Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Peluang Usaha di Bulan Ramadhan

Bina-Qurani-Peluang-Usaha-di-Bulan-Ramadhan
Peluang Usaha di Bulan Ramadhan

Ramadhan merupakan momen yang paling tepat untuk mencoba berbagai peruntungan usaha atau berbisnis. Ada banyak peluang usaha di bulan Ramadhan yang dapat dikerjakan dari rumah namun sangat menguntungkan dan menjanjikan untuk dijalankan.

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu oleh muslim, di mana pada bulan Ramadhan tersebut seluruh umat muslim berbondong-bondong untuk memaksimalkan amal ibadah. Mulai dari puasa selama sebulan penuh, sholat malam, baca Alquran, hingga sedekah di waktu siang maupun malam.

Kedatangan bulan Ramadhan juga tidak hanya ditunggu oleh umat muslim. Namun juga menjadi momen yang paling ditunggu oleh para pengusaha. Sebab, pada bulan Ramadhan ini para pengusaha bisa mendapatkan keuntungan hingga dua sampai tiga kali lipat dibanding bulan-bulan biasanya.

Selain pengusahanya, banyak juga dari masyarakat yang kemudian memanfaatkan momen Ramadhan ini untuk memulai usaha yang menguntungkan. Mulai dari usaha kecil-kecilan hingga usaha yang memerlukan modal cukup lumayan, namun kentungannya sangat menggiurkan.

Berikut ini beberapa peluang usaha di bulan Ramadhan yang cukup menjanjikan. Mungkin beberapa ide peluang usaha di bulan Ramadhan ini cocok untuk Anda.

Bina-Qurani-Peluang-Usaha-di-Bulan-Ramadhan

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Peluang Usaha di Bulan Ramadhan, Source: Photo by Statically

Peluang Usaha di Bulan Ramadhan yang Menguntungkan

Berikut ini beberapa ide peluang usaha di bulan Ramadhan yang dapat Anda coba meskipun hanya dari rumah atau pinggiran jalan:

1. Usaha Aneka Menu Takjil

Waktu berbuka puasa adalah momen yang paling ditunggu-tunggu. Dimana semua orang akan mencari menu makanan takjil untuk membatalkan puasanya. Inilah alasan kenapa peluang usaha aneka menu takjil di bulan Ramadhan sangan menjanjikan. Karena banyak orang yang membutuhkan santapan tersebut tanpa perlu repot-repot untuk membuatnya.

Untuk memulai usaha ini Anda hanya memerlukan modal ratusan ribu untuk membuat makanan takjil. Dengan modal tersebut Anda bisa menjual minuman untuk berbuka puasa seperti aneka es buah, gorengan, kolak, kue basah, dan sejenisnya.

Untuk memasarkan usaha tersebut, Anda dapat mendisplaynya di depan rumah atau pinggir jalan dekat rumah. Hingga memasarkannya melalui media sosial dengan penawaran Cash on Delivery atau COD.

2. Usaha Aneka Buah-buahan untuk Berbuka

Saat berbuka puasa, orang cenderung banyak mencari makanan yang manis seperti buah-buahan sebagai pencuci mulut. Hal ini dimaksudkan agar tubuh tetap fit setelah menjalani ibadah puasa seharian. Selain itu, buah juga biasanya dipakai sebagai bahan pelengkap untuk membuat es atau sop buah.

Cobalah untuk menjual buah-buahan yang paling dicari orang pada bulan Ramadhan seperti sekarang ini. Seperti timun suri, blewah, melon, semangka, pepaya, dan sejenisnya. Untuk menghemat modal usaha, Anda dapat membeli buah tersebut kepada orang yang punya kebun buah.

Dengan demikian buah yang Anda dapatkan pasti lebih murah, dan Anda dapat menjualnya dengan harga pasaran. Sehingga keuntungan yang didapatkan sedikit lebih tinggi.

Bina-Qurani-Peluang-Usaha-di-Bulan-Ramadhan

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Peluang Usaha di Bulan Ramadhan, Source: Photo by GS Image

3. Usaha Aneka Kue Kering untuk Lebaran

Di akhir bulan Ramadhan khususnya ketika menjelang hari lebaran, kue kering merupakan salah satu jajanan yang paling diserbu banyak orang. Kue kering merupakan hidangan wajib yang telah menjadi budaya bagi tamu-tamu yang datang berkunjung ke rumah di hari raya Idul Fitri.

Peluang usaha aneka kue kering ini merupakan peluang yang sangat menggiurkan di bulan Ramahdan, khusunya bagi orang yang suka dan senang membuat kue kering. Selain sebagai sarana menyalurkan hobi, juga menjadi ajang untuk meraup keuntungan berkali-kali lipat di bulan Ramadhan.

4. Usaha Parcel Lebaran

Selain aneka kue kering, peluang usaha di bulan Ramadhan yang juga sangat menguntungkan adalah usaha aneka parcel lebaran. Parcel lebaran merupakan salah satu usaha rumahan yang palling banyak dicari orang di bulan Ramadhan.

Mulai dari perusahaan besar, UMKM, hingga individu perorangan pasti membutuhkan parcel saat menjelang lebaran. Mereka biasnaya memberikan parcel tersebut untuk partner bisnis, karyawan, atau suplier saat menjelang lebaran.

Oleh karena itu, usaha ini merupakan usaha yang cukup menguntungkan namun membutuhkan kreatifitas yang cukup tinggi. Sedangkan untuk modalnya cukup bervariasi, tergantung bahan parcel dan isi parcel yang akan dijual.

5. Usaha Baju Lebaran

Peluang usaha di bulan Ramadhan yang tidak kalah menguntungkan adalah usaha baju lebaran dan perlengkapan sholat.

Di penghujung bulan Ramadhan mendekati hari raya, banyak orang yang ingin menggunakan pakaian baru dan perlengkapan sholat baru untuk tampil lebih segar. Sehingga momen ini dapat Anda manfaatkan untuk menjual pakaian tersebut.

Thumbnail Source: Photo by Ahmed Pexels

Artikel Terkait:
Meningkatkan Penjualan Bisnis di Bulan Ramadhan

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login