Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Menerapkan Positif Parenting pada Anak

Bina-Qurani-Menerapkan-Positif-Parenting-Pada-Anak
Menerapkan positif parenting pada anak

Mengasuh dan mengasihi anak merupakan kewajiban selaku orang tua. Seorang anak memang perlu bimbingan dan arahan dari setiap orang tua, mulai anak usia dini hingga sang anak mengerti akan arti kehidupan.

Untuk mendidik dan membesarkan anak dengan baik, orang tua harus paham cara mengasuh anak-anaknya. dan pola asuh orang tua sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Oleh karena itu menerapkan positif parenting pada anak merupakan sesuatu yang amat penting.

Parenting merupakan pola interaksi antara anak dengan orang tua. Hal ini bukan hanya meliputi pemenuhan kebutuhan fisik dan kebutuhan psikologis, tetapi juga berkaitan dengan penanaman norma-norma yang berlaku di masyarakat agar anak dapat hidup selaras dengan lingkungan.

Positif parenting adalah pola asuh yang dilakukan secara suportif, konstruktif dan menyenangkan. Suportif artinya memberi perlakuan yang mendukung perkembangan anak. Konstruktif artinya bersikap positif dengan menghindari kekerasan atau hukuman. Menyenangkan artinya menerapkan disiplin dengan kasih sayang dan penuh perhatian.

Dalam menerapkan positif parenting pada anak dilakukan berdasarkan prinsip kasih sayang, saling menghargai, melindungi hak anak, hingga terbangunnya hubungan hangat, bersahabat dan ramah antara anak dan orang tua.

Menerapkan positif parenting pada anak berperan penting untuk menunjang proses tumbuh kembang anak. Mulai dari meningkatkan kualitas interaksi anak dan orang tua, mencegah munculnya perilaku-perilaku menyimpang, hingga dapat mendeteksi kelainan tumbuh kembang anak sejak dini.

Bina-Qurani-Menerapkan-Positif-Parenting-Pada-Anak

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Menerapkan Positif Parenting Pada Anak, Source: Photo by Timur Pexels

Pola Asuh Positif Parenting pada Anak

Pola asuh yang baik juga dapat membantu menumbuhkan rasa kepedulian, kejujuran, kemandirian dan keceriaan pada anak. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan berkenaan dengan menerapkan positif parenting pada anak:

1. Menjadi Panutan yang Baik Bagi Anak

Anak merupakan peniru yang ulung, dan anak akan cenderung meniru apa yang orang tuanya lakukan. Oleh karena itu, menjadi panutan yang baik bagi anak adalah salah satu cara mendidik anak yang paling penting dilakukan oleh para orang tua.

Ketika orang tua ingin menanamkan karakter positif pada anak, berilah contoh pada mereka. Misalnya dengan senantiasa berkata jujur, berperilaku serta bertutur kata yang baik dan santun kepada orang lain serta hal positif lainnya. Selain itu, tunjukan kepada anak cara hidup sehat, seperti makan sayur dan buah setiap, membuang sampah pada tempatnya dan lainnya.

2. Luangkan Waktu Untuk Anak

Anak-anak yang kurang mendapat perhatian dari orang tuanya, cenderung akan melakukan tindakan yang tidak baik. Biasanya, mereka melakukan tindakan tersebut untuk mendapatkan perhatian lebih. Jadi sesibuk apapun orang tua, usahakan senantiasa meluangkan waktu untuk bersama sang anak.

Dalam hal menerapkan positif parenting pada anak berkenaan dengan meluangkan waktu untuk mereka, bukan berarti orang tua harus terus menerus bersama anak. Meluangkan waktu bisa dilakukan dengan menjalin hubungan berkualitas seperti makan bersama, mengantarnya berangkat ke sekolah dan lain semisalnya.

Bina-Qurani-Menerapkan-Positif-Parenting-Pada-Anak

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Menerapkan Positif Parenting Pada Anak, Source: Photo by Chanikarn Thongsupa Rawpixel

3. Tumbuhkan Sifat Kemandirian pada Anak

Melatih anak agar mandiri dapat ditanamkan dengan cara memberikan anak kepercayaan, kesempatan dan apresiasi. Misalnya, dengan mengajarkan anak untuk merapihkan tempat tidurnya sendiri, menyiapkan perlengkapan sekolahnya sendiri dan semisalnya. Jika sang anak dapat melaksanakannya  dengan baik berikan hadiah, sanjungan atau apresiasi lainnya.

Saat anak memasuki masa remaja, hendaknya orang tua mendukung dan membantu anak untuk menyelesaikan masalah pribadinya dengan berdiskusi dan mengarahkan pikiran anak untuk mengambil sikap terbaik. Dan jangan lupa, tunjukan apresiasi dan kasih sayang pada setiap usaha dan keberhasilannya.

4. Tentukan Peraturan dengan Menyertai Alasannya

Menerapkan peraturan bisa membantu anak untuk belajar mengendalikan diri dan membedakan perilaku baik dan buruk. Ketika membuat peraturan, jelaskan alasan mengapa peraturan tersebut dibuat. Hendaknya orang tua selalu konsisten dalam menerapkan peraturan yang telah dibuat. Jika tidak konsisten maka biasanya anak akan meremehkan.

Mendisiplinkan anak memang penting tapi tidak dengan cara kekerasan, seperti melontarkan kata-kata kasar atau bahkan memukulnya. Anak yang terbiasa dipukul orang tuanya cenderung lebih suka berkelahi dan melakukan kekerasan untuk menyelesaikan masalah dengan teman-temannya.

Menerapkan positif parenting pada anak, memang tidak semudah yang dibayangkan. Oleh karena itu dalam pelaksanaannya akan lebih baik jika orang tua fokus pada hal yang paling perlu diperhatikan terlebih dahulu.

Artikel Terkait:
Manfaat Parenting

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
Login