Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Pahala Sedekah Dari Bercocok Tanam

Di antara amalan yang sering kali diremehkan oleh sebagian manusia adalah amalan sedekah. Padahal, sedekah ini bentuknya cukup beragam dan memiliki keutamaan yang sangat besar dalam agama Islam.

Sedekah bukan hanya terbatas pada bentuk uang tetapi juga mencakup barang-barang dan aset-aset yang bernilai. Bahkan, sedekah ini juga bisa dalam bentuk hasil pertanian atau apa saja yang ditanam. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berikut:

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا إِلاَّ كَانَ مَا أُكِلَ مِنْهُ لَهُ صَدَقَةٌ وَمَا سُرِقَ مِنْهُ لَهُ صَدَقَةٌ وَمَا أَكَلَ السَّبُعُ مِنْهُ فَهُوَ لَهُ صَدَقَةٌ…

“Tidak ada seorang muslim yang menanam tanaman melainkan apa yang dimakan darinya adalah sedekah baginya, apa saja yang dicuri darinya baginya adalah sedekah, dan tidak seekor binatang pun memakannya melain baginya adalah sedekah.” (HR. Muslim)

Dalam hadis tersebut secara tegas dijelaskan bahwa hasil pertanian baik yang dimakan oleh pemiliknya atau yang diambil oleh pencuri dan binatang buas, semuanya di sisi Allah bernilai pahala sedekah bagi pemiliknya.


Download Poster Dakwah

TAGS
#Poster Dakwah
Login