Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Membuat Surat Keterangan Domisili

Bina-Qurani-Membuat-Surat-Keterangan-Domisili
Membuat Surat Keterangan Domisili

Sebagai seorang pendatang di suatu daerah tertentu, Anda wajib memiliki surat keterangan domisili bertempat tinggal di wilayah tersebut. Surat keterangan domisili merupakan salah satu dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap pendatang baru di suatu daerah, selain dokumen seperti KTP dan KK.

Surat keterangan domisili atau SKD adalah surat keterangan berupa selembar kertas yang di dalamnya berisi data diri lengkap seseorang dan diberikan oleh pejabat yang berwenang sebagai tanda bukti bahwa seorang pendatang telah melapor dan memiliki tempat tinggal di suatu wilayah.

Surat keterangan domisili ini mengacu pada UU Nomor 23 Pasal 15 Tahun 2006 yang di dalamnya berisi Tentang Administrasi Kependudukan. Di dalam UU Nomor 23 Pasal 15 Tahun 2006, disebutkan bahwa:

1. UU Nomor 23 Pasal 15 Tahun 2006 Ayat (1)

Di dalam ayat 1 disebutkan bahwa, “Penduduk Warga Negara Indonesia yang pindah dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib melapor kepada Instansi Pelaksana di daerah asal untuk mendapatkan Surat Keterangan Pindah.”

2. UU Nomor 23 Pasal 15 Tahun 2006 Ayat (2)

Sedangkan di dalam ayat 2 disebutkan bahwasannya, “Pindah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah berdomisilinya Penduduk di alamat yang baru untuk waktu lebih dari 1 (satu) tahun atau berdasarkan kebutuhan yang bersangkutan untuk waktu yang kurang dari 1 (satu) tahun.”

Surat keterangan domisili biasanya digunakan untuk mengurus beberapa keperluan pribadi seperti mendaftar sekolah dan mengurus persisinan seperti:

  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  • Dan berbagai bentuk perizinan yang lainnya

Mengingat pentingnya surat keterangan domisili bagi para pendatang baru di suatu daerah, maka sudah selayaknya kita mengetahui bagaimana cara membuat surat keterangan domisili. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kami akan sedikit menjelaskan tentang bagaimana proses pengurusan surat keterangan domisili.

Bina-Qurani-Membuat-Surat-Keterangan-Domisili

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Membuat Surat Keterangan Domisili, Source: Photo by GS Image

Cara Membuat Surat Keterangan Domisili

Cara mengurus atau membuat surat keterangan domisili tidaklah terlalu sulit. Seorang pendatang dapat langsung melakukan proses pengurusannya di kantor kelurahan (kantor kepala desa), atau juga bisa melalui ketua RT atau RW setempat dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan.

1. Syarat yang Dibutuhkan untuk Membuat Surat Keterangan Domisili

Persyaratan yang perlu dilengkapi untuk mengurus surat keterangan domisili di antaranya adalah:

  • Fotokopi KTP dan KTP asli
  • KK
  • Surat nikah
  • Akta kelahiran (Jika diperlukan)
  • Surat pindah
  • Foto berwarna ukuran 3×4 tiga lembar
  • Surat pengantar dari RT dan RW
  • Materai 10000

Persyaratan di atas perlu disiapkan terlebih dahulu sebelum diajukan ke pada pengurus wilayah setempat.

2. Proses Pengajuan dalam Membuat Surat Keterangan Domisili

Adapun untuk proses pengajuannya, dengan melakukan langkah-langkah berikut ini:

(Sebelum mengajukan surat keterangan domisili, pastikan bahwa segala persyaratannya sudah dipenuhi)

  • Pemohon menyerahkan berkas persyaratan kepada petugas atau staf.
  • Petugas kelurahan menerima dan melakukan verifikasi kelengkapan berkas.
  • Petugas kelurahan kemudian membuat surat keterangan domisili yang selanjutnya disampaikan ke bagian Pemerintahan dan Pelayanan.
  • Bagian Pemerintahan dan Pelayanan kemudian melakukan verifikasi dan paraf pada surat keterangan domisili.
  • Kepala Desa memberikan tanda tangan dan menurunkan ke petugas kelurahan.
  • Petugas kelurahan kemudian melakukan registrasi dan stempel pada surat keterangan domisili.
  • Pemohon mengambil surat keterangan domisili

Sangat mudah bukan, proses pengurusan surat keterangan domisili?

Nah, setelah kita memiliki surat keterangan domisili maka akan memberikan kemudahan bagi kita untuk mengurus berbagi keperluan yang kita butuhkan.

Lalu, apa saja sih manfaat dan kegunaan dari surat keterangan domisili?

Manfaat dan Kegunaan Surat Keterangan Domisili

Surat keterangan domisili merupakan dokumen penting yang mempunyai banyak manfaat dan kegunaan bagi pemiliknya.

Sebagaimana yang dijelaskan pada UU Nomor 23 Pasal 15 ayat (1) Tahun 2006 bahwa surat keterangan domisili merupakan dokumen yang wajib dimiliki oleh setiap pendatang.

Dalam hal ini, seorang pendatang wajib mengurus surat keterangan domisili kepada instansi yang berwenang yaitu kelurahan atau desa tempat seseorang tinggal atau menetap.

Adpun manfaat dan kegunaan surat keterangan domisili bagi seorang pendatang antara lain adalah:

  • Sebagai pengganti surat keterangan pindah.
  • Sebagai syarat untuk mengajukan beasiswa, mendaftarkan sekolah, melamar perkerjaan, perizinan usaha dan pendirian bangunan, mengurus NPWP, vaksinasi, ataupun untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah.
  • Sebagai dokmen tambahan membuat akta kelahiran.
  • Sebagai syarat administratif lainnya, seperti membuka rekening, mengurus dokumen-dokumen kenegaraan.
  • Sebagai alamat tinggal resmi.

Demikianlah uraian singkat mengenai pengertian surat keterangan domisili, cara membuat surat keterangan domisili, dan manfaat serta kegunaannya. Semoga bermanfaat.

Thumbnail Source: Photo by Pro Media Tek

Artikel Terkait:
Cara Perpanjang Paspor

TAGS
#Batas Wilayah Indonesia #Indonesia #khazanah #Lambang Sila Pertama #Olimpiade Tokyo 2020 #Pancasila #Pendiri Paskibraka #PPKM Level 4 #Rumah Adat Kalimantan #Rumah Adat #Sejarah #Warga Negara #Pendidikan anak #Sekolah Islam
© 2023 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login