Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding

Bina-Qurani-Membuat-Aplikasi-Android-Tanpa-Coding
Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding

Berbicara tentang teknologi, tentu tidak akan pernah ada habisnya. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi informasi dan komunikasi terus melakukan pembaruan terhadap temuan-temuan yang semakin memberi kemudahan dan kenyamanan manusia dalam mendapatkan informasi serta melakukan komunikasi.

Salah satu teknologi yang terus menerus memperbarui sistem operasinya adalah android. Android merupakan salah satu sistem operasi pada smartphone yang paling banyak digunakan manusia di seluruh dunia.

Di dalam sebuah smartphone yang berbasis android, kita dapat menemukan banyak aplikasi bermanfaat yang dapat membantu kita melakukan banyak hal seperti seperti facebook, instagram, whatsapp, tiktok, pinterest dan lain sebagainya.

Aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang dibuat untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia, baik dalam mencari dan mendapatkan informasi, maupun dalam hal untuk melakukan komunikasi.

Pada mulanya, aplikasi android dapat dibuat hanya dengan menyusun dan membangun kode-kode pemrograman yang sangat rumit. Akan tetapi, saat ini telah tersedia banyak platform yang menawarkan layanan untuk membuat aplikasi android tanpa coding. Hal ini memungkinkan seorang pemula untuk dapat membuat aplikasi android meskipun tidak memiliki pemahaman akan coding dan bahasa pemrograman.

Bina-Qurani-Membuat-Aplikasi-Android-Tanpa-Coding

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding, SOurce: Photo by Andromo

Lima Platform Gratis untuk Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding

Adapun lima platform gratis yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi android tanpa coding, antara lain:

1. Andromo Platform Pengembangan Aplikasi Native

Salah satu platform gratis yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi android tanpa coding adalah andromo. Andromo merupakan platform tanpa bahasa pemrograman atau coding yang dapat digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak.

Andromo memungkinkan pengguna non teknis yang tidak memiliki pengetahuan akan bahasa pemrograman untuk membangun dan menerapkan aplikasi mereka sendiri tanpa memikirkan bagaimana cara menulis dan menyusun coding sama sekali.

Tampilan user interface yang ditawarkan oleh platform ini juga terbilang sederhana, namun memiliki fitur-fitur yang cukup istimewa. Dengan tampilannya yang sederhana, memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melakukan visualisasi program, sesuai dengan proses pengembangan logika bisnis yang mendasarinya.

Namun, platform andromo memiliki kekurangan seperti tidak menyediakan fitur screen preview untuk melihat seperti apa tampilan aplikasi setelah ditambahkan item atau diubah formatnya. Andromo juga tidak mendukung pengunggahan aplikasi ke Playstore.

2. Swiftic

Swiftic atau yang sebelumnya dikenal dengan como, adalah platform untuk membuat aplikasi android tanpa coding secara instan. Swiftic memiliki peringkat terbaik diantara platform untuk membuat aplikasi yang memiliki fitur-fitur istimewa, yang dapat membantu pengguna untuk menghasilkan uang dan melibatkan pelanggan.

Swiftic memungkinkan penggunaknya untuk membuat aplikasi android dengan tampilan professional hanya dengan tiga langkah sederhana, yaitu memilih kategori aplikasi, memilih tema, dan menerbitkannya.

Di antara fitur yang diberikan oleh swiftic adalah fitur drag and drop interface, mobile commerce, ulasan pengguna, program loyalitas atau kupon, kemampuan untuk membuat menu khusus, RSS, dan social feeds. Platform ini juga menyediakan penyesuaian tampilan dan fungsi aplikasi, fitur monetasi, dan push notifications.

Bina-Qurani-Membuat-Aplikasi-Android-Tanpa-Coding

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding, Source: Photo by Appypie

3. Appypie AppMakr

Platform lain yang dapat digunakan oleh seorang pemula dalam membuat aplikasi android adalah AppMakr. AppMakr merupakan platform yang untuk membuat aplikasi berbasis cloud, yang memungkinkan pengguna untuk membuat aplikasi android, iOS, dan HTML5.

Berbeda dengan platform lain seperti andromo maupun swiftic, platform ini justru tidak membatasi jumlah aplikasi yang dibuat oleh pengguna, atau jumlah pembaruan yang dibuat.

AppMakr juga memiliki banyak fitur seperti galeri foto dengan resolusi tinggi, push notifications, pembaruan langsung, streaming music, video, chat rooms, terintegrasi dengan Google Map, dan berbagai macam fitur lainnya. Selain itu, dengan AppMakr pengguna juga dapat memantau aplikasi buatannya melalui dashbor, serta menyesuaikan tampilan dan fungsi aplikasi.

4. Appery IO

Appery juga termasuk sebagai platform untuk membuat aplikasi yang sangat mudah dan cepat untuk digunakan. Appery dapat digunakan bagi seluruh pengguna tanpa perlu menuliskan koding atau menginstal apapun saat menggunakannya.

Platform Appery IO mendukung pembuatan aplikasi untuk sistem operasi yang berbasis android, iOS, mupun windows. Di dalam platform ini, juga disediakan kategori plugin yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan beberapa fungsi ke aplikasinya bahkan membuatnya secara khusus.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk membagikan proyeknya kepada pelaku bisnis, pelanggan, atau pengembang secara real time.

5. Game Salad

Platform lain yang dapat digunakan untuk membuat dan menerbitkan aplikasi adalah Game Salad. Namun, game salad hanya membatasi fitur-fiturnya khusus untuk membangun aplikasi game. Aplikasi game yang dibuat melalui game salad, mendukung penggunaannya untuk berbagai sistem oprasi, mulai dari Android, iOS, HTML5, dan macOS.

Demikianlah beberapa platform gratis yang dapat kalian gunakan untuk membuat aplikasi android tanpa coding. Semoga bermanfaat!

Thumbnail Source: Photo by HR Content

Artikel Terkait:
Membuat Aplikasi Android Menggunakan App Inventer 2

TAGS
#Belajar Website Pemula #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login