Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Pendidikan Multikultural Adalah

Bina-Qurani-Pendidikan-Multikultural-
Pendidikan Multikultural Adalah

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki kekayaan alam serta kebudayaan yang begitu melimpah di setiap jengkal tanahnya.

Indonesia memiliki beraneka ragam suku, budaya, adat istiadat, dan bahasa yang berbeda-beda di setiap wilayahnya. Keberagaman inilah yang menjadi ciri khas dan karakter dari bangsa Indonesia.

Keberagaman Indonesia sejatinya adalah anugerah dari Sang Pencipta langit dan bumi, Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā. Usaha untuk menjaga dan memelihara keberagaman bangsa ini merupakan sebuah keharusan yang harus dilaksanakan, agar tercipta kehidupan yang damai sentosa.

Bina-Qurani-Pendidikan-Multikultural-

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Pendidikan Multikultural Adalah, Source: Photo From Thirdman Pexels

Oleh karena itu, maka pendidikan multikultural menjadi hal penting yang harus diberikan kepada seluruh siswa-siswi penerus bangsa Indonesia.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan sedikit membahas mengenai beberapa poin terkait dengan pendidikan multikultural. Di antara poin pembahasan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pengertian Pendidikan Multikultural
  • Pendidikan Multikultural Menurut Para Ahli
  • Tujuan Pendidikan Multikultural
  • Prinsip Pendidikan Multikultural

Yuk kita simak!

Bina-Qurani-Pendidikan-Multikultural-

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Pendidikan Multikultural Adalah, Source: Photo From Thirdman Pexels

Pengertian Pendidikan Multikultural

Untuk mengetahui pengertian dari pendidikan multikultural, kita dapat melihat dari susudan kata pembentuknya. Istilah pendidikan multikultural berasal dari dua kata yaitu, pendidikan dan multikultural.

Pendidikan adalah sebuah proses pengembangan sikap dan tingkah laku seseorang atau sekelompok orang melalui pengajaran, pelatihan, proses, perbuatan dan cara-cara yang mendidik, dalam usaha mendewasakan manusia.

Sedangkan multikultural terdiri dari dua kata yaitu multi dan kultural. Multi artinya adalah banyak, serta beraneka ragam, dan kultural artinya adalah budaya, tradisi, kesopanan atau pemeliharaan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pendidikan multikultural adalah proses pengembangan seluruh potensi manusia yang menghargai keberagaman budaya, adat istiadat, etnis, dan suku bangsa.

Pendidikan multikultural juga dapat dipahami sebagai gagasan atau gerakan pembaruan pendidikan untuk merubah struktur lembaga pendidikan di Indonesia, agar setiap masyarakat dari berbagai suku, budaya, etnis dan unsur lainnya memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai prestasi akademis.

Bina-Qurani-Pendidikan-Multikultural-

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Pendidikan Multikultural Adalah, Source: Photo From Pixabay Pexels

Pendidikan Multikultural Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa pendapat dari para ahli terkait dengan pengertian dari pendidikan multikultural, sebagai berikut:

1. Chairul Mahfud

Menurut Chairul Mahfud, pendidikan multikultural adalah pendidikan yang didalamnya mengajarkan mengenai keberagaman budaya yang bertujuan untuk menumbuhkan sikap toleransi terhadap perbedaan kebudayaan yang ada.

2. Muhaemin el Mahdy

Muhaemin el Mahdy menyebutkan bahwa, pendidikan multikultural adalah pendidikan yang mengajarkan tentang keberagaman budaya dalam merespon perubahan demografis dan kultural lingkungan masyarakat tertentu bahkan dunia secara keseluruhan.

3. Zakiyuddin Baidhawi

Zakiyuddin menyebutkan bahwa definisi dari pendidikan multikultural adalah sebuah proses pendidikan yang mengajarkan tentang keberagaman atau teaching diversity.

