Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Network Engineer

Bina-Qurani-Network-Engineer
Apa itu Network Engineer?

Network engineer merupakan sebuah istilah yang berasal dari bahasa inggris, yaitu network dan engineer.

Network artinya adalah sebuah lingkungan yang memiliki interkoneksi atau inter-relasi berupa keterkatian atau pengelompokkan sebuah sistem. Secara spesifik, network yang dimaksud dalam pembahasan ini adalah sebuah sistem interkoneksi perangkat komputer beserta seluruh periferalnya seperti modem, router, switch, terminal, dan lain sebagainya.

Sedangkan engineer artinya adalah seseorang yang terdidik atau terlatih secara spesifik untuk bidang teknis tertentu.

Berdasarkan arti dari terjemah kata di atas, maka dapat dikatakan bahwa network engineer adalah seseorang yang memiliki keahlian dan kompetensi di jaringan komputer. Adapun tugas dari seorang network engineer adalah menangani masalah jaringan, mulai dari merencanakan, membangun, memperbaharui, hingga memperbaiki kerusakan pada sebuah jaringan.

Bina-Qurani-Network-Engineer

Site: Bina Qurani Islalmic School, Image: Network Engineer, Source: Photo by This Is Engineering From Pexels

Jika dilihat dari spesifikasi tugasnya, profesi network engineer ini dapat dibagi menjadi beberapa golongan profesi, seperti:

  • Network Engineer
  • System Engineer
  • Network Analyst
  • Network Consultant
  • System Manager
  • Network Manager
  • Network Associate

Pembagian tersebut didasarkan pada konsep tugas dan tanggung jawab yang lebih spesifik. Namun, golongan profesi di atas masih tetap berhubungan dengan system komputerisasi yang terintegrasi melalui jaringan.

Deskripsi Tugas dan Tanggung Jawab Network Engineer

Meskipun profesi network engineer masih memiliki hubungan dengan IT, namun seorang network engineer tidak mengurusi masalah-masalah umum seperti kerusakan komputer, virus pada komputer, komputer hang, windows blue screen, CPU rusak, printer blinking, tinta printer, dan masalah lainnya. Masalah-masalah tersebut merupakan tugas dan tanggung jawab dari IT Support.

Tugas dan tanggung jawab dari seorang network engineer adalah mengursi masalah yang berkaitan dengan perangkat jaringan komputer seperti router, switch, firewall, dan server. Tugas tersebut dapat berupa mengawasi atau melakukan instalasi, konfigurasi hingga maintenance terhadap sistem informasi dan jaringan di sebuah perusahaan.

Bina-Qurani-Network-Engineer

Site: Bina Qurani Islalmic School, Image: Network Engineer, Source: Photo by Sora Shimazaki From Pexels

Berikut ini adalah beberapa tugas dan tanggung jawab dari network engineer:

1. Design Jaringan

Tugas seorang network engineer pada sebuah perusahaan adalah melakukan perencanaan jaringan. Kegiatan perencanaan ini dilakukan ketika ingin melakukan ekspansi jaringan baru.

Dalam melakukan perencanaan jaringan, seorang network engineer harus mampu membuat planning dan rancangan topologi jaringan yang dapat diimplementasikan. Ia juga harus mengetahui spesifikasi terkait perangkat jaringan yang akan dipakai, seperti tipe router yang akan digunakan, jumlah kebutuhan switch, panjang kabel yang dibutuhkan, hingga perkiraan budget yang diperlukan.

2. Instalasi dan Konfigurasi

Setelah melakukan design jairngan, tahap selanjutnya yang menjadi tugas seorang network engineer adalah mengimplementasikan design jaringan yang telah dibuat.

Dalam proses ini, seorang network engineer harus mampu melakukan instalasi perangkat jaringan. Network engineer juga harus bisa melakukan konfigurasi pada router dan switch atau perangkat lainnya sesuai dengan kebutuhan jaringan.

3. Membuat Dokumentasi

Setelah membuat perencanaan dan instalasi jaringan, seorang network engineer juga harus membuat dokumentasi sebagai yang nantinya dipakai sebagai laporan untuk atasan.

Selain sebagai laporan, dokumentasi ini juga dapat digunakan untuk memudahkan dalam melakukan maintenance ketika ada masalah pada jaringan.

Bina-Qurani-Network-Engineer

Site: Bina Qurani Islalmic School, Image: Network Engineer, Source: Photo by Nemuel Sereti From Pexels

4. Monitoring Jaringan

Setelah instalasi serta konfigurasi selesai, dan jaringan tersebut dapat berjalan, maka bukan berarti seorang network engineer lantas mengabaikannya begitu saja.

Tugas selanjutnya bagi seorang network engineer ketika jaringan sudah berjalan, adalah melakukan monitoring jaringan. Mangawasi segala sistem yang bekerja, dan segera melakukan troublshooting ketika terjadi masalah pada jaringan.

Umtuk keperluan monitoring, network engineer biasanya memanfaatkan tool seperti:

  • The Dude
  • Monitoring Traffic NMS Cacti
  • Zabbix
  • Nagios

Selain tool di atas, juga terdapat tool lain yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan pengguna.

5. Troubleshooting

Sebaik apapun design dan rancangan jaringan yang telah kita buat, tetap saja pada masanya pasti akan mengalami kerusakan atau kendala. Oleh karena itu, seorang network engineer harus mampu melakukan diagnosa dan mengatasi segala kendala dan kerusakan yang terjadi pada jaringan.

Itulah beberapa tugas dan tanggung jawab seorang network engineer.

Setelah kita membaca tulisan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa network engineer merupakan suatu profesi yang memiliki peran penting dalam melakukan dan memberikan dukungan untuk kegiatan yang berhubungan dengan jaringan komputer. Baik dari perencanaan pembuatan jaringan, monitoring, hingga melakukan troubleshooting.

Thumbnail Source: Photo by Olia Danilevich From Pexels

Artikel Terkait:
Belajar Jaringan Komputer

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login