Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Pengertian Cryptocurrency

Bina-Qurani-Pengertian-Cryptocurrency
Pengertian Cryptocurrency

Beberapa tahun belakangan ini, istilah bitcoin menjadi topik yang sangat hangat dan begitu menarik, hingga menjadi perbincangan banyak orang. Bitcoin merupakan salah satu jenis cryptocurrency yang banyak digunakan dalam berbagai transaksi di era transformasi digital ini.

Perkembangan cryptocurrency atau yang sering dianggap sebagai mata uang digital terlihat begitu pesat di era transformasi digital seperti sekarang ini. Perkembangan teknologi keuangan digital ini nyatanya mulai mengguncang layanan keuangan dan sistem pembayaran dunia.

Meskipun diliputi dengan banyak kontroversi antara pro dan kontra, namun cryptocurrency terus mengalami perkembangan yang inovatif dan peningkatan peminat yang begitu masif. Hal ini dilihat dari nilainya yang terus meningkat secara fluktuatif.

Berdasarkan laporan dari Bank Indonesia yang disampaikan melalui situs resminya pada bagian statistik sistem pembayaran atau SPP, disebutkan bahwa jumlah uang elektronik yang beredar di Indonesia per bulan September 2021 telah mencapai nilai sebanyak 530.664.510.

Lalu apa sebenarnya cryptocurrency itu? Kenapa banyak orang yang mulai tertarik untuk menggunakannya dalam melakukan transaksi digital?

Yuk simak penjelasan berikut ini!

Bina-Qurani-Pengertian-Cryptocurrency

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Pengertian Cryptocurrency, Source: Photo by Miloslav Hamrik From Pixabay

Pengertian Cryptocurrency

Apa itu cryptocurrency?

Sederhananya, pengertian cryptocurrency adalah mata uang digital atau mata uang virtual, dan banyak pula yang mengatakan sebagai mata uang kripto.

Secara bahasa, pengertian cryptocurrency juga dapat dilihat dari susunan katanya yaitu Crypto dan Currency yang berasal dari bahasa Inggris. Crypto artinya segala sesuatu yang merujuk pada bahasa persandian rahasua di dalam dunia komputer, sedangkan currency berarti sesuatu yang merujuk pada nilai mata uang.

Maka dapat disimpulkan bahwa pengertian cryptocurrency adalah sebuah mata yang viirtual atau digital yang memiliki nilai tukar dengan mata uang konvensional dan dijamin oleh cryptography.

Bina-Qurani-Pengertian-Cryptocurrency

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Pengertian Cryptocurrency, Source: Photo by Valeriy Ryasnyanskiy dari Pixabay

Cryptocurrency adalah jenis mata uang virtual yang tidak mempunyai bentuk fisik dan dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi secara online. Fungsi dan kegunaan dari cryptocurrency ini juga tidak berbeda dengan fungsi serta kegunaan mata uang konvensional pada umumnya.

Namun dalam melakukan transaksi menggunakan cryptocurrency tidak bisa dilakukan dengan komputer biasa. Seorang pengguna harus menggunakan komputer yang cukup canggih yang dapat mendukung penggunaan platform blockchain. Dengan sistem Blockchain ini, transaksi cryptocurrency yang dilakukan oleh pengguna akan berjalan lancar.

Transaksi online ini tentunya tidak sesederhana yang dirasakan oleh penggunanya. Dalam transaksi tersebut terdapat berbagai macam proses yang rumit dengan menggunakan kode-kode komputer khusus, agar transaksi dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Bina-Qurani-Pengertian-Cryptocurrency

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Pengertian Cryptocurrency, Source: Photo by Miloslav Hamrik From Pixabay

Pengertian Cryptocurrency Menurut Para Ahli

Selain pengertian cryptocurrency di atas, beberapa ahli juga mengemukakan pendapatnya terkait definisi dan pengertian cryptocurrency. Berikut ini adalah beberapa pengertian cryptocurrency menurut para ahli:

1. Ladislav

Pengertian cryotpcurrency berdasarkan pendapat dari Ladislav adalah mata uang atau aset digital yang dirancang untuk digunakan sebagai media pertukaran.

Cryptocurrency diciptakan dengan menggunakan kriptografi yang kuat untuk mengamankan transaksi keuangan, mengontrol pembuatan unit tambahan, dan memverifikasi pengalihan aset.

2. Mecir L

Sedangkan pengertian cryptocurrency menurut Mecir L adalah jenis mata uang alternatif dan merupakan mata uang digital. Cryptocurrency diciptakan dengan menggunakan kontrol terdesentralisasi dibandingkan dengan mata uang digital terpusat dan sistem bank sentral.

Cryptocurrency adalah mata uang virtual yang beredar secara bebas dan tidak diatur oleh bank sentral tertentu. Nilainya juga tidak diback up dengan emas sebagaimana mata uang konvensional, dan tidak pula dinaungi oleh negara tertentu.

Itulah beberapa pengertian cryptocurrency yang ditinjau dari segi bahasa dan juga dari pendapat para ahli yang telah lama berkecimpung di dunia finansial. Semoga uraian ini dapat menjawab pertanyaan Anda terkait pengertian cryptocurrency.

Thumbnail Source: Photo by Dung Tran From Pixabay

Artikel Terkait:
Cryptocurrency Halal atau Haram

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login