4. John W. Santrock

Menurut John W. Santrock, ia mendefinisikan bahwa pendidikan multikultural adalah pendidikan yang menghargai diversitas dan mewadahi perspektif dari beragam kelompok kultural atas dasar basis regular.

Bina-Qurani-Pendidikan-Multikultural-

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Pendidikan Multikultural Adalah, Source: Photo From Olenka Sergienko Pexels

5. M. Ainul Yaqin

M. Ainul Yaqin juga menyatakan pendapatnya bahwa pengertian dari pendidikan multikultural adalah sebuah strategi pendidikan yang diaplikasikan pada semua jenis mata pelajaran dengan cara menggunakan perbedaan-perbedaan kultural yang ada pada para siswa agar proses belajar menjadi lebih mudah, seperti:

  • Perbedaan Etnis
  • Perbedaan Bahasa
  • Perbedaan Gender
  • Perbedaan Klas Sosial
  • Perbedaan Ras
  • Perbedaan Kemampuan
  • Perbedaan Umur

Demikian beberapa pendapat tentang pengertian pendidikan multikultural dari beberapa tokoh.

Tujuan Pendidikan Multikultural

Adanya pendidikan multikultural yang diterapkan bukan tanpa sebab, melainkan ada tujuan yang hendak dicapai dari penerapan pendidikan multikultural ini.

Di antara tujuan dari diterapkannya pendidikan multikultural adalah sebagai berikut:

  1. Untuk meghidupkan fungsi dari peranan sekolah dalam memandang keberadaan siswa yang beranekaragam.
  2. Sebagai usaha untuk membantu siswa dalam membangun perlakuan positif terhadap perbedaan budaya, ras, dan etnik.
  3. Memberikan ketahanan kepada siswa dengan memberikan pengajaran kepada mereka dalam usaha mengambil keputusan dan ketrampilan sosialnya.
  4. Membantu peserta didik dalam upaya membangun ketergantungan lintas budaya dan memberi gambaran positif kepada mereka mengenai perbedaan kelompok.
  5. Membentuk peserta didik agar menjadi warga negara yang baik, di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat tanpa melihat perbedaan yang ada.

Jadi, jelaslah bahwa pendidikan multikultural adalah sebuah konsep pendidikan yang mempunyai tujuan besar dalam upaya menjaga keberagaman negara Indonesia.

Bina-Qurani-Pendidikan-Multikultural-

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Pendidikan Multikultural Adalah, Source: Photo From Meruyert Gonullu Pexels

Prinsip Pendidikan Multikultural

Penerapan pendidikan multikultural tentunya tidak akan berhasil tanpa adanya prinsip-prinsip yang kuat di dalamnya.

Gorsky menyebutkan bahwa, beberapa pripsip yang harus ada pada penerapan pendidikan multikultural adalah sebagai berikut:

  1. Pemilihan materi pelajaran harus dilakukan secara terbuka berdasarkan pada adat dan kebudayaan siswa.
  2. Isi materi pelajaran yang dipilih harus mengandung perbedaan dan persamaan dalam lintas kelompok.
  3. Materi yang dipilih harus sesuai dengan konteks waktu dan tempat.
  4. Pengajaran semua pelajaran harus dibangun dan digambarkan berdasarkan pengalaman serta pengetahuan yang dibawa siswa ke kelas.
  5. Dalam proses pengajaran hendaknya memuat model pembelajaran yang interaktif agar mudah dipahami.

Demikianlah uraian singkat tentang pendidikan multikultural. Semoga bermanfaat.

Thumbnail Source: Photo From Abdul Rabbani Pexels

Artikel Terkait:
Contoh Multikulturalisme

TAGS
#Batas Wilayah Indonesia #Ciri-ciri Pantun #Indonesia #Kata Kerja Mental #khazanah #Lambang Sila Pertama #Multikulturalisme #Norma Hukum #Pancasila #Teks Ceramah #Teks Eksplanasi #Sekolah Islam
Login