Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Pendidikan Anak Dalam Islam

Bina-Qurani-Pendidikan-Anak-Dalam-Islam
Pendidikan Anak dalam Islam

Pendidikan adalah usaha sadar yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pendidikan merupakan sesuatu yang esensial dan penting dalam kehidupan manusia. Karena dengan pendidikan dapat membentuk manusia menjadi dewasa, berpengetahuan, berkepribadian serta terampil.

Anak merupakan titipan dan amanah yang Allah berikan kepada kedua orang tua. Setiap orang tua pasti berharap anaknya akan menjadi orang yang berguna dan sukses dikemudian hari. Keberhasilan orang tua dalam mendidik agar menjadi anak yang saleh dan sukses di dunia dan akhirat, dapat dilihat dari proses pendidikan yang diberikan.

Islam adalah agama yang sangat memperhatikan anak-anak pada setiap fase kehidupan mereka. Mulai dari ketika seorang anak di dalam kandungan, saat masih usia menyusu, mulai tumbuh dewasa, hingga dalam hal pendidikannya, semuanya telah diatur dalam Islam. Oleh karena itu pendidikan anak dalam Islam merupakan hal yang amat penting untuk diperhatikan.

Bina-Qurani-Pendidikan-Anak-Dalam-Islam

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Pendidikan Anak Dalam Islam, Source: Photo by Chanikarn Thongsupa Rawpixel

Hal yang Perlu Diperhatikan Terkait Pendidikan Anak dalam Islam

Pendidikan anak dalam Islam bertujuan untuk membentuk seorang anak yang beriman, berakhlak mulia, beramal saleh, terampil, berpengetahuan luas dan berpengalaman sehingga mampu menjadi insan mandiri lagi berguna bagi agama, orang tua maupaun masyarakat sekitarnya.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan pendidikan anak dalam Islam:

1. Mengajarkan Tauhid

Tauhid merupakan landasan Islam yang amat penting. Oleh karena itu, mengajarkan pendidikan tauhid pada anak merupakan kewajiban yang utama dan hal yang paling penting terkait pendidikan anak dalam Islam.

Sebagaimana di dalam Alquran, terekam bagaimana ketika Luqman mengajarkan tauhid kepada anaknya. Allah Subḥānahu WaTa’ālā berfirman:

وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَابُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ (13)

“Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, tatkala dia memberi pelajaran kepadanya “wahai anakku! Janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar”. (QS. Luqman [31]: 13)

Bina-Qurani-Pendidikan-Anak-Dalam-Islam

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Pendidikan Anak Dalam Islam, Source: Photo by Timur Pexels

2. Mengajarkan Adab dan Akhlak

Pendidikan dalam keluarga merupakan tempat pertama dan amat utama bagi perkembangan anak. Keluarga merupakan lingkungan pertama anak dalam memperoleh sesuatu salah satunya adalah adab dan akhlak. Oleh karenanya keluarga terutama orang tua harus mampu memberikan suri tauladan yang baik bagi anak.

Dengan penanaman adab dan akhlak yang baik dari keluarga, maka itu akan menjadi pondasi bagi anak dalam berinteraksi dengan lingkungan mereka nantinya.

3. Mengajarkan dan Membiasakan Anak Beribadah

Mengenalkan agama pada anak sedari dini merupakan suatu hal yang sangat penting. Hal ini dapat dilakukan dengan cara selalu menyertakan anak dalam kegiatan-kegiatan ibadah. Seperti mengajak anak ketika ke masjid, membaca Alquran disamping sang anak, dan lain semisalnya.

Dengan menyertakan anak disetiap kegiatan ibadah, maka itu akan terekam dan akan menjadi pembelajaran yang baik bagi sang anak. Dan pembiasaan tersebut merupakan bagian pendidikan anak dalam Islam.

Bina-Qurani-Pendidikan-Anak-Dalam-Islam

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Pendidikan Anak Dalam Islam, Source: Photo by Melike Pexels

4. Memaksimalkan Minat dan Bakat Anak

Setelah pengajaran tauhid, penanaman akhlak yang baik, dan pembiasaan ibadah kepada anak, maka diharapkan orang tua mengamati minat dan bakatnya.  Hendaknya orang tua mendukung dan memaksimalkan potensi bakat  dan minat sang anak, selagi itu tidak bertentangan dengan syariat Islam.

Didalam Alquran banyak sekali disebutkan ayat-ayat yang mendorong umat Islam untuk mendalami sains maupun untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jadi tidak mengapa mengajarkan berbagai ilmu pengetahuan kepada anak, asalkan hal itu masih selaras dengan ajaran agama Islam.

Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendidik anak, karena anak adalah generasi penerus dimasa yang akan datang. Dan anak merupakan amanah yang Allah titipkan, jika salah dalam mendidik anak maka akan ada pertanggungjawaban di dunia maupun di akhirat.

Thumbnail Source: Photo by Timur Pexels

Artikel Terkait:
Manfaat Parenting bagi Anak

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login