Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Pendidikan Moral di Jaman Modern

Bina-Qurani-Pendidikan-Moral-di-Jaman-Modern
Pendidikan Moral di Jaman Modern

Secara umum pendidikan merupakan usaha untuk membentuk orientasi individu-individu menurut norma tertentu dan membantu mereka memiliki pandangan yang benar terhadap kehidupan. Pendidikan itu diiringi dengan proses pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan, mengembangkan bakat dan potensi mereka diberbagai bidang.

Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat maupun pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan. Hal ini berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat, yang bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat memainkan peranan dalam berbagai kondisi hidup secara baik dimasa yang akan datang.

Pada umumnya pendidikan lebih menekankan kepada ranah kognitif dan psikomotorik saja sehingga aspek afektif (berkaitan dengan sikap) belum dilaksanakan secara proporsional. Padahal ranah afektif menempati posisi penting dan signifikan bagi normalisasi kehidupan.

Padahal, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern berarti telah terciptanya komunikasi bebas lintas benua dan lintas negara. Ada hal yang tidak bisa kita pungkiri yang terjadi di negara kita yaitu semakin melemahnya moral dalam lingkungan masyarakat kita. Oleh karena itu, pendidikan moral di jaman modern ini hendaknya perlu untuk diperhatikan lagi. Sebab, selama ini pendidikan moral termasuk diantara jenis pendidikan yang kurang mendapat perhatian lebih.

Bina-Qurani-Pendidikan-Moral-di-Jaman-Modern

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Pendidikan Moral di Jaman Modern, Source: Photo by Dids Pexels

Faktor Pendukung Pendidikan Moral di Jaman Modern

Anak adalah tunas-tunas harapan berlangsungnya peradaban di masa yang akan datang. Jika anak-anak memiliki spiritualitas dan moralitas yang baik, maka baik juga peradaban yang nanti mereka bangun. Namun sebaliknya jika spiritualitas dan moralitas mereka buruk, maka akan buruk juga peradaban di masa yang akan datang.

Dengan merealisasikan pendidikan yang dititikberatkan pada pembangunan spiritualitas diharapkan moralitas anak terbentuk secara baik dan akhirnya berdampak pada peradaban manusia kedepannya.

Berikut beberapa faktor pendukung yang sangat penting dan perlu diperhatikan terkait dengan pendidikan moral di jaman modern:

1. Peran Orang Tua dalam Pendidikan Moral

Dalam pendidikan moral, orang tua tentunya memiliki peran yang sangat penting karena pembelajaran pertama dan utama seorang anak adalah dari orang tuanya. Hendaknya orang tua memberikan contoh yang baik, karena anak akan melihat dan menirukan perilaku orang tuanya.

Dan sebaiknya tanamkan nilai-nilai kebaikan sejak usia dini kepada anak. Karena ketika anak sudah terbiasa dengan sikap dan akhlak yang baik, itu akan mejadi karakter yang melekat pada dirinya.

Bina-Qurani-Pendidikan-Moral-di-Jaman-Modern

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Pendidikan Moral di Jaman Modern, Source: Photo by Pok Rie Pexels

2. Penanaman Nilai Keagamaan yang Kuat

Membentengi anak dari pergaulan bebas dan dekadensi moral yang mulai merisaukan di masa sekarang, bisa dilakukan dengan penanaman nilai agama yang kuat. Karena terutama dalam ajaran agama Islam ditekankan untuk berperilaku jujur, berakhlak baik, amanah, saling mengasihi dan nila-nilai baik lainnya.

Membekali anak dengan nilai keagaman yang kuat, akan mempermudah dalam perbaikan moral kedepannya.

3. Teman dan Lingkungan yang Baik

Terkait dengan pendidikan moral di jaman modern ini maka hendaknya perhatikan teman dan lingkungan yang ada. karena teman dan lingkungan sekitar sangat mempengaruhi moral seseorang.

Jika salah berteman hal itu dapat menjerumuskan seseorang kedalam pergaulan negatif. Dan jika tinggal di lingkungan yang tidak baik itu juga akan sangat mempengaruhi moral seseorang. Sebaliknya jika teman dan lingkungannya baik maka kebaikan itu akan menyebar kesekitarnya.

Salah satu wadah yang baik terkait pendidikan moral di jaman modern ini adalah pesantren. Pendidikan di pesantren, menekankan kepada terjalinnya hubungan baik antara manusia dengan Tuhannya dan manusia dengan manusia atau sesama makhluk hidup lainnya.

Dalam dunia pesantren, berkaitan dengan akhlak sangat begitu ditekankan. Akhlak yang dimaksud, merujuk terhadap persoalan yang berkaitan dengan etika, sikap dan ucapan. Dengan ini pesantren bisa menjadi lembaga pendidikan yang cukup efektif dalam perbaikan pendidikan moral di jaman modern ini.

Thumbnail Source: Photo by Enes Acikgoza Pixabay

Artikel Terkait:
Metode Pendidikan Islam

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
© 2023 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login