Di antara kunci kesuksesan bisnis adalah adanya kepuasan dan kepercayaan konsumen. Kepuasan dan kepercayaan konsumen akan mendorong percepatan perkembangan sebuah bisnis. Sebaliknya, tanpa adanya kepercayaan konsumen, maka bisnis akan sulit untuk berkembang.
Kepercayaan merupakan keyakinan dimana seseorang akan mendapatkan apa yang diharapkan dari orang lain. Kepercayaan di sini juga menyangkut kesediaan seseorang agar berperilaku tertentu karena keyakinan bahwa mitranya akan memberikan apa yang ia harapkan dan suatu harapan yang umumnya dimiliki oleh seseorang bahwa kata, janji, atau pernyataan orang lain yang dapat dipercaya.
Kepercayaan konsumen merupakan suatu pondasi dari bisnis. Di mana suatu transaksi bisnis antara dua pihak atau lebih, bisa terjadi apabila di antara masing-masing pihak saling mempercayai.
Kepercayaan ini tentu tidak serta merta dapat diakui oleh pihak lain, dalam hal ini adalah konsumen atau mitra bisnis. Tetapi, kepercayaan harus dibangun mulai dari awal dan dapat dibuktikan. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, para pelaku bisnis mempunyai tantangan tersendiri untuk membangun kepercayaan konsumen di dunia maya.
Ada banyak platform yang dapat digunakan untuk membangun kepercayaan konsumen di era digital, salah satunya yaitu melalui website. Pada tulisan di bawah ini, kami tuliskan beberapa cara atau langkah untuk membangun kepercayaan konsumen menggunakan website.
Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!
Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Membangun Kepercayaan Konsumen, Source: Photo by Negative S Pexels
Salah satu platform terbaik yang dapat digunakan untuk membangun kepercayaan konsumen secara online adalah website. Tulisan di bawah ini akan memandu Anda bagaimana mengelola website yang baik agar bisa membangun kepercayaan konsumen.
Berikut adalah lima strategi yang dapat digunakan sebagai cara untuk membangun kepercayaan konsumen menggunakan website:
Langkah pertama untuk membangun kepercayaan konsumen dengan website adalah memilih dan menggunakan nama domain profesional pada website Anda. Nama domain adalah hal pertama yang konsumen temukan di hasil pencarian sebelum menuju website Anda.
Oleh karena itu, Anda harus bisa memberikan kesan pertama yang baik melalui nama domain website yang Anda gunakan. Tentunya pemilihan nama domain yang profesional akan meningkatkan kepercayaan konsumen untuk membuka website Anda.
Kriteria nama domain yang bisa dianggap sebagai nama domain profesional yaitu:
Dengan menggunakan nama domain profesional, tentu akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis yang sedang Anda jalankan.
Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Membangun Kepercayaan Konsumen, Source: Photo by Karolina G Pexels
Fungsi website tidak jauh berbeda dengan toko fisik di dunia nyata yakni menjadi tempat konsumen melihat produk, memilih produk, konsultasi dengan penjual, hingga melakukan transaksi pembelian. Jika desain website Anda berantakan, konsumen akan meragukan website toko online Anda dan meninggalkannya.
Oleh karena itu, Anda harus membuat desain website yang rapi, teratur, dan mudah digunakan sehingga konsumen tidak ragu untuk berbelanja di website toko online Anda. Usahakan untuk membuat desain seminimalis mungkin, dan tampilkan informasi yang benar-benar penting dan perlu diketahui konsumen di tempat-tempat strategis.
Pada toko fisik konsumen, bisa langsung berbicara dengan penjaga toko jika ingin melakukan pembelian atau sekedar bertanya. Pada website, Anda juga bisa memberikan layanan kepada konsumen untuk berbicara dengan penjaga toko online, dengan menyediakan layanan customer service.
Sediakan berbagai cara bagi konsumen untuk menghubungi customer service, dari email, telepon, live chat, hingga WhatApp. Semakin mudah konsumen menghubungi customer service, semakin tinggi kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda.
Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Membangun Kepercayaan Konsumen, Source: Photo by Karolina G Pexels
Review konsumen memainkan peran penting dalam membangun kepercayaan konsumen di dunia maya. Review konsumen berupa testimoni dan rating membantu meningkatkan kepercayaan konsumen ketika membeli sebuah produk.
Sebagai pemilik bisnis, Anda bisa saja mengatakan semua hal yang baik-baik tentang produk atau layanan Anda. Namun, konsumen juga ingin melihat pendapat dari sesame konsumen untuk mendapatkan penilaian yang objektif.
Oleh karena itu, Anda bisa memenuhi permintaan konsumen tersebut dengan menampilkan testimoni konsumen di halaman website.
Salah satu cara agar website Anda tetap terhubung dengan konsumen adalah blog. Melalui blog, Anda bisa membagikan konten-konten yang bermanfaat untuk konsumen.
Buat dan terbitkan konten-konten yang berkualitas serta bermanfaat secara konsisten, Anda secara tidak langsung dengan membangun kepercayaan konsumen. Konten tersebut berguna untuk menunjukkan bahwa Anda adalah ahli di satu bidang industri yang Anda geluti.
Itulah beberapa strategi atau cara untuk membangun kepercayaan konsumen secara online dengan menggunakan website.
Thumbnail Source: Photo by Karolina G Pexels
Artikel Terkait:
Psikologi Pemasaran Terhadap Perilaku Konsumen