Influencer marketing merupakan sebuah strategi marketing terbaru, yang saat ini mulai banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Penggunaan influencer marketing oleh pelaku bisnis bertujuan untuk menaikkan tingkat penjualan produk maupun jasa.
Strategi marketing dengan menggunakan influencer telah membantu para pelaku bisnis dalam memasarkan serta mengenalkan produk dan jasa yang dimilikinya. Namun, meskipun strategi marketing ini terbukti cukup sukses membantu meningkatkan penjualan, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih influencer yang akan bekerjasama untuk bisnis Anda.
Lalu apa itu influencer marketing? Dan bagaimana cara memilih influencer yang tepat untuk bisnis? Simak tulisan berikut ini agar Anda dapat mengetahui tentang apa itu influencer marketing dan tips-tips memilih influencer yang tepat untuk bisnis.
Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis, Source: Photo by Ready Made Pexels
Hal pertama yang perlu kita ketahui sebelum membahas tentang pengertian dari influencer marketing adalah mengetahui arti dari influencer itu sendiri. Lantas apa itu influencer? Influencer adalah istilah yang disematkan kepada seseorang yang memiliki followers atau pengikut dengan jumlah besar, dan memiliki pengaruh yang kuat terhadap pengikutnya.
Influencer ini dapat berupa selebgram di Instagram, public figure, youtuber, atau yang sejenisnya.
Sedangkan influencer marketing adalah strategi marketing atau strategi pemasaran yang menggunakan jasa influencer di media sosial seperti Instagram, youtube, facebook, twitter, dan semisalnya untuk memasarkan produk bisnis. Strategi influencer marketing ini dianggap oleh pelaku bisnis sebagai strategi yang efekti dan mempunyai pengaruh besar dalam meningkatkan konversi penjualan produk bisnis.
Berdasarkan sebuah survey MuseFind yang dilansir dari situs Forbes, mengatakan bahwa 92% konsumen mempercayai influencer lebih dari iklan atau endorsement selebriti tradisional. Media sosial sebagai sarana promosi bagi influencer marketing telah menjadi sebuah platform dimana hampir seluruh penggunanya aktif dan berlama-lama dalam bersosial media.
Maka, tidak mengherankan apabila strategi influencer marketing untuk bisnis semakin banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Sebab, media sosial dan influencer ternyata memiliki kekuatan yang besar dalam meningkatkan bisnis.
Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis, Source: Photo by Cottonbro Pexels
Setelah memahami definisi dari influencer, sekarang Anda tentu telah memiliki gambaran tentang siapa saja orang yang bisa Anda ajak untuk bekerja sama mempromosikan produk bisnis Anda. Nah, supaya Anda tidak salah dalam memilih influencer, simak dulu tips-tips dan cara memilih influencer yang tepat untuk bisnis di bawah ini:
Langkah pertama yang harus dilakukan dalam memilih influencer bisnis yang tepat adalah dengan melakukan riset terhadap kandidat atau calon influencer yang akan Anda ajak kerja sama.
Anda dapat memulai riset tersebut dengan memperhatikan konten-konten yang diunggahnya, jumlah followers yang dimilikinya, jumlah engagement rate, popularitas. Dari hasil riset yang dilakukan, kemudian Anda dapat melakukan analisa apakah di antara kandidat influencer tersebut ada yang cocok dengan brang ataupun produkmu.
Langkah kedua yang dapat dilakukan dalam memilih influencer yang tepat untuk bsinis adalah dengan menggali informasi terkait brand atau produk yang pernah bekerja sama dengan influencer tersebut.
Hal ini perlu dilakukan, supaya Anda mengetahui apakah ada kompetitormu yang pernah menggunakan jasanya untuk melakukan promosi. Jangan sampai, Anda dikira ikut-ikutan dengan kompetitor hanya karena menggunakan influencer yang sama.
Langka ketiga dalam memilih influencer yang tepat untuk bisnis Anda adalah pastikan bahwa influencer tersebut memiliki followers yang sesuai dengan target pasar Anda.
