Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Mengenal Big Data Dan Data Science

Bina-Qurani-Mengenal-Big-Data-dan-Data-Science
Mengenal Big Data Dan Data Science

Data merupakan salah satu hal paling penting dalam kehidupan seseorang. Terutama bagi mereka yang bergelut di bidang industri, pendidikan, bisnis dan penelitian.

Di era yang serba digital seperti sekarang ini misalnya, banyak platform digital yang mulai berkembang dan mengepakkan sayapnya untuk memulai persaingan di dunia industri digital. Hal tersebut tentu memberikan dampak pada jumlah peningkatan data yang tersimpan secara digital. Data dalam jumlah besar inilah yang kemudian dikenal dengan istilah big data.

Data yang tersimpan dengan volume besar tersebut, masih belum bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk kegiatan apapun sampai terjadinya proses pengolahan data. Untuk melakukan proses pengolahan data, diperlukan adanya kemampuan dan keterampilan khusus mengolah data.

Kemampuan dan keterampilan dalam mengolah data inilah yang disebut dengan data science.

Big data dan data science memiliki keterkaitan yang sangat erat dalam perkembangan suatu perusahaan. Oleh karena itu, bagi seseorang yang sedang memulai merintis bisnisnya, perlu kiranya untuk mulai mempelajari serta mengenal big data dan data science lebih dalam.

Bina-Qurani-Mengenal-Big-Data-dan-Data-Science

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Mengenal Big Data dan Data Science, Source: Photo by Panumas Nikhomkhai Pexels

Mengenal Big Data dan Data Science Lebih Dalam

Dengan mengenal big data dan data science lebih dalam, memungkinkan seseorang untuk melakukan perencanaan, mengambil keputusan, dan melakukan evaluasi bisnis yang sedang di jalankan. Maka, pada kesempatan kali ini kami coba untuk menuliskan tentang apa itu big data dan data science, agar para pembaca dapat lebih mengenal big data dan data science.

1. Big Data

Big data merupakan suatu fenomena yang tidak dapat dihindari di tengah perkembangan arus teknologi dan penggunaan data pada era transformasi digital seperti sekarang ini. Konsep big data mungkin belum banyak dipahami, namun manfaat big data ternyata sudah banyak dirasakan bagi pengguna internet.

Terkait apa itu big data, para ahli dalam bidang data mempunyai pendapatnya masing-masing terkait definisi big data. Berikut beberapa pendapat para hali tentang definisi big data:

a. Eaton, Dirk, Tom, George, dan Paul

Menurut Eaton, Dirk, Tom, George, dan Paul, big data adalah istilah yang berlaku untuk informasi yang tidak dapat diproses atau dianalisis menggunakan alat tradisional.

b. Gartner

Menurut Gartner, big data adalah sekumpulan data yang bervariasi dan sangat besar. Data ini berasal dari volumenya yang terus meningkat serta kecepatan bertambahnya data yang terus meninggi.

c. Dumbill

Definisi tentang apa itu big data juga disampaikan oleh Dumbill pada tahun 2012. Dumbill mengatakan bahwa, big data adalah data yang melebihi porses kapasitas sistem database yang ada. Data tersebut terlalu besar dan terlalu cepat atau tidak sesuai dengan struktur arsitektur database yang ada.

Maka, berdasarkan beberapa pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa big data adalah himpunan data yang sangat besar, kompleks, dan terus bertambah setiap waktu. Data ini didapatkan dari aktivitas rutin yang dilakukan melalui internet dengan tujuan untuk keuntungan pribadi maupun bisnis.

Big data juga dapat dikatakan sebagai mahadata yang merupakan limpahan data dengan ukuran yang sangat besar, melebihi daya tampung konvensi sistem database yang ada. Pengelolaan big data berbeda dengan data biasa, dan membutuhkan perangkat khusus, karena tidak bisa diproses menggunakan perangkat pengelolaan data konvensional.

Bina-Qurani-Mengenal-Big-Data-dan-Data-Science

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Mengenal Big Data dan Data Science, Source: Photo by Lukas Pexels

2. Data Science

Data science adalah disiplin ilmu yang menggabungkan antara ilmu matematika dan statistik dengan ilmu komputer, yang bertujuan untuk menganalisa data dari himpunan-himpunan data yang ada. Baik himpunan data dalam skala yang kecil, maupun dalam skala yang besar, serta mengaplikasikan algoritma tertentu untuk menggali data dan mendapatkan pola data.

Hal ini dilakukan untuk melakukan perdiksi data dengan cukup akurat, sehingga bermanfaat dalam membantu mengambil keputusan bisnis. Selain itu juga dapat digunakan dalam membuat sistem artificial intelligence yang dapat terus belajar dengan sendirinya.

Kemampuan yang dibutuhkan dalam data science

Ada beberapa kemampuan dan keahlian yang harus dimiliki serta dipelajari oleh orang-orang yang bergelud di bidang data science, sebagai berikut:

a. Mengetahui Ilmu Statistik

Pengetahuan tentang statistik dan pengalaman dalam menggunakan paket statistik dalam melakukan analisa data set seperti Microsoft Excel, Tableau, Microsoft Power BI, SPSS, Stata, dan SQL, merupakan ilmu yang harus dikuasai oleh seorang data science.

b. Memiliki Pengetahuan Pelaporan Yang Kuat

Sebagai seorang data science, setiap kalian juga dituntut untuk memiliki pengetahuan dan pengalaman yang kuat terkait dengan paket pelaporan objek bisnis, basis data, dan pemrograman.

c. Kemampuan Analisa Kuat

Seorang data science wajib memiliki kemampuan analisis yang kuat, baik kemampuan mengumpulkan, mengorganisasikan, maupun kemampuan menyebarkan sejumlah besar informasi dengan memperhatikan detail dan keakuratannya.

d. Memiliki Pengetahuan Bisnis

Selain dapat menganalisa data, seorang data science sebaiknya memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam menilai kemajuan bisnis. Hal ini bertujuan agar insight yang diberikan dapat sejalan dengan bisnis yang akan dikembangkan.

e. Mengetahui Model Data

Seorang data science harus memiliki keahlian teknis yang berkaitan dengan model data, pengembangan desain basis data, teknik data mining dan segmentasi data tersebut.

f. Penyajian Laporan

Hal terakhir yang perlu sekiranya dimiliki oleh seorang data analyst adalah menguasai pertanyaan, menulis laporan dan dapat menyajikan temuan berdasarkan data yang akuran dan sesuai tren.

Demikianlah pembahasan ringkas tentang apa itu big data dan data science. Semoga pembahasan ini dapat menambah wawasan kalian, sehingga dapat lebih mengenal big data dan data science.

Thumbnail Source: Photo by Anna Nekrashevich Pexels

Artikel Terkait:
Karakteristik Big Data

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login