Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Manfaat Permainan Bentengan

Bina-Qurani-Manfaat-Permainan-Bentengan
Manfaat Permainan Bentengan

Dalam kehidupan sehari-hari, di antara kita mungkin sering melihat dua kelompok anak-anak yang sedang bermain bentengan. Atau malah justru kita sendiri yang pernah merasakan betapa serunya permainan bentengan tersebut ketika kita masih kecil.

Permainan bentengan adalah sebuah permainan fisik yang biasanya dimainkan oleh dua kelompok yang berperan sebagai penawan maupun tertawan. Setiap kelompok terdiri atas empat hingga delapan anak, dimana setiap kelompok mempunyai benteng atau markas dari sebuah pohon, tiang atau pilar lainnya yang digunakan untuk bertahan dari kejaran lawan.

Inti dari permainan bentengan ini sebenarnya adalah berusaha untuk merebut benteng yang diduduki oleh lawan dan menjaga agar benteng kita tidak dikuasai oleh lawan.

Bina-Qurani-Manfaat-Permainan-Bentengan

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Manfaat Permainan Bentengan, Source: Photo From Warisan Budaya Takbenda

Berbicara tentang permainan bentengan, pada tulisan kali ini kami akan sedikit menyampaikan beberapa poin sebagai berikut:

  • Beberapa Manfaat permainan bentengan
  • Strategi dan aturan permainan bentengan

Yuk kita simak!

Beberapa Manfaat Permainan Bentengan

Sebagai permainan teradisional yang digemari oleh anak-anak, manfaat permainan bentengan tentu lebih banyak dibandingkan dengan permainan-permainan digital yang sekarang banyak tersedia di play store smartphone kita.

Tidak hanya dapat menambah rasa bahagia dengan keseruan permainannya, permainan bentengan ternyata juga mempunyai banyak manfaat bagi siapa saja yang mengikuti permainannya.

Berikut ini adalah diantara manfaat permainan bentengan:

1. Melatih Kecepatan dan Kelincahan

Salah satu manfaat permainan bentengan yang dapat kita rasakan ketika memainkannya adalah, dapat melatih serta menambah kecepatan dan kelincahan kita dalam berlari.

Dalam permainan bentengan kita dituntut untuk berlari, baik menghindar dari kejaran lawan ataupun sebaliknya, berlari untuk mengejar dan menangkap lawan. Dengan permainan yang semacam itu, tentu akan menambah kecepatan dan kelincahan berlari seseorang.

Bina-Qurani-Manfaat-Permainan-Bentengan

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Manfaat Permainan Bentengan, Source: Photo From Merries

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat permainan bentengan yang lainnya adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa permainan bentengan adalah permainan yang melatih fisik sebagaimana olahraga.

Hal inilah yang menjadikan permainan bentenan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Meningkatkan Keterampilan Motorik

Manfaat permainan bentengan yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan keterampilan motorik anak. Permainan bentengan dilakukan dengan menggerakan seluruh anggota tubuhnya.

Dalam permainan ini anak tidak hanya dilatih untuk berlari tetapi juga melihat, mengamati dan berfikir untuk memutuskan tindakan bagaimana agar lawan dapat ditangkap dan benteng dapat dikuasai.

4. Mengurangi Risiko Obesitas

Mengurangi risiko terjadinya obesitas adalah satu dari sekian manfaat permainan bentengan.

Bentengan adalah permainan yang memaksa seorang anak untuk aktif bergerak dan berlari, sehingga dengan banyak bergerak dan berlari maka akan semakin banyak pula pembakaran kalori yang terjadi pada tubuh anak.

Bina-Qurani-Manfaat-Permainan-Bentengan

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Manfaat Permainan Bentengan, Source: Photo From Kibrispdr

5. Memupuk Kerjasama

Kemudian, manfaat permainan bentangan yang lainnya adalah dapat memupuk kerjasama dan kekompakan di dalam kelompok.

Aturan Permainan Bentengan

Untuk melakukan permainan bentengan, tidak dapat dilakukan dengan asal sesuai kehendak kita. Sama seperti permainan-permainan yang lainnya, permainan bentengan juga mempunyai aturan tersendiri yang menambah permainan ini jadi lebih menarik.

Berikut ini adalah beberapa aturan dari permainan bentengan:

1. Dilakukan oleh Dua Kelompok

Permainan bentengan dilakukan oleh dua kelompok, dimana setiap kelompok terdiri dari empat sampai delapan pemain. Setiap kelompok berjaga di dalam bentengnya masing-masing.

2. Berusaha Menjaga Benteng

Permainan bentengan sejatinya adalah permainan untuk menjaga “kedaulatan” benteng yang dimiliki agar tidak direbut oleh lawan. Benteng yang digunakan dalam permainan ini dapat berupa tiang, pohon, atau pilar yang lainnya.

Bina-Qurani-Manfaat-Permainan-Bentengan

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Manfaat Permainan Bentengan, Source: Photo From Elinotes Review

3. Jika Tertangkap Menjadi Tawanan

Setiap pemain yang keluar dari benteng dianggap menyerbu lawan terlebih dahulu. Dan apabila pemain dikejar dan tersentuh oleh pemain lawan, maka pemain tersebut dianggap sudah tertangkap dan ditempatkan sebagai tawanan oleh lawan.

4. Tawanan Boleh Kembali Ke Benteng

Pemain yang tersentuh dan menjadi tawanan benteng, boleh keluar dari tawanan dan kembali mempertahankan bentengnya apabila telah diselamatkan oleh teman sekelompoknya.

Untuk menyelamatkan teman dari tawanan, cukup dengan menyentuh tangan atau bagian tubuh dari teman yang menjadi tawanan lawan.

5. Merebut Benteng berarti Menang

Pemenang dari permainan bentengan ditentukan dari kelompok pemain yang dapat merebut benteng musuh. Dikatakan merebut benteng musuh, apabila pemain berhasil menyentuh benteng pertahanan lawan tersebut.

Bina-Qurani-Manfaat-Permainan-Bentengan

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Manfaat Permainan Bentengan, Source: Photo From detik[dot]com

Demikianlah beberapa peraturan dari permainan bentengan, setelah sebelumnya juga telah kami jelaskan tentang manfaat permainan bentengan tersebut.

Semoga bermanfaat.

Thumbnail Source: Photo From Good News From Indonesia

Artikel Terkait:
Kegiatan Literasi di Sekolah

TAGS
#Batas Wilayah Indonesia #Ciri-ciri Pantun #Indonesia #Kata Kerja Mental #khazanah #Lambang Sila Pertama #Multikulturalisme #Norma Hukum #Pancasila #Teks Ceramah #Teks Eksplanasi #Sekolah Islam
Login