Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Market Day Adalah

Bina-Qurani-Market-Day-Adalah
Market Day Adalah

Di antara kita mungkin pernah melihat anak-anak sekolah tingkat SD, SMP, atau bahkan tingkat TK yang menjajakan barang dagangan mereka kepada para guru, karyawan, atau sesama peserta didik yang lain di hari-hari tertentu.

Kegiatan yang dilakukan oleh para peserta didik ini merupakan sebuah kegiatan yang lebih dikenal dengan nama market day.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan sedikit membahas mengenai market day yang mulai diterapkan oleh beberapa sekolah sebagai usaha untuk menanamkan jiwa kewirausahaan siswa.

Beberapa poin yang akan dibahas pada kesempatan kali ini di antaranya adalah:

  • Pengertian Market Day
  • Langkah Pelaksanaan dalam Market Day

Yuk kita simak!

Bina-Qurani-Market-Day-Adalah

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Market Day Adalah, Source: Photo From Sora Shimazaki Pexels

Pengertian Market Day

Secara bahasa, market day adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa inggris yaitu market dan day, dimana:

  • Market, merupakan sebuah kata kerja yang artinya adalah memasarkan.
  • Day, artinya adalah hari.

Jadi, secara bahasa dapat disimpulkan bahwa market day adalah sebuah kegiatan untuk memasarkan atau menjajakan barang dagangan di hari-hari tertentu yang telah ditentukan dan dilaksanakan di sekitar wilayah sekolah.

Market day merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan dan menciptakan interaksi antar peserta didik, serta menumbuhkan kemampuan wirausaha peserta didik.

Market day adalah salah satu model pembelajaran berbasis proyek atau model Project Based Learning (PBL) yang melibatkan siswa untuk menumbuhkan pengetahuan, dan keterampilan peserta didik. Model pendidikan ini diharapkan dapat meningkatkan soft skill peserta didik, terutama dalam bidang kewirausahaan.

Market day adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh siswa. Dimana setiap kelompok siswa akan beradu tentang gagasan, inovasi, dan kreativitas dalam menghasilkan produk yang paling diminati dan menarik perhatian bagi konsumen.

Bina-Qurani-Market-Day-Adalah

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Market Day Adalah, Source: Photo From Artem Beliaikin Pexels

Langkah Pelaksanaan dalam Market Day

Pelaksanaan pembelajaran market day terdiri dari enam langkah utama yaitu:

  • Persiapan Proyek
  • Perencanaan Proyek
  • Penyusunan Waktu Pelaksanaan
  • Monitoring Proyek
  • Pengujian Proses dan Hasil
  • Evaluasi Pengalaman

Enam langkah di atas merupakan grand design dari pelaksanaan model project based learning dari market day.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak setiap tahapan langkahnya:

1. Persiapan Proyek

Langkah pertama dari pelaksanaan market day adalah persiapan, yaitu menentukan pertanyaan atau permasalahan yang paling mendasar yang akan digunakan sebagai sebuah proyek pembelajaran.

Pada pembelajaran market day, maka persiapan ini dilakukan dengan menampilkan serta mencari permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi ataupun kegiatan pasar, sehingga peserta didik dapat menganalisa berbagai permasalahan apa yang ada dalam kegiatan tersebut.

Selain itu, diharapkan pula terjadinya interaksi dan diskusi-diskusi antar peserta didik ataupun pengajar sehingga menghasilkan permasalahan mendasar yang ditemukan.

Bina-Qurani-Market-Day-Adalah

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Market Day Adalah, Source: Photo From Anna Nekrashevich Pexels

2. Perencanaan Proyek

Setelah melakukan persiapan proyek melalui analisa dari berbagai kegiatan-kegiatan ekonomi dan menemukan masalah-masalah yang terjadi, maka langkah berikutnya dalam pembelajaran berdasarkan proyek market day adalah proses perencanaan.

Pada langkah ini peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, dan setiap kelompok kemudian menentukan serta merencanakan produk yang akan dibuat, bahan-bahan yang dibutuhkan, cara pembuatan, sasaran pemasaran serta strategi pemasarannya.

3. Penyusunan Waktu Pelaksanaan

Langkah berikutnya yaitu menyusun waktu pelaksanaan proyek. Penyusunan waktu pelaksanaan diperlukan untuk memastikan tahapan-tahapan proyek terlaksana dengan baik dan tepat waktu.

Penyusunan waktu pelaksanaan market day adalah dengan membuat jadwal waktu kegiatan siswa, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan dan tahap evaluasi harus tercatat dan terjadwal sesuai dengan apa yang diharapkan.

4. Monitoring Proyek

Langkah pembelajaran market day berikutnya adalah monitoring proyek. Pada tahapan ini guru memantau dan memberikan saran serta masukan kepada peserta dalam mempersiapkan proyek market day.

Langkah monitoring ini merupakan tahapan akhir persiapan sebelum dilaksanakannya market day.

Bina-Qurani-Market-Day-Adalah

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Market Day Adalah, Source: Photo From Anna Nekrashevich Pexels

5. Pengujian Proses dan Hasil

Pengujian proses dan hasil dari pembelajaran model market day adalah sebuah tahapan inti dari pembelajaran model PBL, karena inilah tahap pelaksanaan dari market day.

Pada tahapan ini seluruh peserta melakukan segala bentuk pemasaran, mulai dari pengaturan display produk yang dibuat, penawaran produk, hingga melayani pembeli dari pihak siswa, guru, orang tua, maupun masyarakat sekitar yang ingin membeli produk dari siswa.

Untuk menambah semangat peserta market day, pihak sekolah biasanya menjadikan momen ini sebagai ajang perlombaan dan memberikan hadiah kepada pemenang yang berhasil menjadi Juara satu, dua, dan tiga.

6. Evaluasi Pengalaman

Tahap terakhir pada modep pembelajaran PBL Market Day adalah melakukan evaluasi pelaksanaan proyek.

Setelah kegiatan selesai, guru kemudian mengumpulkan peserta didik yang terlibat dalam acara market day. Pada tahap ini, guru memberika apresiasi kepada seluruh peserta dan melakukan beberapa evaluasi agar menjadi pembelajaran dan perbaikan bagi seluruh peserta.

Tahap akhir ini diharapkan menjadi motivasi bagi peserta didik untuk lebih semangat dalam menysmbut pelaksanaan market day berikutnya.

Demikianlah sedikit ulasan terkait dengan market day dan beberapa langkah pelaksanaan market day di lingkungan sekolah.

Thumbnail Source: Photo From Max Fischer Pexels

Artikel Terkait:
Barang Komplementer

TAGS
#ASEAN #Hubungan Internasional #Indonesia #Olimpiade Tokyo #Organisasi Internasional #Pendiri Paskibraka #Peran Indonesia dalam ASEAN #PPKM Level 4 #Sejarah #Sidang Pertama BPUPKI
Login