumpulkan seluruh informasi terkait data personal yang dapat digunakan dalam melakukan perencanaan strategi maupun evaluasi program.

1. Manfaat Big Data untuk Bisnis

Big data telah memberikan dampak positif dalam berbagai aspek bisnis, baik dalam proses perencanaan maupun proses pengembangan bisnis sebuah perusahaan. Adapun manfaat dari big data dalam dunia bisnis, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Memahami Tren Marketing – Dewasa ini, kegiatan marketing sangat bergantung pada hasil analisis data yang berfungsi untuk memahami perilaku konsumen dan wawasan produk yang paling popular. Dengan hasil analisis big data tersebut, memberikan kemudahan bagi suatu perusahaan dalam mengambil keputusan dan memahami kebutuhan pasar yang sedang trending.
  • Meningkatkan Efisiensi Bisnis – Pemanfaatan big data dalam sebuah bisnis memberikan keuntungan pada biaya yang signifikan dalam hal penyimpanan data. Sehingga proses penyimpanan dan pengolahan data tidak lagi memerlukan banyak waktu.
  • Melakukan Analisis Resiko – Dengan memanfaatkan big data, seorang pelaku bisnis dapat melakukan analisis prediktif untuk meminimalisir resiko yang kemungkinan bisa terjadi. Hal ini dapat dilakukan karena big data memiliki ukuran yang besar dan bersifat real time, sehingga hasil prediksi yang diperoleh lebih spesifik dan margin of errornya lebih rendah.
  • Mengidentifikasi Kekurangan Kompetitor – Big data juga dapat digunakan oleh pemilik bisnis untuk melakukan identifikasi kekurangan pada competitor bisnis. Dengan memahami kekurangan kompetitor, seseorang dapat lebih matang dalam mengambil keputusan suatu perencanaan bisnis.

Itulah empat manfaat big data bagi dunia bisnis.

Bina-Qurani-Manfaat-Big-Data-Untuk-Bisnis-Dan-Pendidikan

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Manfaat Big Data untuk Bisnis dan Pendidikan, Source: Photo by G Morina Pexels

2. Manfaat Big Data untuk Pendidikan

Selain memiliki segudang manfaat untuk dunia bisnis, big data juga memberikan manfaat bagi dunia pendidikan. Dalam dunia pendidikan, penggunaan big data sangat bermanfaat dalam melakukan berbagai hal, misalnya:

  • Pengembangan kelas baru, menentukan strategi pembelajaran, serta dalam menyusun kurikulum yang siswa inginkan dan butuhkan.
  • Big data juga bermanfaat bagi institusi pendidikan dalam mengoptimalkan sumber daya yang ada dan meningkatkan performa mereka.
  • Dengan implementasi yang tepat, penggunaan big data pada proses pembelajaran personal dapat membantu pengajar dalam menentukan siswa-siswa yang unggul, dan siswa yang memerlukan bantuan dan bimbingan.
  • Big data juga membantu pengajar dalam melakukan penilaian pada siswa secara akurat, dengan terus melakukan monitor setiap progress perkembangan siswa.
  • Dengan penggunaan big data, institusi pendidikan juga dapat mengetahui minat yang dimiliki oleh setiap siswa, sehingga dapat membantu mengarahkan serta membimbing mereka agar bisa menentukan karir yang diinginkan.

Demikianlah beberapa manfaat big data bagi dunia pendidikan. Beberapa manfaat tersebut sekaligus menutup tulisan tentang manfaat big data untuk bisnis dan pendidikan.

Semoga bermanfaat!

Thumbnail Source: Photo by Lucas Pexels

Artikel Terkait:
Karakteristik Big Data

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login