Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Manfaat Personal Branding

Bina-Qurani-Manfaat-Personal-Branding
Manfaat Personal Branding

Apa itu personal Branding?

Personal branding merupakan suatu proses untuk membentuk, menarik, dan memelihara persepsi masyarakat yang berkaitan dengan aspek-aspek yang dimiliki seseorang. Aspek-aspek tersebut diantaranya seperti keahlian, prestasi, kepribadian, dan nilai-nilai yang dibangun secara sengaja maupun tidak sengaja dengan tujuan menampilkan citra positif sehingga dapat berlanjut kepada kepercayaan dan loyalitas yang dapat digunakan sebagai alat pemasaran.

Adanya personal branding membuat orang lain dapat memandang seseorang dari sudut pandang yang lebih unik dan berbeda. Dengan personal branding, seseorang juga dapat menjelaskan 3W kepada audiens tertarget, yaitu:

  • Who are you? atau siapa kamu?
  • What have you done? atau apa yang telah kamu lakukan?
  • What will you do? Atau apa yang akan kamu lakukan di masa depan?

Adapun secara lebih spesifik, pengertian personal branding menurut para ahli kami rangkum dalam melalui tulisan di bawah ini.

Bina-Qurani-Manfaat-Personal-Branding

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Manfaat Personal Branding, Source: Photo by Lukas Pexels

Pengertian Personal Branding Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa pengertian personal branding berdasarkan pandangan-pandangan dari para ahli:

1. Mc Nally dan Speak

Menurut Mc Nally dan Speak, personal branding adalah persepsi yang tertanam dan terpelihara di benak orang lain yang memiliki tujuan akhir agar publik mempunyai pandangan positif terhadapnya, sehingga dapat berlanjut pada kepercayaan dan loyalitas.

2. Haroen

Haroen menjelaskan bahwa personal branding adalah proses membentuk persepsi masyarakat terhadap aspek-aspek yang dimiliki seseorang, seperti kepribadian, kemampuan, atau nilai-nilai dan bagaimana semua itu menciptakan persepsi positif dari masyarakat yang dapat digunakan sebagai alat pemasaran.

3. Perengkuan dan Becky

Parengkuan dan Becky menjelaskan bahwa personal branding adalah suatu kesan yang berkaitan dengan keahlian, perilaku, maupun prestasi yang dibangun oleh seseorang baik secara sengaja maupun tidak sengaja dengan tujuan untuk menampilkan citra pada dirinya. Personal branding dapat dijadikan suatu identitas yang digunakan orang lain dalam mengingat seseorang.

4. Wasesa

Menurut Wasesa, personal branding adalah proses ketika orang menggunakan dirinya atau karirnya sebagai merek atau brand. Personal branding merupakan seni untuk menarik dan menjaga persepsi public secara aktif yang mana membangunnya bida dari orang, nama, tanda, symbol, atau desain yang dapat dijadikan pembeda dari kompetitornya.

Itulah beberapa pengertian personal branding menurut para ahli.

Bina-Qurani-Manfaat-Personal-Branding

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Manfaat Personal Branding, Source: Photo by Los Muertos Pexels

Manfaat dan Pentingnya Personal Branding

Ada beberapa manfaat dari personal branding yang dapat didapatkan dari pelaksanaan proses ini. Di antara manfaat personal branding yaitu:

1. Meningkatkan Kredibilitas dan Rasa Percaya Diri

Salah satu manfaat personal branding yang dibangun oleh seseorang adalah dapat meningkatkan kredibilatas dan rasa percaya diri pelakunya.

Meski demikian, personal branding yang dilakukan melalui sosial media atau media-media lainnya harus menampilkan sesuatu yang selaras dengan kehitupan nyata, agar brand yang dibangun secara personal tidak terlihat seperti dibuat-buat atau berbohong. Selain itu, tujuan dari personal branding adalah untuk menunjukkan keunggulan Anda yang menjadi ciri khas, sehingga kepercayaan diri Anda juga semakin meningkat.

2. Memperluas Koneksi dan Relasi

Memiliki personal brand yang kuat dapat membantu seseorang untuk memperluas dan membangun koneksi dengan orang-orang di berbagai bidang. Hal tersebut tentu dapat membantu seseorang bertemu dengan mentor yang pastinya dapat membantu untuk mengembangkan potensi yang dimiliki dalam dunia professional.

Bina-Qurani-Manfaat-Personal-Branding

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Manfaat Personal Branding, Source: Photo by Ketut S Pexels

3. Menunjukkan dan Mengembangkan Kemampuan

Personal branding yang dibangun secara natural, secara berjalannya waktu akan membantu Anda menunjukkan dan mengembangkan kemampuan yang Anda miliki. Hal ini tentu mendorong Anda menjadi lebih focus dalam mengenali diri Anda secara strategis.

4. Bernilai Lebih Tinggi

Kesuksesan personal branding akan menjadikan nilai jual personal semakin tinggi. Artinya, dari kesuksesan tersebut, Anda dapat memiliki kesempatan untuk menuai hasil lebih tinggi dari yang biasa Anda terima.

5. Sebagai Pembeda dengan Kompetitor

Personal branding adalah pembeda antara Anda dengan pesaing yang menawarka hal yang sama. Semakin Anda berbeda dengan pesain dalam artian positif, semakin mudah kamu memenangkan persaingan di pasar. Atau jika kamu menawarkan jasa atau keahlian secara individu, Anda juga bisa menaikkan harga yang sesuai dengan brang yang sudah terbangun.

Thumbnail Source: Photo by Pixabay Pexels

Artikel Terkait:
Branding dan Pemasaran untuk Startup

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login