Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Paltform Pembayaran Online Paypal

Bina-Qurani-Paltform-Pembayaran-Online-Paypal
Paltform Pembayaran Online Paypal

Pesatnya perkembangan teknologi, telah merubah pola hidup masyarakat dalam melakukan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah pola jual beli masyarakat, yang saat ini telah beralih ke sistem jual beli online. Berubahnya pola jual beli online ini kemudian menjadi pendorong munculnya platform-platform online yang menjadi wadah khusus untuk melakukan transaksi online seperti marketplace, media sosial, maupun website.

Munculnya platform jual beli online ini juga turut mempengaruhi sistem pembayaran yang digunakan masyarakat. Dimana sistem pembayaran yang sebelumnya dilakukan secara manual atau offline beralih ke sebuah sisem pembayaran online. Dari sinilah kemudian muncul platform-platform pembayaran online yang menunjang kegiatan jual beli online yang dilakukan oleh masyarakat.

Di antara banyaknya platform pembayaran online yang ada, salah satu platform yang cukup terkenal dan banyak digunakan oleh masyarakat adalah platform pembayaran online paypal. Apa itu paypal? Berikut ini kami tuliskan mengenai pengertian platform pembayaran online paypal, dan cara membuat akunnya.

Bina-Qurani-Paltform-Pembayaran-Online-Paypal

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Paltform Pembayaran Online Paypal, Source: Photo by Amazone-Image

Pengertian Platform Pembayaran Online Paypal

Paypal merupakan salah satu platform pembayaran online yang menyediakan layanan jasa transfer dan juga pembayaran secara online. Paypal memiliki jaringan yang kuat dan melayani berbagai transaksi keuangan antar negara, dimana semua hal tersebut telah dilakukan dengan menggunakan surat elektronik secara online.

Metode yang digunakan platfrorm paypal sangat berbeda dengan metode pembayaran sebelumnya, dimana pengiriman uang masih dilakukan menggunakan kertas berupa cek dan wesel pos, yang pada umumnya akan membutuhkan sejumlah waktu yang terbilang cukup lama dalam pelaksanaannya.

Paypal menjadi salah satu alat pembayaran virtual yang paling banyak digunakan oleh para marketer online. Sebab keamanan transaksi pembayaran online menggunakan paypal terbilang cukup baik dan terjamin jika dibandingkan dengan platform-platform pembayaran lainnya.

Berbeda dengan transaksi pembayaran online banking lainnya yang hanya terbatas pada transaksi satu negara saja, platform pembayaran online paypal justru memiliki jaringan yang lebih luas dan dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran antar negara.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang kemudian menggunakan paypal di dalam bisnis online yang mereka kelola. Sebab paypal memudahkan porses pengiriman uang dan memberikan keamanan serta kenyamanan bagi para pebisnis online dimana saja berada. Transaksi pembayaran online menggunakan paypal sangatlah mudah, selama pengguna memiliki rekening paypal yang terhubung dengan bisnis yang sedang mereka jalankan.

Bina-Qurani-Paltform-Pembayaran-Online-Paypal

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Paltform Pembayaran Online Paypal, Source: Photo by BWBX Image Assets

Cara Membuat Akun Pembayaran Online Paypal

Membuat akun paypal tidaklah sulit, terlebih bagi Anda yang telah memiliki kartu kredit sebelumnya. Untuk membuat akun paypal, pastikan Anda telah memiliki email yang valid dan usia di atas 28 tahun.

Apabila syarat di atas telah terpenuhi, selanjutnya Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk membuat akun paypal:

1. Membuka Situs Paypal

Cari dan bukalah situs resmi paypal di www[dot]paypal[dot]com di mesin pencari pada laptop maupun gadget Anda. Pastikan situs yang Anda kunjungi benar, sebab untuk membuat akun paypal hanya bisa dilakukan melalui situs resminya.

2. Klik Tombol Daftar

Perhatikan bagian atas website paypal tersebut, dan pilih apakah Anda akan membuat akun paypal untuk pribadi atau akun paypal untuk bisnis. Setelah itu, klik tombol daftar yang terdapat pada baian atas kanan halaman website tersebut.

3. Memilih Jenis Akun

Setelah menekan tombol daftar, Anda akan diarahkan ke halaman baru. Pada halaman tersebut pilihlah jenis akun yang diinginkan, misalnya akun primer yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi jual beli online dan juga menerima pengiriman uang secara online.

4. Isi Data Diri

Isikan data diri pada form yang disediakan pada halaman tersebut. Pastikan mengisi semua data dengan benar, kemudian klik tombol “Setuju dan Buat Rekening” yang terdapat di bagian bawah.

Bina-Qurani-Paltform-Pembayaran-Online-Paypal

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Paltform Pembayaran Online Paypal, Source: Photo by GS Image Shutterstock

5. Verifikasi Data

Setelah mengisi form tersebut, maka akan muncul halaman verifikasi yang akan meminta Anda untuk memasukkan kode ke dalam kolom yang tersedia di halaman tersebut. Setelah itu klik tombol “lanjutkan” kemudian klik tombol masuk ke rekening saya.

6. Konfirmasi Email

Lakukan konfirmasi email. Cek email yang Anda daftarkan dan temukan email masuk yang dikirim oleh paypal. Klik link yang terdapat dalam email paypal tersebut sehingga Anda bisa melakukan konfirmasi ke website paypal secara otomatis.

7. Login ke Akun Paypal

Selanjutnya Anda akan dihadapkan langsung pada halaman baru di websiter paypal tersebut. Anda diminta untuk login atau masuk ke dalam akun Anda menggunakan email serta password yang telah Anda daftarkan sebelumnya.

Demikianlah tujuh langkah untuk membuat akun paypal. Namun untuk bisa menggunakan akun ini dalam berbagai transaksi online, maka Anda harus melakukan verifikasi ulang kartu kredit Anda terlebih dahulu.

Thumbnail Source: Photo by GS Image Shutterstock

Artikel Terkait:
Keamanan Metode Pembayaran Online

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login