Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Manfaat Data Mining

Bina-Qurani-Manfaat-Data-Mining
Manfaat Data Mining

Data adalah sekumpulan informasi atau keterangan atau fakta yang tersusun berdasarkan kalimat, kata-kata, maupun simbol dan angka-angka yang didapatkan melalui berbagai proses pencarian dan pengamatan. Data juga dikatakan sebagai salah satu komponen terpenting bagi kehidupan seorang manusia maupun sebuah perusahaan, terlebih bagi mereka yang bergerak di dunia bisnis, penelitian, maupun dunia digital.

Dalam sebuah perusahaan, data biasanya digunakan sebagai dasar untuk melakukan suatu perencanaan, sebagai alat pengendali, maupun sebagai dasar untuk pengambilan keputusan. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa data mining penting untuk dilakukan.

Lantas apa itu data mining? Apa saja fungsi dan manfaat data mining? Pada tulisan kali ini, kami akan menyampaikan beberapa hal terkait data mining untuk membantu meningkatkan pemahaman anda terkait hal tersebut.

Pengertian Data Mining

Apa itu data mining?

Data mining adalah serangkaian proses untuk menggali atau menemukan nilai atau informasi yang lebih besar dari suatu data yang selama ini tidak diketahui secara manual. Penggalian informasi ini dilakukan melalui beberapa proses dengan menggunakan metode statistika, matematika, maupun teknologi AI (Artifical Intelligence).

Data mining secara khusus juga dapat dikatakan sebagai alat atau aplikasi yang memakai analisis statistik pada suatu basis data dan menyaring serta menyimpan semua data tersebut.

Data mining jiga dapat diartikan sebagai proses penambangan data yang berbentuk sebuah tool untuk melakukan analisa dengan berbagai macam teknik penyaringan informasi secara lebih akurat. Teknik penyaringan ini dilakukan untuk menemukan beberapa pola tertentu yang memiliki relevansi dengan tujuan maupun keinginan pengguna.

Fungsi dan Manfaat Data Mining

Setelah mengetahui apa itu data mining, hal selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah tentang fungsi dan manfaat dari penerapan data mining dalam sebuah perusahaan.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dan manfaat data mining:

Fungsi Data Mining

Menurut Haskett, terdapat beberapa fungsi yang umum diterapkan dalam data mining, sebagai berikut:

1. Assosiation

Assosiation adalah proses untuk menemukan arusan asosiasi antara suatu kombinasi item dalam suatu waktu.

2. Sequence

Sequence merupakan suatu proses untuk menemukan aturan asosiasi antara suatu kombinasi item dalam suatu waktu dan diterapkan lebih dari satu periode.

3. Clustering

Clustering adalah suatu proses pengelempokan sejumlah data kedalam kelompok data sesuai dengan kemiripan datanya.

4. Classification

Classification yaitu proses penemuan model atau fungsi yang menjelaskan atau membedakan konsep atau kelas data dengan tujuan untuk mendapat perkiraan kelas dari suatu objek yang labelnya tidak diketahui.

5. Regression

Regression adalah proses pemetaan data dalam suatu nilai prediksi.

6. Forecasting

Forecasting adalah suatu proses estimasi nilai prediksi berdasarkan pola-pola dalam sekumpulan data.

7. Solution

Solution adalah proses penemuan akar masalah dan penyelesaian masalah dari persoalan bisnis yang dihadapi atau paling tidak sebagai informasi yang digunakan dalam pengambilan keputusan.

Manfaat Data Mining

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari data mining, hal selanjutnya yang perlu kalian ketahui adalah manfaat data mining. Manfaat data mining dapat dilihat dari dua sudut yang berbeda, yaitu sudut pandang komersial dan sudut pandang keilmuan.

1. Manfaat Data Mining Dari Sudut Pandang Komersial

Manfaat data mining jika dilihat dari sudut pandang komersial dapat digunakan sebagai alat untuk menangani meledaknya volume data dengan menggunakan teknik komputasi. Hal ini digunakan untuk dapat menghasilkan informasi-informasi yang dibutuhkan berupa asset-asset yang dapat meningkatkan daya saing perusahaan.

Contoh:

  • Mengetahui hilangnya pelanggan karena pesaing
  • Mengetahui item produk yang memiliki kesamaan karakteristik
  • Mengetahui konsumen yang memiliki kesamaan karakteristik
  • Mengidentifikasi produk yang terjual bersamaan dengan produk lain
  • Memprediksi tingkat penjualan
  • Menilai tingkat resiko dalam menentukan jumlah produksi
  • Memprediksi perilaku bisnis di masa yang akan datang
2. Manfaat Data Mining Dari Sudut Pandang Keilmuan

Manfaat Data Mining jika dilihat dari sudut pandang keilmuan, dapat digunakan sebagai alat untuk melihat, merekam, menganalisa, serta menyimpan data yang bersifat real time dengan volume yang sangat besar.

Contoh:

  • Remote Sensor pada sebuah satelit.
  • Telescope untuk memindai langit.
  • Simulasi Saintifik yang membangkitkan data dalam ukuran terrabytes.

Demikianlah beberapa manfaat data mining, yang sekaligus sebagai penutup tulisan terkait data mining di atas. Semoga bermanfaat.

Thumbnail Source: Photo From Pixabay Pexels

Artikel Terkait:
Karakteristik Big Data

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login