Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Mengapa Belajar Di Islamic Boarding School

Saat ini banyak berdiri sekolah dengan sebutan Islamic Boarding School. Pada hakikatnya Islamic Boarding School tidak berbeda dengan pondok pesantren. Sekalipun memang terdapat perbedaan di antara keduanya. Tetapi secara prinsip sama, yaitu sekolah yang siswanya tinggal di asrama sekolah. Baik sekolah dengan sebutan Islamic Boarding School maupun pondok pesantren, keduanya merupakan lembaga pendidikan yang patut dipertimbangkan oleh setiap orang tua yang mendambakan anaknya menjadi anak yang saleh.

Berikut ini adalah alasan-alasan yang harus dipertimbangkan oleh orang tua untuk menyekelolahkan anaknya di sekolah Islamic Boarding School:

  1. Kesalehan dan ketakwaan anak

Tujuan utama pendidikan di Islamic Boarding School adalah membentuk siswa- siswi menjadi anak saleh/salehah dan bertakwa. Lingkungan, guru, teman, dan materi pelajaran di Islamic Boarding School mendukung pembentukan kesalehan dan ketakwaan anak. Hal ini tentu agak sulit di temukan di sekolah yang bukan Boarding School karena tantangan hidup di tengah-tengah masyarakat jauh lebih berat. Terutama pergaulan bebas yang menjadi sebab utama merusak pendidikan di sekolah-sekolah karena anak lebih banyak bergaul dengan lingkungan dibanding dengan guru.

  1. Pembentukan akhakul karimah

Pembentukan akhlakul karimah di Islamic Boarding School lebih terkawal dibanding sekolah-sekolah lain sekalipun tidak menjamin sepenuhnya. Selain motivasi yang terus-menerus, para ustaz dan guru di Islamic Boarding School 24 jam mengawal akhlak para siswa dan siswi. Sedangkan di sekolah umum tidak mendapatkan pengawalan 24 jam tersebut. Ditambah dengan warga yang tinggal Islamic Boarding School saling mendukung membentuk pribadi yang berakhlakul karimah.

  1. Lingkungan yang kondusif

Lingkungan merupakan  sebab utama sukses dan gagalnya masa depan anak. Lingkungan yang sudah tercemar dengan pergaulan bebas pasti menghambat atau bahkan merusak proses belajar anak. Hal ini tentu berbeda dengan lingkungan Islamic Boarding School. Lingkungan Islamic Boarding School menjadi benteng anak dari pergaulan bebas dan dapat meminimalisir dampak buruk pergaulan bebas.

  1. Terjaga dari pergaulan bebas

Pergaulan bebas menjadi ancaman yang maha dahsyat bagi setiap orang tua. Obat-obatan terlarang, minuman keras, tawuran, perzinaan, dan prilaku menyimpang lainnya selalu mengoda sang anak yang semangat mencari jati diri. Sedangkan lingkungan Islamic Boarding School memagari ancaman itu semua dengan berbagai aturan dan pengawasan pada gurunya yang stanby 24 jam. Tidak sedikit para orang tua menyekolahkan anaknya di Islamic Boarding School hanya agar anaknya terjaga dari pergaulan bebas.

  1. Fokus belajar

Belajar di Islamic Boarding School sangat membantu fokus siswa-siswi dalam belajar. Lingkungan yang kondusif di Islamic Boarding School membuat para siswa siswi nyaman belajar. Tidak ada beban dan tuntutan pada anak kecuali hanya belajar dan belajar. Jadwal kegiatan dari bangun tidur hingga tidur sudah diatur sedemikian rupa oleh pihak manajemen Islamic Boarding School dengan pengawasan yang cukup ketat.

  1. Mandiri

Islamic Boarding School mendidik para siswa siswi menjadi anak yang mendiri. Berbagai kegiatan di Islamic Boarding School melatih anak menjadi anak yang mandiri. Jauhnya anak dari orang tua tentu memacu anak hidup mandiri, tidak selalu bergantung pada bantuan orang tua. Kemandirian ini menjadi keistimewaan pendidikan di Islamic Boarding School. Pendidikan kemandirian ini diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari pengelolaan kehidupan sehari-hari seperti merawat kebersihan tempat tidur, makan dan minum, menyiapkan pakaian, dan lain-lain. Termasuk di antaranya para siswa-siswi senior yang ikut terlibat membimbing juniornya dalam kegiatan belajar-mengajar.

TAGS
Tidak ada tags.
Login