Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Menjauhkan Gadget pada Anak

Bina-Qurani-Menjauhkan-Gadget-pada-Anak
Menjauhkan Gadget pada Anak

Gadget merupakan suatu perangkat elektronik yang mempunyai berbagai fungsi khusus. Perangkat ini dapat digunakan dengan mudah dan praktis untuk membantu penggunanya dalam melakukan pekerjaan, melakukan komunikasi, mencari hiburan, serta melakukan pekerjaan yang lainnya.

Adapun beberapa jenis gadget yang sering digunakan untuk menunjang aktivitas manusia antara lain yaitu smartphone, iphone, tablet, ipad, smart watch, smart tv, netbook, dan lain sejenisnya.

Penggunaan gadget pada masa ini, tidak hanya digunakan oleh para remaja dan orang-orang dewasa saja. Anak-anakpun sudah mulai terlihat banyak yang menggunakan gadget dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Mulai dari anak-anak yang sudah duduk di bangku SD maupun yang masih duduk di taman kanak-kanak, hingga yang masih balita kini banyak yang sudah memiliki gadget sendiri.

Adapun alasan orang tua memberikan gadget kepada anak sangatlah klasik, yaitu agar anak tidak rewel, agar anak melek digital, atau sebagai sarana hiburan dan sarana belajar agar anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan zamannya. Namun, dibalik manfaat dan hiburan yang bisa didapatkan oleh sang anak, ternyata juga terdapat banyak dampak negatif gadget pada anak.

Penggunaan gadget yang berlebihan tanpa adanya batasan dari orang tua, akan menyebabkan kecanduan pada anak. Kecanduan gadget dapat mengalihkan anak dari dunia nyata, karena mereka terlalu sibuk dengan dunia maya. Hal ini tidak boleh dianggap sepele, pasalnya penggunaan gadget secara berlebihan akan berdampak buruk pada Kesehatan fisik dan mentalnya.

Oleh karena itu, sebagai orang tua kita harus pandai-pandai untuk menjauhkan gadget pada anak.

Bina-Qurani-Menjauhkan-Gadget-pada-Anak

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Menjauhkan Gadget pada Anak, Source: Photo by Kampus Pro Pexels

Tips Bijak Menjauhkan Gadget Pada Anak

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, meskipun gadget memberi begitu banyak manfaat dan keuntungan bagi penggunanya. Namun, gadget juga dapat memberikan dampak negatif dan berbagai kerugian pada pengguna apabila digunakan secara berlebihan serta tidak bijak dalam penggunaannya.

Oleh karena itu, orang tua harus bijak dalam mengatur dan menjauhkan gadget pada anak. Berikut adalah beberapa bijak menjauhkan gadget pada anak:

1. Mengatur Waktu Penggunaan Gadget

Salah satu cara untuk menjauhkan anak dari gadget adalah dengan mengatur waktu penggunaan gadget pada anak. Memberikan waktu khusus penggunaan gadget pada anak, dapat dilakukan untuk menjauhkan dan membatasi penggunaan gadget oleh si kecil agar tidak kecanduan gadget.

Untuk mengatur jadwal penggunaan gadget, orang tua dapat membuat sebuah peraturan dan kesepakatan dengan sang anak terkait waktu penggunaan. Orang tua dan anak dapat melakukan kesepakatan tentang waktu-waktu dimana sang anak boleh bermain menggunakan gadget, dan waktu-waktu dimana sang anak tidak boleh menyentuh gadget tersebut.

2. Temani Anak Menghabiskan Waktu Luang dengan Kegiatan Positif

Temani sang anak untuk menghabiskan waktu luangnya dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif tanpa gadget di genggaman. Mulai dari menciptakan permainan yang seru dan menarik seperti bermain puzzle, membaca cerita, bermain tebak-bebakan dan permainan yang lain.

Pendampingan orang tua dalam mengisi waktu luang anak tentu sangat bermanfaat bagi anak. Selain dapat menjauhkan anak dari gadget, aktivitas ini juga akan meningkatkan kenyamanan dan memupuk rasa kasih sayang antar anak dan orang tua.

Bina-Qurani-Menjauhkan-Gadget-pada-Anak

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Menjauhkan Gadget pada Anak, Source: Photo by Anthony S Pexels

3. Berikan Contoh yang Baik Kepada Anak

Selain menemani anak untuk menghabiskan waktu luang dengan kegiatan-kegiatan positif dan tanpa gadget, orang tua juga harus memberikan contoh yang baik dalam menggunakan gadget secara bijak. Orang tua merupakan teladan, yang menjadi cerminan utama seorang

Oleh karena itu, ketika orang tua sudah komitmen untuk mengurangi dan menjauhkan gadget pada anak, maka sebagai orang tua juga harus lebih komitmen dalam mengatur penggunaan gadget pada diri sendiri. Jangan sampai kita sudah berkomitmen menjauhkan gadget pada anak, namun kita juga yang justru berlebihan dan kecanduan dalam menggunakan gadget.

4. Memberikan Pengetahuan Dampak Negatif penggunaan Gadget

Setelah mengatur jadwal bermain gadget, memberi contoh yang baik, dan mendampingi anak dalam mengisi waktu luang, hal berikutnya yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah memberikan pengetahuan tentang dampak negatif penggunaan gadget.

Berikan edukasi kepada sang anak di sela-sela permainan yang dilakukan ketika menghabiskan waktu luang. Beri tahu kepada anak-anak kita tentang bahaya menggunakan gadget secara berlebihan. Berikan penjelasan kepada mereka, bahwa menggunakan gadget berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan gangguan mental.

Tanamkan pada diri mereka agar bijak dalam menggunakan gadget sesuai kebutuhan, dan tidak berlebihan.

Thumbnail Source: Photo by Ekaterina B Pexels

Artikel Terkait:
Dampak Menggunakan Gadget Berlebihan pada Kesehatan

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
Login