Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Membuat Website untuk Mengembangkan Bisnis

Bina-Qurani-Membuat-Website-untuk-Mengembangkan-Bisnis
Membuat Website untuk Mengembangkan Bisnis

Saat ini, website merupakan salah satu kebutuhan yang harus dan wajib dimiliki oleh setiap pelaku bisnis. Mulai dari start-up, usaha kecil, bisnis rumahan, bisnis menengah, bahkan untuk siapapun yang mempunyai produk maupun jasa yang ingin dipasarkan kepada pelanggan.

Website merupakan media pemasaran yang paling baik untuk memperkenalkan produk atau brand yang akan ditawarkan kepada konsumen. Memiliki website merupakan pilihan yang cerdas dan tepat untuk mengembangkan bisnisnya.

Oleh karena itu, jika Anda merupakan seorang pelaku bisnis maka wajib memiliki website untuk mengembangkan bisnis Anda. Namun apabila Anda belum memiliki website, maka Anda harus segera membuat website untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat website. Sebab, pada tulisan kali ini akan kami sampaikan beberapa langkah utama membuat website untuk mengembangkan bisnis!

Bina-Qurani-Membuat-Website-untuk-Mengembangkan-Bisnis

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Membuat Website untuk Mengembangkan Bisnis, Source: Photo by Freepik

Langkah Utama Membuat Website untuk Mengembangkan Bisnis

Website adalah suatu halaman web yang dapat diakses melalui internet yang di dalamnya menampilkan berbagai informasi yang disediakan oleh perorangan, kelompok, maupun organisasi. Bagi seorang pebisnis, website biasa digunakan untuk menampilkan berbagai informasi produk kepada konsumen dan calon konsumen.

Jika Anda ingin membuat website untuk mengembangkan bisnis Anda, Anda harus benar-benar memahami langkah-langkah berikut ini agar website yang Anda buat lebih powerfull:

1. Menentukan Tujuan dari Website

Langkah pertama untuk membuat website adalah dengan menentukan tujuan dari website yang akan Anda buat. Anda bisa membuat website static yang di dalamnya tidak ada perubahan isi konten secara rutin dan hanya menjelaskan tentang informasi kepada calon pelanggan Anda tentang jasa maupun produk yang ditawarkan dan cara mendapatkan produk layanan tersebut.

Di sisi lain, Anda mungkin bisa membuat blog dimana di dalam blog tersebut terdapat perubahan atau update konten secara rutin. Namun, konten yang ditampilkan juga harus relevan, sesuai dengan produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

Bina-Qurani-Membuat-Website-untuk-Mengembangkan-Bisnis

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Membuat Website untuk Mengembangkan Bisnis, Source: Photo by Freepik

2. Memilih CMS untuk Website

CMS atau Conten Management System, yaitu software yang memungkinkan Anda untuk membuat dan mengelola website dengan mudah. Pemilihan CMS yang tepat akan memberikan sebuah tampilan antar muka (user interface) yang nyaman dan menyenangkan bagi setiap pengunjung website.

Ada beberapa jenis platform CMS yang dapat Anda pilih dan gunakan untuk membuat website. Berikut ini beberapa jenis CMS yang dapat memudahkan Anda membuat website tanpa coding:

  • Pertama, WordPress. WordPress sangat populer dan dikenal oleh kalangan masyarakat. Sistem manajemen konten ini menguasai sebagian besar pasar, dan sangat mudah penggunaannya.
  • Kedua, Joomla. Joomla adalah salah satu platform CMS yang paling banyak digunakan setelah wordpress. Walaupun pengelolaannya tidak semudah wordpress, namun beberapa aspek Joomla jauh lebih fleksibel dari wordpress.
  • Ketiga, Drupal. Drupal adalah salah satu CMS open source terbaik. Walaupun popularitasnya masih berada di belakang wordpress dan Joomla, bukan berarti platform CMS Drupal tidak layak untuk digunakan.
3. Memilih Sebuah Hosting

Setelah Anda mengetahui tujuan dan CMS yang akan digunakan dari website yang Anda buat, langkah selanjutnya adalah memilih hosting. Hosting adalah layanan online yang digunakan untuk mengelola data situs dan menampilkannya melalui via internet. Hosting digunakan untuk menyimpan data atau file-file website yang berupa gambar, script, video, email, aplikasi, dan basis data.

Bina-Qurani-Membuat-Website-untuk-Mengembangkan-Bisnis

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Membuat Website untuk Mengembangkan Bisnis, Source: Photo by Freepik

4. Memilih Nama Domain

Setelah menentukan layanan hosting yang akan dipakai, langkah selanjutnya adalah memilih nama domain yang akan digunaan sebagai nama website Anda. Domain adalah nama yang dipilih sebagai identitas server web atau komputer agar kita bisa lebih mudah mengingatnya dan mudah dikenal oleh konsumen.

5. Menginstall Website dan Mengaturnya

Selanjutnya langkah terakhir adalah menginstall website dengan CMS yang sudah ditentukan dan dilanjutkan dengan mengatur tampilan website. Mengatur tampilan website dapat dilakukan dengan memilih tema atau template dan menambahkan plugin-plugin yang dapat mendukung kinerja website.

Setelah itu Anda dapat menambahkan logo brand produk yang Anda miliki, kemudian menambahkan konten-konten menarik konsumen dan calon konsumen yang dibutuhkan untuk kepentingan pemasaran produk.

Thumbnail Source: Photo by Tranmautritam Pexels

Artikel Terkait:
Belajar HTML Dasar

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login