Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Mata Uang Digital

Bina-Qurani-Mata-Uang-Digital
Mata Uang Digital

Seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat era transformasi digital semakin ketergantungan terhadap segala sesuatu yang bersifat instan dan mudah. Termasuk dalam hal pembayaran, masyarakat kini mulai tertarik melakukan berbagai transaksi menggunakan mata uang digital yang dirasa lebih simpel dan mudah.

Berdasarkan laporan dari Bank Indonesia yang disampaikan melalui situs resminya pada bagian statistik sistem pembayaran atau SPP, disebutkan bahwa jumlah uang elektronik yang beredar di Indonesia per bulan September 2021 telah mencapai nilai sebanyak 530.664.510.

Ini merupakan salah satu bukti, bahwa penggunaan mata uang digital di tanah air mulai menjadi daya tarik bagi masyarakat.

Lantas apa itu mata uang digital?

Bina-Qurani-Mata-Uang-Digital

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Mata Uang Digital, Source: Photo by Karolina Grabowska From Pexels

Pengertian Mata Uang Digital

Mata uang digital atau yang sering disebut dengan cryptocurrency adalah jenis mata uang virtual yang tidak mempunyai bentuk fisik dan dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi. Meskipun mata uang digital ini tidak mempunyai bentuk fisik, namun mata uang jenis ini tetap memiliki nilai tukar dengan mata uang konvensional.

Fungsi dan kegunaan dari mata uang digital ini juga tidak berbeda dengan fungsi serta kegunaan mata uang konvensional pada umumnya. Namun dalam melakukan transaksi, penggunaan mata uang digital ini hanya bisa dilakukan secara online melalui internet tanpa adanya bantuan pihak ketiga.

Bina-Qurani-Mata-Uang-Digital

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Mata Uang Digital, Source: Photo by Sora Shimazaki From Pexels

Untuk melakukan transaksi dengan mata uang digital ini, tidak bisa dilakukan dengan komputer biasa. Seorang pengguna harus menggunakan komputer yang cukup canggih yang dapat mendukung penggunaan platform blockchain. Dengan Blockchain ini, transaksi mata uang digital yang dilakukan oleh pengguna akan berjalan lancar.

Transaksi online ini tentunya tidak sesederhana yang dirasakan oleh penggunanya. Dalam transaksi tersebut terdapat berbagai macam proses yang rumit dengan menggunakan kode-kode komputer khusus, agar transaksi dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Nilai tukar dari mata uang digital ini juga fluktuatif, dan perubahannya tidak terduga. Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh para pelaku trading untuk melakukan investasi di dalamnya.

Bina-Qurani-Mata-Uang-Digital

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Mata Uang Digital, Source: Photo by Worldspectrum From Pexels

Jenis-jenis Mata Uang Digital

Mata uang digital yang pertama kali hadir dan berhasil meraih kesuksesan besar di dunia internasional adalah bitcoin. Bitcoin adalah mata uang digital yang ditemukan oleh Satoshi Nakamoto yang merupakan seorang ahli komputer keturunan Jepang.

Kesuksesan bitcoin ini kemudian menjadi pra-karsa dari munculnya berbagai jenis mata uang digital yang mencoba peruntungan bersaing dengan bitcoin.

Berikut ini adalah beberapa jenis mata uang digital yang beredar di pasar dunia:

1. Bitcoin

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas bahwa bitcoin adalah mata uang digital yang hadir pertama kali dan meraih kesuksesan. Mata uang digital ini dibuat pada tahun 2008 oleh Satoshi Nakamoto yang merupakan ahli ilmu komputer ilmu kriptografi keturunan Jepang.

2. Ethereum

Mata uang digital kedua yang muncul setelah bitcoin adalah ethereum. Ethereum merupakan mata uang digital yang dibuat oleh Vitalik Biterin pada tahun 2015.

Ethereum sebenarnya lebih dari sekedar mata uang diigital. Ethereum merupakan salah satu platrofm berbasis blockchain yang juga digunakan untuk mengembangkan aplikasi terdesentralisasi dan kontrak pintar.

Bina-Qurani-Mata-Uang-Digital

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Mata Uang Digital, Source: Photo by Alesia Kozik From Pexels

3. Bitcoin Cash

Bitcoin cash adalah mata uang digital yang merupakan cabang dari bitcoin. Bitcoin cash diciptakan dengan tujuan untuk mengatasi beberapa masalah yang terjadi pada mata uang digital bitcoin.

Salah satu masalah yang menjadi alasan diciptakannya mata uang digital ini adalah terkait skalabilitas dan biaya transaksi.

4. Ripple

Selain bitcoin dan ethereum, mata uang digital lain yang beredari di pasar internasional adalah ripple. Ripple merupakan jenis mata uang digital yang sangat uik.

Ripple adalah mata uang digital yang hanya berfokus pada penyelesaian masalah yang berkaitan dengan satu indutri transfer pembayaran internasional.

5. Litecoin

Mata uang digital yang juga eksis di pasar internasional adalah litecoin. Litecoin adalah jenis mata uang digital yang diciptakan oleh Charlie Lee yang merupakan mantan karyawan google pada tahun 2011.

Litecoin saat ini telah menjadi salah satu jenis mata uang digital teratas karena telah teruji eksistensinya yang cukup lama, yaitu lebih dari sepuluh tahun.

Itulah beberapa jenis mata uang digital yang perlu kalian ketahui. Adapun penggunaan mata uang digital tersebut, sebaiknya kita lebih berhati-hati dan harus mengetahui bagaimana hukum dari penggunaan mata uang tersebut.

Thumbnail Source: Photo by Worldspectrum From Pexels

Artikel Terkait:
Mata Uang Digital, Halal atau Haram?

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login