Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Nilai Instrumental Pancasila dan Contohnya

Bina-Qurani-Nilai-Instrumental-Pancasila-dan-Contohnya
Nilai Instrumental Pancasila dan Contohnya

Sebagai ideologi negara Indonesia, Pancasila merupakan identitas bagi bangsa Indonesia yang berfungsi sebagai alat untuk memperkuat kedaulatan dan identitas suatu masyarakat dalam negara. Pancasila merupakan pedoman, yang digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menjalankan kehidupannya.

Nilai-nilai yang terkandung dalam lima asas Pancasila menjadi landasan masyarakat dalam menjalankan kehidupan beragama, bersosialisasi, hak asasi dan dalam hal gotong-royong. Salah satu nilai yang terkandung dalam Pancasila adalah nilai instrument yang berkaitan dengan aturan hak asasi manusia dan Konstitusi Indonesia.

Apa itu nilai instrumental Pancasila? Simak penjelasan di bawah ini mengenai pengertian nilai instrument Pancasila dan contoh penerapan nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari!

Bina-Qurani-Nilai-Instrumental-Pancasila-dan-Contohnya

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Nilai Instrumental Pancasila dan Contohnya, Source: Photo by GS Image

Pengertian Nilai Instrumental Pancasila

Nilai instrumental Pancasila merupakan rangkaian penyempurnaan yang lebih kreatif dan dinamis yang diwujudkan dalam berbagai nilai dasar Pancasila yang dapat disesuaikan dengan aspirasi zaman dan masyarakat yang ada di dalamnya. Nilai instrument Pancasila merupakan bentuk evolusi dari nilai-nilai inti ideologi Pancasila.

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia memiliki kedudukan yang lebih besar dari yang lain, karena dalam kondisi ini terdapat aturan yang menerima berbagai penyimpangan dari hak asasi manusia dan pelaksanaan hak serta kewajiban, seperti undang-undang yang mengatur sistem pemerintahan.

Nilai inti Pancasila, secara utuh tertuang dalam Pembukaan UUD 1945, nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam pengertian instrumental ini juga dapat menunjukkan praktik Pancasila yang sebenarnya. Yakni harus tunduk pada UUD 1945, peraturan perundang-undangan MPR, dan peraturan perundang-undangan lainya.

Sehingga dapat dikatakan bahwa nilai instrumental Pancasila adalah penjabaran lebih lanjut dari berbagai bentuk nilai-nilai dasar dari ideologi Pancasila. Nilai instrumental Pancasila adalah serangkaian elaborsi yang lebih kreatif dan dinamis, diwujudkan pada berbagai nilai-nilai dasar Pancasila yang dapat disesuaikan dengan waktu dan aspirasi warga negara yang ada di dalamnya.

Bina-Qurani-Nilai-Instrumental-Pancasila-dan-Contohnya

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Nilai Instrumental Pancasila dan Contohnya, Source: Photo by AWS Image

Wujud Nilai Instrumental Pancasila

Dekomposisi nilai instrumental Pancasila dapat dilakukan dalam berbagai aspek yang selallu dilakukan perubahan atau reformatif, yang disesuaikan dnegan kondisi zaman dan iklim tatanan yang selalu berkembang. Adapun dekomposisi nilai-nilai instrumental Pancasila tersebut dibagi menjadi dua yaitu:

1. Peraturan Pemerintah

Penyempurnaan nilai instrumental Pancasila dilakukan melalui perumusan peraturan pemertinah. Kondisi ini merupakan salah satu bukti nyata keterbukaan Pancasila, kecuali apabila ada urgensi untuk menghindari terjadinya konflik di masyarakat. Sehubungan dengan peraturan ini misalnya yaitu Inpres, MPR, dan lain-lain.

2. Undang-undang atau Konstitusi

Adanya undang-undang merupakan suatu ketentuan tentang keteraturan masyarakan yang dengan jelas menerangkan pentingnya nilai instrument Pancasila. Modifikasi dan inovasi dapat dilakukan bahkan untuk proses pembuatan aturan ini, sebagaimana yang terdapat dalam amandemen UUD 1945.

Bina-Qurani-Nilai-Instrumental-Pancasila-dan-Contohnya

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Nilai Instrumental Pancasila dan Contohnya, Source: Photo by GS Image

Contoh Penerapan Nilai Instrumental Pancasila secara Konkret

Setelah mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan nilai instrumental Pancasila dan wujud perubahan bentuknya, maka perlu kiranya kita untuk mengetahui juga contoh dari penerapan nilai instrument Pancasila secara konkret.

