Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Nama Organisasi Internasional dan Peran Indonesia

Bina-Qurani-Nama-Organisasi-Internasional-dan-Peran-Indonesia
Nama Organisasi Internasional dan Peran Indonesia

Sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat, Indonesia memiliki cita-cita yang besar dalam upaya menegakan perdamaian di atas seluruh dunia. Upaya Indonesia dalam menjalankan perannya untuk menegakkan perdamaian dunia, dibuktikan melalui keterlibatanya dalam organisasi-organisasi Internasional.

Namun, tahukah kalian nama-nama Organisasi Internasional dan Peran Indonesia di dalamnya?

Kami yakin, di antara kalian masih banyak yang belum mengetahui tentang nama-nama Organisasi Internasional dan Peran Indonesia dalam keikutsertaan di dalam organisasi tersebut.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan sedikit membahas mengenai beberapa nama Organisasi Internasional dan Peran Indonesia di dalamnya sebagai upaya yang dilakukan untuk menegakkan perdamaian dunia.

Bina-Qurani-Nama-Organisasi-Internasional-dan-Peran-Indonesia

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Nama Organisasi Internasional dan Peran Indonesia, Source: Photo From Berita Satu

Berikut ini adalah beberapa Organisasi Internasional yang diikuti Indonesia dalam upaya menegakkan perdamaian dunia:

  • Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)
  • Association of South East Asian Nations (ASEAN)
  • Asia Pacific Economic Coorperation (APEC)
  • Organisasi Kerjasama Islam (OKI)
  • Konferensi Asia Afrika

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan sedikit membahas mengenai Peran Indonesia dalam perdamaian dunia melalui hubungan internasional berdasarkan pada poin-poin di atas.

Yuk kita simak!

Beberapa Nama Organisasi Internasional dan Peran Indonesia di dalamnya

Membahas tentang nama Organisasi Internasional dan peran Indonesia di dalamnya tentu sangat luas dan cukup banyak. Oleh sebab itu, maka pada kesempatan kali ini hanya akan memberikan sedikit ulasan terkait peran Indonesia dalam beberapa Organisasi Internasional.

Bina-Qurani-Nama-Organisasi-Internasional-dan-Peran-Indonesia

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Nama Organisasi Internasional dan Peran Indonesia, Source: Photo From Twiplomacy

Berikut ini adalah beberapa nama Organisasi Internasional dan Peran Indonesia di dalam hubungan tersebut:

1. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Salah satu Organisasi Internasional yang diikuti oleh Indonesia dan berperan aktif dalamnya adalah Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB. Indonesia secara resmi menjadi anggota PBB ke enam puluh setelah mendapat suara bulat dari para negara anggota pada tanggal 28 September 1950.

Sebagai negara anggota PBB, Indonesia terdaftar dalam beberapa lembaga di bawah naungan PBB seperti:

  • ECOSOC (Dewan Ekonomi dan Sosial)
  • ILO (Organisasi Buruh Internasional)
  • FAO (Organisasi Pangan dan Pertanian)
  • UNICEF (Organisasi Kesejahteraan Anak)
  • WHO (Organisasi Kesehatan Dunia)

Salah satu prestasi atau peran yang dicapai Indonesia di PBB adalah saat Menteri Luar Negeri Indonesia, yaitu Adam Malik menjabat sebagai ketua sidang Majelis Umum PBB pada masa sidang tahun 1974.

Selain itu, Indonesia juga terlibat langsung dalam pasukan perdamaian PBB. Dalam perannya ini, Indonesia mengirimkan Pasukan Garuda untuk mengemban misi perdamaian PBB di berbagai negara yang mengalami konflik.

Bina-Qurani-Nama-Organisasi-Internasional-dan-Peran-Indonesia

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Nama Organisasi Internasional dan Peran Indonesia, Source: Photo From Ringtimes Bali

2. Association of South East Asian Nations (ASEAN)

Organisasi internasional yang lainnya yang diikuti oleh Indonesia adalah ASEAN atau Association of South East Asian Nations. Indonesia merupakan salah satu negara pelopor berdirinya ASEAN.

ASEAN didirkan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Pembentukan ASEAN ini diwakili oleh lima wakil negara dari negara-negara di Asia Tenggara. Lima wakil tersebut yaitu:

  • Adam Malik, Menteri Luar Negeri Indonesia
  • Tun Abdul Razak, Wakil Perdana Menteri Malaysia
  • Narciso Ramos, Menteri Luar Negeri Filipina
  • Rajaratnam, Menteri Luar Negeri Singapura
  • Thanat Khoman, Menteri Luar Negeri Thailand

Kelima negara tersebut kemudian menandatangani deklarasi ASEAN atau The ASEAN Declaration, dan lebih dikenal dengan Deklarasi Bangkok.

Pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN pertama, diselenggarakan di Bali pada tanggal 24 Februari 1976. Dalam KTT tersebut dihasilkan dua dokumen penting yaitu:

  1. Deklarasi ASEAN Bali Concord I, berisi tentang program yang merupakan kerjasama ASEAN,
  2. Perjanjian Persahabatan Kerjasama di Berbagai Bidang.

Itulah peran Indonesia dalam menciptakan perdamaian dunia melalui peran aktifnya dalam perserikatan bangsa-bangsa Asia Tenggara atau ASEAN.

Bina-Qurani-Nama-Organisasi-Internasional-dan-Peran-Indonesia

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Nama Organisasi Internasional dan Peran Indonesia, Source: Photo From Nataliya Vaitkevich Pexels

3. Asia Pacific Economic Coorperation (APEC)

Asia Pacific Economic Coorperation atau APEC adalah Organisasi Internasional yang didirikan pada tahun 1989, dan pada tahun itu juga Indonesia bergabung menjadi anggota APEC.

APEC merupakan organisasi kerjasama di bidang ekonomi untuk wilayah Asia Pasifik. Total keseluruhan anggota APEC adalah sebanyak 21 negara.

Di antara peran Indonesia dalam Organisasi Internasional ini adalah:

  • Sebagai ketua APEC pada beberapa periode.
  • Sebagai tuan rumah KTT APEC.
  • Sebagai perumus Bogor Declaration dan Bogor Goals.
  • Pelopor terbentuknya ECOTECH (Economic and Technical Coorperation).
  • Salah satu anggota G-20 APEC.
4. Organisasi Kerjasama Islam (OKI)

Indonesia juga bergabung dengan Organisasi Kerjasama Islam atau OKI. Organisasi Kerjasama Islam adalah Organisasi Internasional yang dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan solidaritas Islam, mendukung perdamaian dunia, dan membantu perjuangan kemerdekaan Palestina.

Organisasi ini didirikan pada tahun 1989 di Rabat, Maroko. Sebagai salah satu anggota yang merupakan pelopor lahirnya OKI, Indonesia juga mempunyai beberapa peran di dalamnya, seperti:

  • Penggagas Tata Informasi Baru Dunia Islam
  • Ketua Committee of Six
  • Sebagai Tuan Rumah KTT Tingkat Menteri, KTT OKI dan KTT Luar Biasa OKI
  • Membantu Perdamaian Negara-Negara Islam yang Bersengketa
Bina-Qurani-Nama-Organisasi-Internasional-dan-Peran-Indonesia

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Nama Organisasi Internasional dan Peran Indonesia, Source: Photo From Markus Winkler Pexels

5. Konferensi Asia Afrika (KAA)

Organisasi Internasional yang diikuti oleh Indonesia sebagai bentuk hubungan Internasional dalam upaya menegakkan perdamaian dunia adalah Konferensi Asia Afrika. Selain sebagai anggota Konferensi Asia Afrika, Indonesia juga berperan sebagai pelopor terbentuknya Konferensi Asia Afrika ini.

Konferensi Asia Afrika pertama kali diselenggarakan pada tanggal 18-24 April 1955 di Gedung Merdeka, Bandung, Indonesia. Konferensi ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memperjuangkan kepentingan bersama, terutama kedaulatan negara-negara Asia Afrika dalam melawan imperialisme dan Rasialisme.

Gagasan pertemuan Asia Afrika datang dari Perdana Menteri Ali Sastroamidjojo yang disampaikan di depan Dewan Perwakilan Rakyat Sementara pada tanggal 23 Agustus 1953. Kemudian, untuk menindak lanjuti gagasan tersebut, maka diadakanlah Konferensi Colombo pada tanggal 28 April sampai 2 Mei 1956 dan dihadiri oleh pemimpin dari negara Sri Lanka, Burma atau Myanmar, Pakistan, Indonesia dan India.

Dalam pertemuan itu dihasilkan kesepakatan untuk menyelenggarakan konferensi lanjutan negara-negara Asia Afrika, atau sering disebut sebagai Konferensi Asia Afrika.

Demikianlah beberapa nama Organisasi Internasional dan Peran Indonesia di dalam organisasi tersebut. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan pengetahuan kita.

Thumbnail Source: Photo From WHO

Artikel Terkait:
Peran Indonesia Dalam ASEAN

TAGS
#ASEAN #Hubungan Internasional #Indonesia #Olimpiade Tokyo #Organisasi Internasional #Pendiri Paskibraka #Peran Indonesia dalam ASEAN #PPKM Level 4 #Sejarah #Sidang Pertama BPUPKI
Login