Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Pengabdian Seorang Guru di Islamic Boarding School

Pengawalan guru terhadap peserta didik di Islamic Boarding School dapat dikatakan 24 jam. Dimulai dari bangun tidur hingga tidur kembali. Tanggung jawab guru di Islamic Boarding School tentu sangat berbeda jika dibandingkan dengan guru-guru di sekolah umum. Di sekolah umum, kewajiban guru mengawasi peserta didik hanya selama proses belajar mengajar di sekolah saja. Selebihnya ketika peserta didik kembali pulang ke rumah menjadi tanggung jawab orang tua. Hal ini tidak bagi guru-guru di Islamic Boarding School karena peserta didik diserahkan sepenuhnya menjalani kegiatan dan kehidupan di Islamic Boarding School.

Pengawasan guru Islamic Boarding School terhadap peserta tidak hanya selama kegiatan belajar mengajar di kelas saja, tetapi seluruh aktivitas peserta didik selama di Islamic Boarding School menjadi beban tanggung jawab sang guru. Di sinilah beratnya tanggung jawab sang guru. Dia wajib bersabar dalam menghadapi beragam karakter peserta didik dengan berbagai permasalahannya, telaten dalam membimbing, dan tidak mudah sakit hati dengan berbagai tingkah laku peserta didik yang seringkali memancing emosi. Totalitasnya mengawal kegiatan para peserta didik Islamic Boarding School terkadang membuatnya tidak mempunyai waktu untuk sekedar rekreasi bersama keluarga di akhir pekan dan bahkan untuk silaturahmi saja kepada keluarga besarnya sangat sulit menyesuaikan waktunya. Mungkin hanya saat liburan ia memiliki waktu dan itupun hanya terbatas karena jarang sekali Islamic Boarding School mempunyai waktu libur yang panjang. Tanggung jawab yang berat dan porsi waktu yang totalitas untuk mengawasi para peserta didik ternyata banyak guru di Islamic Boarding School yang tidak mendapatkan gaji yang layak untuk kebutuhan keluarga mereka. Sekalipun demikian, niat ibadah, pengabdian, ikhlas, sabar, serta qanaah dan tawakal menjadikan sang guru Islamic Boarding School tetap bahagia dan semngat menjalani tanggung jawab yang besar tersebut.

Beratnya tanggung jawab guru Islamic Boarding School dikarenakan ia menggantikan posisi orang tua selama menjalani kehidupan di sana. Peserta didik dan alumni Islamic Boarding School wajib menghormati guru-guru mereka. Ilmu yang telah diajarkan jauh lebih berharga dan bernilai dibandingkan dengan apapun. Paling minimal doa-doa terbaik dipanjatkan untuk para guru yang telah mengajar dan mendidik mereka selama menimba ilmu di Islamic Boarding School. Jika mampu memberikan sesuatu yang berharga dan bermanfaat maka berikanlah sebagai ungkapan kasih sayang atas jasa mereka.

TAGS
#Abu Mujahid al-Ghifari #Pengabdian Seorang Guru #Islamic Boarding School
Login