Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Memilih Sekolah Boarding

Bina-Qurani-Memilih-Sekolah-Boarding
Memilih Sekolah Boarding

Memilih sekolah boarding sebagai tempat untuk kelanjutan pendidikan sang buah hati sepertinya sedang menjadi tren bagi kalangan orang tua pada kurun waktu beberapa tahun terakhir. Hal inilah yang kemudian menjadi faktor kenapa sekolah boarding begitu cepat tumbuh dan berkembang di masa sekarang.

Hadirnya sekolah boarding ternyata menjadi solusi bagi para orang tua yang khawatir akan pergaulan anaknya pada masa remaja. Kita ketahui bersama bahwa pergaulan di era milenial ini menjadi momok tersendiri bagi orang tua, khususnya bagi mereka yang buah hatinya menginjak usia remaja.

Lalu apa sih alasan orang tua lebih memilih sekolah boarding ketimbang sekolah umum untuk sang buah hati?

Berikut ini kami sampaikan beberapa alasan yang menjadi latar belakang kenapa orang tua lebih memilih sekolah boarding untuk pendidikan buah hatinya. Yuk kita simak!

Bina-Qurani-Memilih-Sekolah-Boarding

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Memilih Sekolah Boarding, Source: Photo Created by Jasmin Merdan By Gettyimages 1023749892

Pengertian Sekolah Boarding

Sebelum membahas mengenai beberapa alasan orang tua memilih sekolah boarding, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu sekolah boarding.

Sekolah boarding atau boarding school adalah sekolah berasrama tingkat pra-universitas dimana seluruh siswanya tinggal di dalam asrama yang telah disediakan selama masa pendidikan berlangsung. Selain tinggal di dalam asrama, yang menjadi pembeda antara sekolah boarding dengan sekolah pada umumnya adalah penerapan dwi kurikulum.

Dwi kurikulum yaitu perpaduan antara Kurikulum Kementrian Pendidikan dan Kurikulum Keagamaan, dimana Kurikulum Keagamaan disusun sendiri oleh masing-masing sekolah sehingga secara rinci antara sekolah boarding yang satu dengan sekolah boarding yang lainnya berbeda-beda.

Sekolah boarding juga dapat dikatakan sebagai perpaduan antara sekolah tingkat lanjutan dengan pondok pesantren yang dikemas sedemikian rupa.

Selain mendapatkan pendidikan pesantren (tentang pembinaan keagamaan), siswa yang belajar di sekolah boarding juga memiliki beberapa kegiatan penunjang lain, seperti kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan minat dan bakat siswa serta dengan bimbingan para pengajar yang kompeten.

Gak heran kan, apabila banyak orang tua yang lebih memilih sekolah boarding untuk pendidikan anaknya. Lalu apa alasan mereka?

Bina-Qurani-Memilih-Sekolah-Boarding

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Memilih Sekolah Boarding, Source: Photo Created by Fat Camera From Gettyimages 1139790290

Beberapa Alasan Memilih Sekolah Boarding

Dengan mengetahui apa itu sekolah boarding sebagaimana yang telah disampaikan di atas, sebenarnya sudah cukup bagi kita untuk mengetahui kenapa orang tua lebih memilih sekolah boarding dibanding sekolah umum.

Namun untuk memperjelasnya, berikut kami uraikan beberapa alasan orang tua memilih sekolah boarding:

1. Memiliki Tujuan Yang Tinggi

Sekolah boarding merupakan sistem pendidikan formal yang mengadopsi dari sistem pendidikan pesantren. Di dalamnya terdapat kombinasi kurikulum pembelajaran, yaitu kurikulum kementrian pendidikan dan kurikulum keagamaan.

Penerapan dwi kurikulum ini tentunya tidak sembarangan, melainkan memiliki tujuan khusus demi pendidikan buah hati, seperti:

  • Membentuk peserta didik yang berkepribadian Islam.
  • Membentuk peserta yang bermanfaat untuk bangsa dan agama.
  • Membentuk peserta didik yang terampil dalam ilmu agama dan juga ilmu dunia.

Tujuan inilah yang menjadi salah satu alasan orang tua memilih sekolah boarding sebagai tempat bagi anaknya untuk menuntut ilmu.

Bina-Qurani-Memilih-Sekolah-Boarding

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Memilih Sekolah Boarding, Source: Photo by Pok Rie Pexels

2. Program Pendidikan Paripurna

Secara umum, sekolah-sekolah reguler lebih konsentrasi pada kegiatan yang bersifat akademis semata, sehingga banyak aspek kehidupan yang tidak tersentuh oleh anak. Kenyataan ini terjadi karena keterbatasan waktu yang dimiliki oleh sekolah reguler dalam pengelolaan program pendidikan.

Sementara itu, sekolah boarding menawarkan pelayanan yang lebih istimewa, mulai dari perancangan progam pendidikan yang komprehensif-holistic, program pendidikan keagamaan, academic development, dan life skill baik soft skill maupun hard skill.

Disamping itu, pembelajaran yang diberikan juga tidak hanya sebatas teoritis saja, tapi juga implementasinya dalam kehidupan sehari-hari.

3. Fasilitas Lengkap

Sekolah boarding mempunyai fasilitas yang lebih lengkap dibanding dengan sekolah umum. Fasilitas ini dapat kita temui mulai dari fasilitas sekolah seperti ruang kelas yang nyaman, laboraturium, klinik, sarana olah raga, perpustakaan, kebun dan ruang terbuka hijau.

Sementara fasilitas yang terdapat di asrama adalah kamar yang bersih, rapi, dan lengkap dengan segala kebutuhan peserta didik. Juga tersedia fasilitas dapur, mulai dari makanan, snack, dan minuman yang sehat lagi bergizi tinggi.

Keunggulan ini juga menjadi salah satu alasan kenapa orang tua lebih memilih sekolah boarding untuk pendidikan anaknya.

Bina-Qurani-Memilih-Sekolah-Boarding

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Memilih Sekolah Boarding, Source: Photo by Andri Helmansyah On Unsplash

4. Pengajar Yang Berkualitas

Seleksi ketat yang dilakukan oleh sekolah boarding dalam menyaring pengajar, merupakan bentuk kesungguhan dalam upaya menyediakan pengajar yang berkualitas untuk peserta didik.

Kecerdasan intellectual, sosial, spiritual, dan kemampuan pedagogis metodologis harus dimiliki setiap pengajar di sekolah boarding. Ditambang lagi kemampuan berbahasa asing seperti bahasa inggris, arab, mandarin, turki dan bahasa asing lainnya.

5. Ekstrakulikuler yang Sesuai dengan Minat dan Bakat Siswa

Sekolah boarding juga memberikan keluasan kepada seluruh peserta didik untuk mengikuti kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan minat dan bakat siswa.

Tujuan dari kegiatan-kegiatan tersebut adalah untuk memfasilitasi minat dan bakat peserta didik yang cukup variatif, sehingga output yang dihasilkan tidak hanya mumpuni dari sisi kognitif dan afektif tetapi juga secara psikomotorik mampu berkompetisi dengan lulusan-lulusan sekolah umum lainnya.

Itulah lima alasan yang menjadi faktor kenapa orang tua lebih memilih sekolah boarding dibandingkan sekolah umum untuk pendidikan buah hatinya.

Thumbnail Source: Photo Created by Jasmin Merdan by Gettyimages 914801148

Artikel Terkait:
Lembaga Pendidikan Yang Terbaik

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
Login