Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Membimbing Anak Belajar Dari Rumah

Bina-Qurani-Membimbing-Anak-Belajar-Dari-Rumah
Membimbing Anak Belajar Dari Rumah

Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat maupun pemerintah melalui kegiatan pengajaran, bimbingan, dan latihan yang berlangsung seumur hidup baik di dalam maupun di luar sekolah.

Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan dan mengoptimalisasikan bakat maupun kemampuan peserta didik agar dapat memainkan peranan dalam berbagai kondisi hidup secara baik.

Orang tua merupakan pendidik pertama dan utama bagi pembentukan pribadi dan karakter anaknya. Orang tua juga memegang peran penting dan strategis dalam mengantarkan pendidikan bagi putra-putrinya.

Apalagi dimasa pandemi seperti sekarang yang mengharuskan orang tua untuk membimbing anak belajar dari rumah. Dan memang sebenarnya peran orang tua dalam mendidik anak selama ini seharusnya demikian, tidak menyerahkan sepenuhnya kepada lembaga pendidikan. Ada peran yang harus dilakukan orang tua di rumah untuk mendukung prestasi beajar anaknya.

Cara Membimbing Anak Belajar Dari Rumah

Namun keberhasilan orang tua dalam mendidik dan membimbing anaknya akan sangat tergantung pada kecakapan maupun kemampuan pola asuh yang dimilikinya. Lalu bagaimana cara yang tepat dan baik dalam membimbing anak belajar dari rumah? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Bina-Qurani-Membimbing-Anak-Belajar-Dari-Rumah

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Membimbing Anak Belajar Dari Rumah, Source: Photo by Timur Weber Pexels

1. Menjadi Teman Belajar yang Menyenangkan bagi Anak

Peran orang tua dalam membimbing anak belajar dari rumah hendaknya bukan seperti guru kedua yang mengintruksikan ini dan itu. Dalam hal ini baiknya orang tua menjadi teman yang menyenangkan bagi anak.

Jika orang tua bisa menjadi teman belajar yang menyenangkan maka anak biasanya akan lebih mudah memahami pelajaran yang ada. Karena bisa jadi anak sulit memahami pelajaran di sekolah karena ia tidak merasa nyaman dengan gurunya atau teman duduknya dan sebagainya.

2. Mengetahui Target dan Tujuan pPembelajaran

Hal yang patut diketahui orang tua saat membimbing anak belajar dari rumah adalah mengetahui target dan tujuan dari materi yang diajarkan. Cara ini membantu orang tua memberi arah pemahan terkait materi pelajaran kepada sang anak.

Bila orang tua mengetahui materi yang ada, maka hal ini akan sangat membantu Ketika ada hal yang ditanyakan oleh sang anak. Meskipun Ketika nantinya orang tua tidak terlalu memahami materi yang ada, maka bisa membantunya mencarikan jawaban via internet dan lain semisalnya.

Bina-Qurani-Membimbing-Anak-Belajar-Dari-Rumah

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Membimbing Anak Belajar Dari Rumah, Source: Photo by Gettyimages

3. Memotivasi Anak dengan Cara Kreatif

Bila anak tidak semangat belajar di sekolah maka biasanya guru yang baik akan mengadakan motivasi belajar yang membuat anak Kembali bersemangat. Lalu bagaimana jika hal tersebut terjadi di rumah? Bagaimana cara memotivasi belajar anak?

Sebagai orang tua kita bisa mengadakan kompetisi atau memberikan reward Ketika anak mampu menyelesaikan tugas-tugasnya. Misalkan Ketika anak mau belajar tepat waktu, segera mengerjakan tugas, dan mampu meraih nilai yang bagus. Berikan hadiah yang mendidik pada anak dan menarik bagi mereka. Cara pemberian apresiasi ini terlihat sederhana tetapi cukup membantu anak terdorong untuk tetap belajar meskipun terkadang suasan membosankan.

Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan berkenaan dengan kegiatan membimbing anak belajar dari rumah, dan memang orang tua sangat berperan penting untuk keberlangsungan anak-anaknya dalam belajar.

Lalu bagaimana jika orang tua kurang memiliki waktu untuk membimbing anak belajar dari rumah? Mungkin hal itu disebabkan kerena orang tua tersebut adalah seorang pria atau wanita karir dan semisalnya. Jika kondisinya demikian maka dalam hal ini tidak mesti ayah atau ibu dari sang anak. Orang dewasa lainnya yang dirasa dapat dipercaya bisa saja membimbing anak belajar dari rumah, tapi tentu orang tua harus terus mengamati perkembangannya.

Thumbnail Source: Photo by Chanikarn Thongsupa From Rawpixel

Artikel Terkait:
Peran Orang Tua dalam Pendidikan

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu Adab #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Peran Orang Tua dalam Pendidikan #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam
Login