Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Mengapa Harus Belajar Islam

Setiap muslim wajib belajar Islam sebagai konsekuensi atas status keislamannya. Tanpa belajar seseorang tidak akan beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan benar. Dapat dipastikan akan terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam beribadah tatkala seseorang tidak memiliki ilmu akan ibadah yang dijalaninya. Ilmu yang minimal wajib untuk dipelajari oleh setiap muslim dalam belajar Islam adalah ilmu yang berkaitan dengan apa-apa yang menjadi kewajiban atas dirinya. Seperti ilmu tentang tauhid sebagai konsekuensi syahadar, salat, dan puasa Ramadan serta lainnya yang diwajibkan pada setiap muslim.

Perlu diketahui bahwa alasan utama mengapa setiap muslim wajib belajar Islam adalah untuk menghilangkan kebodohan dalam dirinya. Dengan belajar ia akan mengetahui bagaimana beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan bagaimana cara mengikuti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang benar. Belajar Islam juga merupakan ibadah. Sebagian ulama mengatakan bahwa “ilmu itu adalah salat secara rahasia dan ibadah hati.” Karena ilmu yang benar akan menjadikan seseorang takut kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Imam Ahmad ibn Hanbal pernah mengatakan bahwa “Inti ilmu itu adalah rasa takut kepada Allah.” Perkataan beliau ini sesuai dengan firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam surat Fatir ayat 28, “Di antara hamba-hamba Allah yang takut kepada-Nya hanyalah ulama.” Maka belajar Islam bertujuan agar seseorang menjadi hamba yang takut kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Takut kepada Allah berarti menjalankan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya dan inilah tujuan utama belajar Islam.

Keharusan belajar Islam itu sendiri sebenarnya telah diperintahkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis dari Anas ibn Malik radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Menuntut ilmu itu hukumnya wajib bagi setiap muslim.” (HR. Ibnu Majah)

Terdapat banyak sekali keutamaan yang patut dijadikan sebagai dasar motivasi seseorang dalam belajar Islam. Di antaranya adalah “Barangsiapa meniti suatu jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan untuknya jalan menuju surga.” (HR. Tirmidzi dan Ahmad) “Barangsiapa keluar untuk menuntut ilmu, maka ia berada di jalan Allah hingga pulang.” (HR. Tirmidzi) dan “Barangsiapa yang dikehendaki atasnya kebaikan oleh Allah, maka ia akan dipahamkan tentang masalah agama.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

TAGS
#Belajar Islam #Islamic Boarding School #Pendidikan
Login