Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Motorik Halus Adalah

Bina-Qurani-Motorik-Halus-Adalah
Motorik Halus Adalah

Perkembangan motorik pada anak dibagi menjadi dua kategori, yaitu motorik kasar dan motorik halus. Motorik kasar adalah keterampilan anak dalam menggerakkan seluruh bagian tubuh dan membutuhkan kinerja dari otot inti seperti lengan dan kaki.

Kemampuan untuk duduk, berdiri, berjalan, hingga berlari, membutuhkan keterampilan dari motorik kasar. Jika terus dilatih, anak bisa mengembangkan kemampuan tersebut hingga dapat melakukan aktivitas seperti bersepeda dan berenang.

Sedangkan motorik halus adalah kemampuan anak dalam melakukan gerakan-gerakan ringan dan tugas sehari-hari. Motorik halus dibutuhkan untuk melakukan kegiatan yang membutuhkan otot halus atau intrinsik pada tangan. Otot-otot tersebut berperan penting dalam kegiatan yang berhubungan dengan tangan dan jari, seperti:

  • Memegang pensil.
  • Menulis
  • Memotong
  • Bermain lego.
  • Memakai sepatu.
  • Mengancing pakaian.
  • Dan lain sebagainya.

Motorik halus anak akan berkembang sesuai dengan usia anak. Pada usia nol sampai enam bulan, anak akan mulai belajar mengamati pergerakan jari mereka. Mereka mulai memindahkan objek dari tangan satu ke tangan yang satunya. Pada usia tersebut, anak juga akan belajar memegang tangan dan mengambil mainan.

Bina-Qurani-Motorik-Halus-Adalah

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Motorik Halus Adalah, Source: Photo by Any L Pexels

Perkembangan motorik pada anak, baik motorik kasar maupun halus sangat berkaitan dengan perkembangan pusat motorik di otak. Keterampilan motorik akan berkembang sejalan dengan kematangan syaraf dan otot. Oleh sebab itu, sesederhana apapun gerakan yang dilakukan oleh anak sebenarnya adalah hasil pola interaksi yang komplek dari berbagai bagian dan sistem tubuh yang dikontrol oleh otak.

Jadi, otaklah yang berfungsi sebagai bagian dari susunan syaraf yang mengatur dan mengontrol semua aktivitas fisik dan mental seseorang.

Pengertian Motorik Halus Menurut Para Ahli

Berkaitan dengan definisi dari motorik halus pada anak, beberapa ahli mengemukakan pendapatnya terkait apa itu yang dimaksud dengan motorik halus. Berikut adalah beberapa pendapat tersebut:

1. Bambang Sujiono

Menurut Bambang Sujiono, gerakan motorik halus adalah gerakan yang melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu saja dan dilakukan oleh otot-otot kecil seperti jari jemari tangan dan gerakan pergelangan tangan yang tepat.

2. Sumantri

Sumantri menyatakan bahwa motorik halus adalah pengorganisasian penggunaan sekelompik otot-otot kecil seperti jari-jemari dan tangan yang sering membutuhkan kecermatan dan koordinasi mata dengan tangan.

3. Yudha M Saputra dan Rudyanto

Yudha M Saputra dan Rudyanto menjelaskan bahwa motorik halus adalah kemampuan anak dalam beraktivitas dengan menggunakan otot-otot halus seperti menulis, meremas, menggenggam, menggambar, menyusun balok, dan memasukkan kelereng.

Bina-Qurani-Motorik-Halus-Adalah

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Motorik Halus Adalah, Source: Photo by Kampus Pro Pexels

4. Elizabeth B Hurlock

Elizabeth B Hurlock mengemukakan bahwa perkembangan motorik anak adalah suatu proses kematangan yang berhubungan dengan aspek deferensial bentuk atau fungsi termasuk perubahan sosial emosional. Proses motorik adalah gerakan yang langsung melibatkan otot untuk bergerak dan proses persyaratan yang menjadikan seseorang mampu menggerakkan anggota tubuhnya seperti tangan, kaki, dan anggota tubuh lainnya.

5. Dini P dan Daeng Sari

Menurut Dini P dan Daeng Sari, motorik halus adalah aktivitas motorik yang melibatkan aktivitas otot-otot kecil atau halus. Gerakan ini menuntut koordinasi mata dan tangan serta pengendalian gerak yang baik yang memungkinkannya melakukan ketepatan dan kecermatan dalam gerak.

Itulah beberapa pendapat para ahli terkati definisi dari motorik halus.

Bina-Qurani-Motorik-Halus-Adalah

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Motorik Halus Adalah, Source: Photo by Ketut S Pexels

Jenis Permainan untuk Melatih Motorik Halus Anak

Perkembangan motorik halus pada anak ini dapat dilatih dan dikembangkan melalui berbagai kegiatan yang dapat memberikan rangsangan dan dilakukan rutin secara berkesinambungan.

Beberapa kegiatan atau permainan yang dapat dilakukan untuk melatih motorik halus anak antara lain adalah:

  • Bermain gelang karet
  • Bermain dengan kertas
  • Bermain dengan lilin
  • Mengajari anak makan dengan sendok
  • Menyusun balok dan puzzle.
  • Menyusun benda-benda membentuk pola yang diinginkan.
  • Belajar robotic, dan aktifitas lainnya.

Thumbnail Source: Photo by Karolina G Pexels

Artikel Terkait:
Memilih Sekolah Boarding untuk Pendidikan Anak

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
Login