Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Memilih Lembaga Pendidikan Terbaik

Bina-Qurani-Memilih-Lembaga-Pendidikan-Terbaik-Photo-by-Pixabay-Pexels
Memilih Lembaga Pendidikan Terbaik

Setiap orang tua, tentu menginginkan pendidikan terbaik bagi putra-putrinya. Sehingga tidaklah heran, apabila banyak orang tua yang sibuk dari jauh-jauh hari untuk memilih dan memilah lembaga pendidikan terbaik sebagai tempat menuntut ilmu bagi anak-anaknya.

Dalam memilih lembaga pendidikan yang terbaik untuk sang buah hati, orang tua tentu sangat memperhatikan betul beberapa hal seperti fasilitas yang diberikan, lokasi, akreditasi, kurikulum, dan kemampuan serta kompetensi tenaga pendidik yang ada di dalam lembaga pendidikan tersebut.

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan lembaga pendidikan? Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui pengertian dari lembaga pendidikan, dan beberapa tips untuk memilih lembaga pendidikan terbaik bagi sang buah hati.

Bina-Qurani-Memilih-Lembaga-Pendidikan-Terbaik-Photo-by-Pixabay-Pexels

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Memilih Lembaga Pendidikan Terbaik, Source: Photo by Pixabay Pexels

Pengertian Lembaga Pendidikan

Secara umum, lembaga pendidikan dapat diartikan sebagai lembaga atau tempat berlangsungnya proses pendidikan, yang bertujuan untuk mengubah tingkah laku individu ke arah yang lebih baik melalui interaksi sosial yang terjadi di lingkungan sekitar lembaga pendidikan tersebut.

Lembaga pendidikan juga dapat diartikan sebagai institusi sosial yang menjadi agen sosialisasi lanjutan setelah lembaga keluarga. Di mana dalam lembaga pendidikan, seorang anak akan dikenalkan kepada kehidupan bermasyarakat yang lebih luas.

Ada beberapa jenis lembaga pendidikan yang terdapat di Indonesia, mulai dari lembaga pendidikan formal atau sekolah, lembaga pendidikan nonformal seperti misalnya kursus keterampilan, kursus bahasa, dan kursus komputer, serta pendidikan informal yaitu suatu kegiatan pendidikan yang terjadi di lingkungan keluarga.

Sebagaimana kita ketahui bahwa, menurut Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran.

Kegiatan pendidikan dilakukan agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya, agar memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan lainnya yang diperlukan oleh diri sendiri, masyarakat luas, bangsa, dan negara.

Oleh karena itu, sebagai orang tua harus benar-benar teliti dalam memilih lembaga pendidikan terbaik bagi anak-anaknya. Hal ini dilakukan agar sang buah hati dapat mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya secara maksimal dan sesuai dengan minat serta bakatnya.

Bina-Qurani-Memilih-Lembaga-Pendidikan-Terbaik-Photo-by-Pixabay-Pexels

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Memilih Lembaga Pendidikan Terbaik, Source: Photo by Olia Pexels

Tips Memilih Lembaga Pendidikan Terbaik Bagi Sang Buah Hati

Sebelum memutuskan untuk memilih meyekolahkan sang buah hati di lembaga pendidikan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh Ayah dan Bunda dalam memilih sekolah untuk sang anak.

Untuk lebih jelasnya, kami akan menjabarkan satu per satu poin-poin di atas.

1. Legalitas Lembaga Pendidikan

Hal pertama yang perlu diperhatikan Ayah dan Bunda ketika ingin memilih lembaga pendidikan yang terbaik untuk anak tercinta adalah dengan memastikan bahwa sekolah yang dituju adalah sekolah yang mempunyai izin menyelenggarakan kegiatan pendidikan secara resmi.

Legalitas yang dimililki oleh lembaga pendidikan menandakan keprofesionalitasan lembaga pendidikan tersebut dan menunjukkan bahwa ketundukkannya kepada hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Untuk mengetahui legal atau tidaknya suatu lembaga pendidikan, Ayah dan Bunda bisa menanyakan langsung ke pihak sekolah agar lebih jelas. Ayah dan Bunda juga dapat meminta bukti SK yang diberikan oleh Kementrian Pendidikan kepada pihak sekolah terkait.