Misalnya, apabila target pasar bisnis Anda adalah kaum perempuan dengan kisaran usia 20-27 tahun, maka Anda harus memilih influencer yang rentang usia followersnya di kisaran tersebut. Apabila kamu pilih infulencer yang followersnya mempunyai usia di atas itu, maka produkmu tidak akan banyak terjual.
Langkah selanjutnya, yang perlu Anda lakukan dalam memilih influencer yang tepat untuk bisnis Anda adalah dengan memastikan bahwa influencer yang akan Anda ajak kerjasama memiliki reputasi yang baik di hadapan masyarakat maupun pengikutnya.
Apabila Anda salah memilih influencer (yang memiliki reputasi buruk), maka brand atau merek bisnis Anda yang akan terkena dampaknya.
Langkah terakhir adalah, pastikan bahwa biaya endorsement melalui influencer tersebut sesuai dengan budget yang Anda miliki. Jangan sampai Anda memilih influencer yang budgetnya di atas anggaran promosi bisnis Anda.
Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis, Source: Photo by Lisa Pexels
Berikut ini beberapa keuntungan yang didapat dari penggunaan jasa influencer marketing untuk bisnis Anda:
Salah satu kuntungan menggunakan jasa influencer marketing bagi bisnis yang sedang dijalankan oleh seseorang adalah dapat memperluas jangkauan pemasaran.
Luasnya jangkauan pemasaran tersebut terjadi karena seorang influencer memiliki pengikut dengan jumlah yang banyak. Selain itu pengikutnya juga sangat aktif dalam melakukan interaksi seperti memberi like, komen, maupun share pada konten yang diunggah oleh akun media sosial influencer.
Aktivitas inilah yang kemudian membuat informasi apapun terkait produk Anda, dapat dilihat, dibaca, dan diketahui oleh pengikut influencer. Sehingga memberikan dampak positif bagi produk bisnis yang sedang Anda pasarkan.
Word of mouth atau penyebaran informasi dari mulut ke mulut adalah Ketika seorang influencer memberikan informasi atau rekomendasi tentang produk, layanan, atau merek bisnis melalui akun pribadinya.
Strategi pemasaran seperti ini sangat efektif dan memberikan dampak yang luar biasa. Apalagi jika informasi dan rekomendasi yang diberikan bersumber dari influencer yang telah menggunakan jasa atau produk Anda secara langsung.
Fakta ini tidak bisa dipungkiri, nyatanya promosi dari mulut ke mulut di era transformasi digital seperti sekarang masih ampuh untuk digunakan dalam meningkatkan bisnis Anda.
Keuntungan lain dari penggunaan jasa influencer dalam proses pemasaran produk bisnis Anda adalah untuk membangun kedekatan dengan konsumen. Seorang influencer yang memberikan rekomendasi terhadap produk bisnis Anda dapat menarik perhatian pengikutnya, karena memberikan kesan lebih nyata dan sudah terbukti manfaat atau kegunaannya.
Dalam kondisi seperti itu, kedekatan konsumen dengan produk bisnis Anda dapat dibangun lebih kuat melalui perantara influencer.
Di samping dapat memperluas jangkauan pemasaran dan meningkatkan konversi penjualan, keuntungan menggunakan jasa influencer marketing untuk bisnis yang berikutnya adalah dapat memangkas anggaran biaya promosi.
Biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan strategi influencer marketing ini cenderung lebih murah dan lebih terjangkau. Dengan biaya yang terjangkau ini, tentu akan mengurangi cost perusahaan, dan dapat dialihkan untuk pembiayaan pada bagian-bagian yang lain.
Dengan bekerjasama menggunakan jasa influencer marketing, tentu berdampak pada segarnya konten media pemasaran yang didapatkan oleh pelaku bisnis. Sebab, setiap influencer memiliki ciri khas dan karakteristik sendiri dalam membuat konten untuk promosi bisnis.
Hal tersebut tentu akan membantu menarik perhatian konsumen, dan meningkatkan keinginan audience untuk mecoba produk yang Anda pasarkan.
Itulah serangkaian tulisan mengenai pengertian influencer marketing, dan manfaat influencer marketing untuk meningkatkan bisnis Anda. Semoga bermanfaat!
Artikel Terkait:
Sarana Berbisnis Efektif di Era 4.0.