Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Pendidikan Umum di Islamic School

Islamic school adalah salah satu model sekolah yang cukup dicari oleh masyarakat muslim saat ini. Apalagi Islamic school ini cukup menjanjikan bagi para orang tua yang ingin anak-anaknya menjadi baik secara agama dan mumpuni secara sains dan teknologi. Karena biasanya Islamic school ini menawarkan konsep pendidikan yang memadukan kurikulum pendidikan nasional dengan pendidikan diniyah (keagamaan) atau disebut dengan sekolah Islam terpadu. Ada pula yang menggunakan istilah integrasi ilmu, yaitu kurikulum Islamic school ini mengintegrasikan atau menyatukan antara ilmu umum dan ilmu agama.

Terlepas dari perbedaan istilah pada penggunaan perpaduan atau integrasi ilmu di Islamic school, salah satu aspek yang cukup menjadi daya tarik para orang tua adalah keberadaan kurikulum umumnya. Tidak sedikit Islamic school yang menawarkan pendidikan umum yang tidak biasa. Seperti yang diterapkan oleh sekolah Insan Cendekia Madani yang merupakan Islamic school yang telah berdiri selama 9 tahun di tahun 2019 ini yang menerapkan kurikulum nasional 2013, kurikulum Cambridge untuk matematika, bahasa inggris, ilmu pengetahuan (fisika, kimia, dan biologi). (www.icm.sch.id, 2020)

Sekolah lainnya yang menggunakan kurikulum Cambridge sebagai referensi utama pendidikan umumnya adalah Islamic school FIWA yaitu Fitrah Islamic World Academy yang berlokasi di Ciseeng Bogor Jawa Barat.

Di kota Depok salah satu sekolah yang menggunakan kurikulum Cambridge adalah Sekolah Islam Zam Zam Syifa Boarding School. Bahkan Islamic school ini juga menerapkan Kurikulum 2013, Cambridge, Afiliasi, Sertifikasi dan lain-lain sebagai kurikulum pendidikan umumnya.

Demikian pula Islamic school Nurul Fikri yang lokasinya cukup banyak di pulau Jawa, Selain berpedoman pada kurikulum Nasional, SIT Nurul Fikri mengembangkan kurikulum yang constructive based curriculum, Islamic value (SMART) based curriculum, learning experiences based curriculum, dan higher order thinking skills (HOTS) based curriculum. Serta diperkuat dengan kurikulum yang mencerminkan kekhasan Nurul Fikri seperti, Tahfidzul Quran, Bahasa Arab, Bina Pribadi Islami, dan Sejarah Keislaman.

Tentu saja masih banyak lagi Islamic school lainnya yang telah menerapkan pendidikan umum yang tidak kalah saing dengan sekolah umum terakreditasi A sekalipun. Jadi, Islamic school adalah salah satu solusi masa depan anak-anak muslim yang ingin menjadi ilmuwan tetapi tetap menjaga identitas keislamannya dan menerapkan akhlak yang mulia.

TAGS
#Kurikulum #Umum #Islamic School #Pendidikan
Login