Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Museum Zoologi Bogor

Bina-Qurani-Museum-Zoologi-Bogor
Museum Zoologi Bogor

Museum merupakan salah satu destinasi wisata edukasi yang menarik untuk dikunjungi di hari libur, khususnya bagi anak-anak. Melalui museum anak-anak dapat belajar lebih banyak mengenai sejarah dan peradaban yang ada.

Di antara museum-museum yang ada di Indonesia, Museum Zoologi Bogor menjadi museum favorit bagi anak-anak. Sebab di dalam Museum Zoologi Bogor ini terdapat koleksi menarik tentang keberagaman fauna yang ada di Indonesia. Mulai dari fosil-fosil hewan, dan berbagai jenis spesimen satwa yang diawetkan.

Bina-Qurani-Museum-Zoologi-Bogor

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Museum Zoologi Bogor, Source: Photo by GS Image

Sejarah Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi Bogor adalah museum yang didirikan oleh Dr. J.C. Koningsberger pada bulan Agustus tahun 1894 pada masa pemerintahan Hindia Belanda dengan nama Landbouw Zoologich Laboratorium.

Pada awalnya museum ini hanyalah laboratorium kecil yang berada di pojokan Kebun Tani Bogor. Dulunya laboratorium ini fokus pada observasi dan mempelajari hama serangga yang ada pada tumbuhan.

Museum Zoologi ini mengalami beberapa kali pergantian nama. Barulah seetelah Indonesia merdeka, nama museum ini menjadi nama Museum Zoologi Bogor yang kita kenal saat ini.

Kata Zoologi pada penamaan museum ini diambil dari kata Zoo dan Logos. Zoo artinya hewan, dan logos artinya ilmu. Museum yang memiliki luas tanah sekitar 1500 meter persegi ini dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) divisi Zoologi Pusat Penelitian Biologi.

Lokasi Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi berada di dua lokasi karena memiliki dua bangunan dan fungsi yang berbeda. Bangunan pertama terletak di Jl. Ir. H. Juanda No. 09 Bogor, bangunan museum yang berfungsi sebagai ruang pameran dan dibuka setiap untuk umum.

Sedangkan bangunan kedua terletak di Jl. Raya Jakarta-Bogor KM 46 Cibinong Bogor berlokasi di Pusat Ilmu Pengetahuan Cibinong. Bangunan ini berfungsi sebagai tempat koleksi dan hanya dibuka pada bulan Oktober.

Bina-Qurani-Museum-Zoologi-Bogor

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Museum Zoologi Bogor, Source: Photo by GS Image

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Museum Zoologi Bogor

Untuk menuju Museum Zoologi Bogor, kamu harus masuk melalui Kebun Raya Bogor terlebih dahulu. Tiket masuk Kebun Raya Bogor senilai Rp. 15.000/orang untuk domestik dan Rp. 25.000/orang untuk mancanegara. Untuk parkir motor dan sepeda senilai Rp. 5.000.

Jadwal buka Kebun Raya Bogor dimulai dari Pukul 08.00 WIB hingga Pukul 18.00 WIB. Sedangkan untuk Museum Zoologi buka pada hari Senin sampai Kamis Pukul 07.30 WIB hingga Pukul 16.00 WIB. Khusus hari jumat buka pada Pukul 07.30 WIB hingga 11.30 WIB dan dibuka lagi pada pukul 13.00 WIB hingga 16.30 WIB.

Sedangkan pada hari libur, baik kebun Raya atau Museum Zoologi Bogor buka pada Pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Koleksi Menarik Museum Zoologi Bogor

Koleksi Museum Zoologi Bogor meliputi hampir 3,5% jumlah fauna di Indonesia. Berikut ini beberapa koleksi Museum Zoologi Bogor:

1. Binatang Mamalia

Koleksi mamalia yang dimiliki oleh Museum Zoologi terdiri dari berbagai macam binatang menyusui yang terkumpul dari berbagai kepulauan yang ada di Indonesia. Salah satu koleksi yang paling ikonik di museum ini adalah paus biru.

Paus biru merupakan jenis paus terbesar di Indonesia dengan nama latin Balaenoptera Musculus. Kerangka paus biru ini bahkan memerlukan ruangan khusus karena saking besarya. Berat paus biru ini mencapai 116 ton dengan panjang hingga 27 meter.

2. Binatang Reptil dan Amfibia

Museum Zoologi Bogor tercatat menyimpan sekitar 763 jenis koleksi reptil dan amfibi dari total 13 ribu lebih binatang contoh.

Bina-Qurani-Museum-Zoologi-Bogor

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Museum Zoologi Bogor, Source: Photo by GS Image

3. Serangga

Di dalam Museum Zoologi ini juga terdapat koleksi serangga. Koleksi serangga di Museum Zoologi merupakan koleksi terbanyak, bahkan jumlahnya paling banyak di Asia Tenggara.

Museum Zoologi tercatat menyimpan sekitar 12.000 jenis serangga yang diwakili oleh lebih dari 2,5 juta contoh spesimen serangga.

4. Burung

Burung juga menjadi koleksi utama Museum Zoologi Bogor. Tercatat 1000 jenis burung terdapat di Museum ini dengan lebih dari 30 ribu contoh binatang. Koleksi burung ini dikumpulkan dari berbagai wilayah di Indonesia bagian timur dan barat yang disimpan pada suatu ruangan dengan suhu 22 derajat celcius agar koleksi tidak hancur.

5. Ikan

Koleksi ikan yang terdapat di Museum Zoologi berjumlah sekitar 12.000 jenis dengan total contoh sekitar 140 rb ikan.

6. Moluska

Moluska merupakan jenis hewan triploblastik selomata yang memiliki tubuh lunak dengan atau tanpa cangkang. Hewan yang termasuk jenis moluska yaitu kerang, siput, cumi-cumi dan sejenisnya.

Koleksi moluska yang ada di Museum Zoologi berjumlah 959 jenis dari total 13 ribu lebih contoh binatang.

Thumbnail Source: Photo by GS Image

Artikel Terkait:
Museum Sri Baduga Bandung

TAGS
#Adab Muslimah #adab sebelum ilmu #Biografi Ibnu Hajar #Cara Menghafal Quran #Ikhlals ketika ibadah #Indonesia #Museum Bank Indonesia #Pendiri Paskibraka #Tafakur alam
Login