Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Pengaruh Tauhid Asma wa Sifat dalam Muamalah

Bina-Qurani-Pengaruh-Tauhid-Asma-wa-Sifat-dalam-Muamalah
Pengaruh Tauhid Asma wa Sifat dalam Muamalah

Seseungguhnya iman pada seluruh asma dan sifat-sifat Allah memiliki pengaruh khusus dalam ibadahnya seorang hamba kepada Rabbnya, serta dalam hal muamalah kepada Allah dan muamalah kepada sesama makhluk Allah.

Berikut penjelasannya!

Pengaruh Tauhid Asma wa Sifat dalam Muamalah dengan Allah

Jika seseorang mengetahui Asma dan sifat-Nya, juga mengetahui madlul atau arti dan maksudnya secara benar, maka yang demikian itu akan memperkanalkannya dengan Rabb-Nya beserta keagungan-Nya. Sehingga ia tunduk dan khusyu’ kepada-Nya, takut, dan mengharapkannya, tunduk dan memohon kepada-Nya serta bertawasul kepada-Nya dengan nama-nama dan sifat-sifat-Nya.

Bina-Qurani-Pengaruh-Tauhid-Asma-wa-Sifat-dalam-Muamalah

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Pengaruh Tauhid Asma wa Sifat dalam Muamalah, Source: Photo By Masjid Pogung Dalangan Unsplash

Sebagaimana Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman,

وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا

Artinya:

“Hanya milik Allah Al-Asma Al-Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Al-Asma Al-Husna itu.” (QS. Al-A’raf []: 180)

Jika ia mengetahui bahwa Rabb-nya sangat dahsyat adzab-Nya, Diab isa murka, Maha Kuat, Maha Perkasa, dan Maha Kuasa melakukan apa saja yang Dia kehendaki. Dia Maha Mendengar, Maha Melihat, dan Maha Mengetahui segala sesuatu yang tidak satupun terlepas dari ilmu-Nya, maka hal itu akan membuatnya bermuraqabah, takut, dan menjauhi maksiat terhadap-Nya.

Jika ia mengetahui Allah adalah Maha Pengampun, Maha Penyayang, Maha Kaya, Maha Mulia, senang pada taubat hamba-Nya, mengampuni semua dosa dan menerima taubat orang yang bertaubat, maka hal itu akan membawanya pada taubat dan istighfar, juga membuatnya bersangka baik kepada Rabb-nya dan tidak akan berputus asa dari rahmat-Nya.

Jika ia mengetahui Allah adalah yang memberi nikmat, yang menganugerahi, dan yang hanya di tangan-Nya segala kebaikan, dan Dia Maha Kuasa atas segalanya, Dia yang memberi rezeki, membalas dengan kebaikan, dan memuliakan hamba-Nya yang mukmin, maka hal itu akan membawanya pada mahabbah kepada Allah dan bertaqarrub kepada-Nya serta mencari apa yang ada di sisi-Nya dan akan berbuat baik kepada sesamanya.

Bina-Qurani-Pengaruh-Tauhid-Asma-wa-Sifat-dalam-Muamalah

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Pengaruh Tauhid Asma wa Sifat dalam Muamalah, Source: Photo By Gettyimages

Pengaruh Tauhid Asma wa Sifat dalam Muamalah dengan Makhluk

Jika seseorang mengetahui bahwa Allah adalah Hakim yang Maha Adil, tidak menyukai kezaliman, kecurangan, dosa, dan permusuhan, dan Dia Maha Membalas dendam terhadap orang-orang zalim atau orang-orang yang melampaui batas atau orang-orang yang berbuat kerusakan, makai a pasti akan menahan diri dari kezaliman, dosa, kerusakan, dan khianat.

Dan ia akan berbuat adil atau objektif sekalipun terhadap dirinya sendiri, juga akan bergaul dengan teman-temannya dengan akhlak yang baik.

Masih banyak lagi pengaruh-pengaruh terpuji lainnya karena mengetahui nama-nama Allah dan beriman kepada-Nya.

Dikutip dari: Dr. Shalih bin Fauzan Al-Fauzan, Aqidatut Tauhid Kitabut Tauhid lis-Shaff Al-Awwal – Ats-Tsalis – Al-Aly. Edisi terjemah: Alih Bahasa Syahirul Alim Al-Adib, Lc., Kitab Tauhid, (Jakarta: Ummul Qura, 2018), 116-118.

Thumbnail Source: Photo By Artur Aldyrkhanov From Unsplash

Artikel Terkait:
Arti Al Alim

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Akidah #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
Login