Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Mengenal Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Bina-Qurani-Mengenal-Teknologi-Informasi-Dan-Komunikasi-
Mengenal Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan banyak kontribusi terhadap perbaikan sosial dan ekonomi. diantara dampak positifnya seperti membantu peningkatan produktivitas, menambah lapangan kerja baru dan meningkatkan akses ke kualitas hidup yang lebih baik.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama untuk lebih mengenal teknologi informasi dan komunikasi. Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Informasi adalah kumpulan data yang saling terkait dan telah diproses secara kompleks. Data-data yang tercatat dan saling terkait dikumpulkan kemudian diolah melalui proses sehingga menghasilkan informasi yang tepat dan akurat.

Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian informasi berupa pesan, ide atau gagasan dari satu pihak ke pihak lain. Komunikasi dilakukan agar terjadi saling mempengaruhi diantara pihak yang saling berkomunikasi.

Bina-Qurani-Mengenal-Teknologi-Informasi-Dan-Komunikasi-

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Mengenal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Source: Photo by Josh S Pexels

Sedangkan terkait dengan mengenal teknologi informasi dan komunikasi adalah segala kegiatan yang berhubungan dengan pemrosesan, pengelolaan dan penyampaian atau pemindahan informasi antar media.

Sistem teknologi informasi dan komunikasi umumnya menjelaskan tentang sistem informasi, sistem komunikasi dan sistem komputer. Termasuk didalamnya perangkat keras, perangkat lunak, dan peralatan peripheral atau perangkat tambahan yang dioperasikan oleh sekelompok orang.

Dalam mengenal teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya terkait internet dan seluler yang didukung jaringan nirkabel saja. Cakupan teknologi informasi dan komunikasi sangat luas. Mulai dari teknologi lama seperti telepon rumah, siaran radio dan televisi hingga perangkat yang jauh lebih mutakhir seperti Artificial Intelegence dan robotik.

Teknologi informasi dan komunikasi mengacu pada semua teknologi yang digunakan untuk menangani telekomunikasi, media penyiaran, sistem manajemen, sistem pemrosesan transmisi audio visual, fungsi kontrol, serta pemantauan berbasis jaringan.

Bina-Qurani-Mengenal-Teknologi-Informasi-Dan-Komunikasi-

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Mengenal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Source: Photo by Pavel Pexels

Untuk lebih mengenal teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berikut ulasan terkait sejarah dan perkembangan TIK. Pertama temuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875. Temuan ini kemudian berkembang menjadi pengadaan jaringan komunukasi dengan kabel yang meliputi seluruh daratan Amerika. Bahkan kemudian diikuti pemasangan kabel komunikasi trans-Atlantik.

Jaringan telepon ini merupakan infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global. Antara tahun 1910-1920, perkembangan TIK ditandai dengan sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio yang pertama. Komunikasi siaran radio inipun berkembang pesat. Kemudian diikuti oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an.

Komputer elektronik juga sebagai wujud perkembangan TIK, beroperasi pertama kali pada tahun 1943. Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu (intregated electronics) pada tahun 1957.

Perkembangan tenologi elektronika yang merupakan cikal bakal TIK saat ini, mendapatkan momen emasnya pada era Perang Dingin. Persaingan IPTEK antara blok Barat (Amerika Serikat) dan blok Timur (Uni Soviet) justru memacu perkembangan teknologi elektronika. Lewat upaya miniaturisasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat ruang angkasa maupun mesin-mesin perang.

Bina-Qurani-Mengenal-Teknologi-Informasi-Dan-Komunikasi-

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Mengenal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Source: Photo by Athena Pexels

Miniaturisasi komponen elektronik melalui penciptaan rangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan mikroprosesor. Mikroprosesor inilah yang menjadi “otak” perangkat keras komputer dan terus berevolusi sampai sekarang.

Perangkat telekomunikasi berkembang pesat saat teknologi digital mulai digunakan menggantikan teknologi analog. Digitalisasi perangkat komunikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkat komputer yang sejak awal merupakan perangkat yang mengadopsi teknologi digital. Produk hasil konvergensi inilah yang saat ini muncul dalam bentuk telepon seluler.

Dan TIK terus berkembang hingga kisaran tahun 1990-2000 istilah konvergensi teknologi menjadi slogan untuk menggambarkan cara TIK baru. Yakni untuk menyatukan apa yang sebelumnya masih berupa media komunikasi yang terpisah seperti telepon suara, radio, TV, surat kabar dan data komputer menjadi satu media yaitu internet dengan kapasitas tinggi.

Karena TIK terus meningkat dan internet terus meluas maka aplikasi jaringan berbasis perangkat lunak mulai diterapkan dan terus dikembangkan hingga saat ini. Demikian sedikit ulasan untuk lebih mengenal teknologi informasi dan komunikasi.

Thumbnail Source: Photo by Tara W Pexels

Artikel Terkait:
Modern Smart Technology: Pengertian, Contoh, dan Manfaatnya

TAGS
#Augmented Reality #Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Virtual Reality #Web Design #Web Developer
Login