2. Kurikulum yang Diterapkan dalam Lembaga Pendidikan

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan oleh Ayah dan Bunda dalam menentukan lembaga pendidikan yang terbaik untuk sang anak adalah kurikulum pendidikan yang ditawarkan oleh pihak sekolah.

Penerapan konsep kurikulum pendidikan yang unggul, tentunya akan menghasilkan produk lulusan yang unggul pula. Dewasa ini, lembaga-lembaga pendidikan banyak menawarkan perpaduan kurikulum antara kurikulum pendidikan dari Kementrian Pendidikan dan kurikulum unggulan yang disusun sendiri oleh pihak sekolah sesuai dengan ciri khasnya masing-masing.

Ayah dan Bunda dapat memperhatikan kurikulum pendidikan yang ditawarkan oleh lembaga pendidikan yang terbaik dengan detail. Sehingga dapat memilih dan menentukan sekolah yang kurikulumnya sesuai dengan kebutuhan anak Ayah dan Bunda.

Bina-Qurani-Memilih-Lembaga-Pendidikan-Terbaik-Photo-by-Pixabay-Pexels

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Memilih Lembaga Pendidikan Terbaik, Source: Photo by Pixabay Pexels

3. Tenaga Pengajar yang Profesional

Setelah memperhatikan kurikulum pendidikan yang ditawarkan oleh lembaga pendidikan yang terbaik, hal selanjutnya perlu diperhatikan Ayah dan Bunda adalah tenaga pengajar yang ada.

Ayah dan Bunda harus tahu apakah tenaga pengajar yang ada di dalam lembaga pendidikan tersebut berpengalaman, profesional, dan kompeten di dalam bidangnya. Profesionalitas dan kompetensi seorang tenaga pengajar sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran siswa.

Sebagus apapun kurikulum yang ditawarkan, apabila tenaga pengajarnya tidak profesional dan kompeten maka output yang dihasilkan juga kurang maksimal. Sehingga kurikulum pendidikan harus diimbangi dengan tenaga pengajar yang tepat.

4. Fasilitas yang Ditawarkan

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan dalam menentukan pilihan di antara lembaga-lembaga pendidikan yang terbaik adalah pelayanan dan fasilitas yang diberikan sekolah kepada peserta didiknya.

Fasilitas merupakan salah satu sarana penunjang yang dapat menjadi faktor sukses atau tidaknya proses pembelajaran di dalam sebuah lembaga pendidikan. Untuk itu, Ayah dan Bunda perlu memperhatikan dengan cermat fasilitas yang disediakan oleh lembaga pendidikan untuk peserta didiknya.

Ayah dan Bunda paham betul akan kebutuhan sang buah hati dalam kehidupan sehari-hari, terutama kebutuhan saat proses belajar. Apakah lembaga pendidikan A menyediakan fasilitas yang dibutuhkan sang anak, atau justru lembaga pendidikan B yang paling sesuai menyediakan fasilitas untuk kebutuhan anak.

Perhatikan dengan seksama, fasilitas apa saja yang diberikan oleh lembaga pendidikan yang terbaik, yang sekiranya dapat menunjang kelancaran proses belajar anak Ayah dan Bunda. Sehingga anak dapat belajar lebih fokus dan maksimal.

5. Lokasi Sekolah

Lokasi sekolah merupakan salah satu pendukung kesuksesan proses pembelajaran. Dengan lokasi sekolah yang asri, tenang dan jauh dari kebisingan kota akan memberikan ketenangan dalam proses belajar mengajar.

Terlebih lagi lembaga pendidikan saat ini, lebih banyak menawarkan agar peserta didik untuk tinggal di dalam Asrama yang disediakan (sebut saja Boarding School). Maka lokasi sekolah juga menjadi penting untuk dipertimbangkan oleh Ayah dan Bunda dalam memilih lembaga pendidikan yang terbaik untuk sang anak.

Jangan terburu-buru dalam menentukan sekolah yang tepat untuk sang anak, pertimbangkanlah secara seksama dan matang. Perhatikan hal-hal di atas agar tidak salah dalam memilih lembaga pendidikan yang terbaik.

Thumbnail Source: Photo by Pixabay Pexels

Artikel Terkait:
Pengertian Pendidikan Multikultural

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login