Berikut ini beberapa bentuk nilai-nilai instrumental Pancasila yang berlaku dalam setiap sila pada Pancasila:

1. Contoh Nilai Instrumental Pancasila Sila Ke-1

Contoh penerapan nilai instrumental Pancasila tersebut dapat ditemukan di dalam undang-undang khususnya dalam pasar 29 yang menekankan apakan Indonesia adalah negara agama sesuai dengan standar agama yang diinginkan.

Selain itu, bentuk penerapan nilai instrumental dari sila ke-1 pancasila juga tertuang dalam:

  • Pasal 28 E Ayat 1:
    Setiap orang berhak untuk mendarat atau pergi dan kembali lagu.
  • Pasal 28 E Ayat 2:
    Setiap orang bebas untuk mengikuti hati nuraninya, percaya pada keyakinannya, dan mengungkapkan pikiran dan sikapnya.
2. Contoh Nilai Instrumental Pancasila Sila Ke-1

Contoh penerapan nilai instrumental Pancasila sila ke-2, “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab” yaitu:

  • Pasal 14:
    Presiden dapat memberikan amnesti dari sanksi dan rehabilitasi, dengan memperhatikan pertimbangan badan eksekutif. Presidun juga memberikan amnesti dan pencabutan sembari menunggu pengawasan DPR.
  • Pasal 28 A
    Orang berhak untuk hidup dan mempertahankan hidup dan kehidupannya.
  • Pasal 28 B
    Setiap orang berhak mencari keluarga dan meneruskan keturunan melalui perkawinan yang sah menurut agama. Semua anak berhak untuk bertahan hidup, tumbuh, dan mendapatkan penjaminan dari kekerasan dan diskriminasi.
3. Contoh Nilai Instrumental Pancasila Sila Ke-3

Realisasi nilai-nilai instrumental dalam sila ketiga Pancasila dapat ditemukan dalam pasal 32, 35, dan 36. Semua ini sepenuhnya mencerminkan identitas nasional Indonesia, bahawa, bendera, dan ideologi. Pasal berikut memuat nilai sebagai sarana peraturan-peraturan itu:

  • Pasal 25 A:
    Suatu negara kesatuan Republik Indonesia yang wilayahnya ditentukan oleh batas-batas dan hak-haknya menurut undang-undang yang disepakati, adalah negara kepulauan yang bercirikan negara kepulauan.
  • Pasal 35:

Bendara Indonesia berwarna merah putih.

  • Pasal 36:
    Bahasa resmi adalah bahasa Indonesia.
  • Pasal 36 A:
    Lambah negara adalah garuda Pancasila, dan semboyannya adalah Bhineka Tunggal Ika.
4. Contoh Nilai Instrumental Pancasila Sila Ke-4

Contoh lain yang dapat disebut sebagai perwujudan dari sila ke-4 Pancasila yaitu:

  • Pasal 2:
    MPR terdiri atas anggota DPR di setiap daerah dan kelompoknya dan berbagai perwakilan yang dibentuk dengan undang-undang; MPR bersidang sedikitnya sekali setiap lima tahun di ibu kota negara; Semua keputudan MPR diputuskan dengan suara terbanyak.
  • Pasal 3:
    MPR telah memberlakukan sebuah konstitusi, yang menggunakannya sebagai arah nasional.
  • Pasal 6 Ayat 2:
    Presiden dan Wakil Presiden dipilih oleh Dewan Nasiona, yang memiliki jumlah suara terbanyak.
  • Pasal 19:
    Anggota DPR dipilih melalui pemilu; Susunan DPR diatur dengan undang-undang; DPR melakukan siding sedikitnya setahun sekali.
5. Contoh Nilai Instrumental Pancasila Sila Ke-5

Contoh penerapan nilai instrumental Pancasila yang dapat ditemukan dalam sila kelima yaitu:

  • Pasal 33 Ayat 3:
    Bumi dan air, dan kekayaan alam di dalamnya, dikuasai oleh negara dan sebesar-besar kemakmuran rakyat.
  • Pasal 34:
    Miskin dan miskin di bawah umur harus dibayar oleh negaranya sendiri.

Itulah beberapa contoh penerapan nilai instrument Pancasila dalam peraturan pemerintah maupun konstitusi yang sekaligus menutup tulisan mengenai nilai instrumental Pancasila dan contohnya.

Thumbnail Source: Photo by BP Image

Artikel Terkait:
Pancasila Sebagai Ideologi Negara

TAGS
#Batas Wilayah Indonesia #Indonesia #Olimpiade Tokyo 2020 #Pancasila #Pendiri Paskibraka #PPKM Level 4 #Rumah Adat Kalimantan Barat #Rumah Adat #Sejarah
© 2023 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login