Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Menghitung Dana Pendidikan Anak

Bina-Qurani-Menghitung-Dana-Pendidikan-Anak
Menghitung Dana Pendidikan Anak

Dana pendidikan anak merupakan dana yang dipersiapkan oleh keluarga untuk kebutuhan pendidikan bagi anak-anak mereka. Pengumpulan dana pendidikan adalah hal penting dan mutlak, yang harus dilakukan oleh setiap keluarga.

Meskipun dana pendidikan telah disadari sebagai hal yang penting, namun dalam banyak keluarga hal ini masih sering terlewatkan untuk direncanakan sejak awal. Terlewatnya perencanaan ini terjadi karana adanya beberapa kendala seperti adanya kesulitan dalam perhitungan yang dilakukan.

Oleh karena itu, untuk mengatasi keculitan yang seringkali dihadapi oleh banyak keluarga adalah dengan membuat program perhitungan perkiraan kebutuhan dana pendidikan untuk anak. Berikut kami uraikan beberapa cara untuk menghitung dana pendidikan anak.

Bina-Qurani-Menghitung-Dana-Pendidikan-Anak

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Menghitung Dana Pendidikan Anak, Source: Photo by Sultan R Pexels

Cara Menghitung Dana Pendidikan Anak

Setiap keluarga tentu menyadari akan pentingnya persiapan biaya pendidikan untuk sang anak. Namun, perlu diingat juga bahwa untuk mempersiapakan dana pendidikan anak tidak hanya sekedar persiapan saja melainkan kita juga harus benar benar mengetahui berapa kira-kira jumlah yang harus dipersiapan untuk pendidikan anak.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh orang tua, untuk menghitung dana pendidikan anak:

1. Melakukan Riset Sekolah

Langkah awal yang harus dilakukan untuk menghitung dana pendidikan anak adalah dengan melakukan riset terhadap sekolah yang akan dituju.

Untuk saat ini, pilihan sekolah sudah begitu beragam. Disamping terdapat banyak sekolah negeri, di Indonesia juga terdapat banyak sekolah swasta yang tidak kalah bagusnya. Mulai dari sekolah nasional plus, sekolah internasional, sekolah regular, maupun sekolah berasrama.

Pemilihan sekolah untuk anak, tentu juga akan mempengaruhi dana pendidikan yang dibutuhkan. Jadi, melakukan riset sekolah merupakan hal yang penting dan harus dilakukan oleh orang tua, agar mengetahui biaya yang diberlakukan di masing-masing sekolah.

Bina-Qurani-Menghitung-Dana-Pendidikan-Anak

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Menghitung Dana Pendidikan Anak, Source: Photo by Polina Pexels

2. Menghitung Dana Pendidikan di Masa Sekarang

Setelah melakukan proses riset dan mendapatkan daftar biaya dari sekolah impian untuk si kecil, maka langkah berikutnya adalah menghitung biaya pendidikan anak

Perhitungan dana pendidikan ini dibagi sesuai dengan tingkatan pendidikannya, mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi. Sebab, masing-masing tingkatan pendidikan tentunya mempunyai waktu dan cara yang berbeda dalam menabung.

Apabila kita memiliki gaji bulanan tetap, maka untuk dana pendidikan di jenjang TK hingga SMA hanya perlu memperhitungkan uang pangkal masuk saja. Sedangkan uang bulanan sekolah dapat diambil dan disisihkan dari penghasilan bulanan. Namun jika kita tidak memiliki gaji tetap, maka kita juga harus menghitung uang bulanan sekolah di perhitungan awal.

Sementara itu, untuk jenjang perguruan tinggi, penghitungan dana pendidikan dapat dilakukan sejak anak masuk kuliah sampai dengan kelulusan. Dengan begitu biaya perhitungan bisa mencakup semua sekolah pilihan yang akan dituju.

3. Menghitung Dana Pendidikan di Masa Depan

Untuk menghitung dana pendidikan anak, tidak hanya mengacu pada boaya yang dibutuhkan pada masa sekarang saja. Namun, perlu dipikirkan pula untuk masa yang akan mendatang.

Secara konsisten, dana pendidikan mengalami kenaikan setiap tahunnya. Terlebih lagi apabila terjadi inflasi, bisa menyebabkan biaya pendidikan naik lebih tinggi di luar prediksi dan perkiraan kita.

Oleh karena itu, menghitung dana pendidikan anak di masa depan juga perlu dilakukan sedari sekarang.

Bina-Qurani-Menghitung-Dana-Pendidikan-Anak

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Menghitung Dana Pendidikan Anak, Source: Photo by Dids Pexels

4. Menyiapkan Tabungan Pendidikan Anak

Setelah merencanakan penghitungan dana pendidikan di masa sekarang dan di masa depan, langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan tabungan pendidikan anak.

Menyiapkan tabungan pendidikan anak dengan tepat akan membantu mempermudah orang tua dalam mengelola keuangan, dan mencapai angka yang telah anda temukan dari proses menghitung dana pendidikan anak.

Dengan perhitungan yang matang akan mengantarkan kita untuk mendapatkan rincian biaya pendidikan yang akurat, atau setidaknya mendekati biaya yang dibutuhkan. Oleh karena itu menghitung dana pendidikan anak bagi sangat penting dipersiapkan sedari dini.

Thumbnail Source: Photo by Joslyn Pexels

Artikel Terkait:
Peran Orang Tua dalam Pendidikan

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu Adab #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Peran Orang Tua dalam Pendidikan #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam
Login