Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Pengertian Generasi Qurani, Karakteristik, dan Cara Mendidiknya

Bina-Qurani-Pengertian-Generasi-Qurani-Karakteristik-Cara-Mendidiknya
Pengertian Generasi Qurani, Karakteristik, dan Cara Mendidiknya

Apa itu Generasi Qurani?

Generasi qurani adalah sebuah generasi yang menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup mereka serta meyakini akan kebenarannya. Generasi qurani mempunyai akidah yang kuat, amal ibadah yang benar, bagus akhlaknya dan tinggi peradabannya.

Generasi Qurani merupakan generasi yang didamba dan diharapkan oleh setiap orang tua kepada anak-anaknya. Sehingga, segala usaha dan upaya dilakukan oleh orang tua agar sang buah hati menjadi pribadi yang shalih/shalihah, dekat dan berpegang teguh pada Alquran, serta bermanfaat bagi agama, keluarga, dan bangsanya.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Alquran merupakan pedoman hidup bagi manusia. Dengan berpegang teguh pada Alquran dan menjadikannya sebagai rujukan dalam setiap urusan kehidupan, niscaya kita tidak akan pernah tersesat.

Hal ini sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam:

تَرَكْتُ فِيكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا كِتَابَ اللَّهِ وَسُنَّةَ نَبِيِّهِ

Artinya:

“Aku telah tinggalkan kepadamu dua perkara. Kamu tidak akan sesat selama berpegang teguh kepada keduanya, yaitu Kitab Allah (Alquran) dan Sunah Nabi-Nya,” (HR. Malik dan Baihaqi)

Bina-Qurani-Pengertian-Generasi-Qurani-Karakteristik-Cara-Mendidiknya

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Pengertian Generasi Qurani, Karakteristik, dan Cara Mendidiknya, Source: Photo by Pok Rie Pexels

Dikatakan generasi qurani apabila dalam segala aktivitas kehidupannya senantiasa bermuara pada Alquran dan As-Sunah, senantiasa dekat dengan Alquran, dan senantiasa mencintai Alquran. Dalam kehidupan sehari-hari, generasi qurani tidak akan pernah lepas dari aktivitas membaca Alquran, memahami kandungannya dengan baik dan benar serta mengamalkan seluruh isi kandungannya dalam segala aspek kehidupan.

Sebagai seorang ayah atau ibu kita semua tentu mengharapkan sang buah hati dapat menjadi generasi qurani yang senantiasa dapat belajar dan mengajarkan Alquran, serta mengimplementasikan isi kandungan Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

Karakteristik Generasi Qurani

Generasi qurani memiliki beberapa karakteristik, baik karakteristik secara umum maupun karakteristik secara khusus. Berikut ini adalah beberapa karakteristik generasi qurani:

1. Karakteristik Umum Generasi Qurani

Secara umum, karakteristik generasi qurani adalah sebagai berikut:

  • Selalu menjadikan Alquran sebagai pedoman dan sumber rujukan utama dalam kehidupannya.
  • Senantiasa belajar Alquran dan berusaha mengamalkannya.
  • Meninggalkan segala perilaku yang berlawanan dengan kandungan yang ada dalam Alquran.
2. Karakteristik Khusus Generasi Qurani

Sedangkan secara khusus, generasi qurani mempunyai karakteristik sebagai berikut:

  • Bisa membaca dan menulis Alquran dengan baik.
  • Mampu menghafal Alquran dengan sempurna.
  • Dapat menerjemahkan ayat-ayat Alquran.
  • Memahami isi kandungan Alquran dengan baik.
  • Senantiasa menerapkan isi kandungan Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

Demikianlah beberapa karakteristik generasi qurani baik secara umum maupun secara khusus.

Bina-Qurani-Pengertian-Generasi-Qurani-Karakteristik-Cara-Mendidiknya

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Pengertian Generasi Qurani, Karakteristik, dan Cara Mendidiknya, Source: Photo by M Taha Pexels

Cara Mendidik Anak Menjadi Generasi Qurani

Sebagai orang tua yang mendambakan buah hatinya menjadi generasi qurani, tentu akan melakukan segala upaya agar hal tersebut dapat terwujud. Berikut ini adalah beberapa upaya yang dapat dilakukan orang tua untuk mendidik anaknya menjadi generasi qurani:

1. Luruskan Niat Hanya karena Allah dalam Mendidik Anak

Hal yang utama dan paling utama dalam mendidik anak agar menjadi generasi qurani adalah niat yang lurus dan ikhlas hanya karena Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā.

Jangan pernah menjadikan tujuan mendidik anak menjadi generasi qurani hanya untuk meraih kedudukan di tengah-tengah manusia, meraih keuntungan dunia, mendapatkan pujian dan hal-hal yang bersifat keduniaan lainnya.

Namun, ikhlaslah dalam menghafal Alquran. Karena amal shalih sebebesar apapun jika niat dan motivasinya bukan karena Allah, pasti akan sia-sia dan tertolak.

Umar bin Al-Khatthab Raḍiallāhu ‘Anhu meriwayatkan hadis, bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى

“Sesungguhnya amalan itu bergantung pada niatnya, dan setiap orang akan memperoleh apa yang diniatkannya.” (HR. Bukhari)

2. Menjadikan Alquran dan As-Sunah sebagai Panduan Pendidikan Anak

Untuk membentuk generasi qurani, bukanlah hal yang mudah namun jika dibarengi dengan kesungguhan dan niat yang ikhlas karena Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā hal tersebut tentu akan menjadi lebih mudah.

Mengingat perkembangan kemajuan teknologi dan informasi yang begitu pesat, untuk mendapatkan tips-tips seputar pendidikan anak tentu menjadi hal yang sangat mudah. Namun, jangan sampai hal tersebut lantas membuat kita sebagai orang tua terlena dengan berbagai macam teori pendidikan yang kita temukan.

Jadikanlah Alquran sebagai panduan utama dalam mendidik anak-anak kita, karena Alquran merupakan sebaik-baik petunjuk yang telah Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā turunkan kepada umat manusia.

Alquran dan As-Sunah telah terbukti dan teruji sebagai panduan kehidupan termasuk dalam hal mendidik anak. Hal tersebut dapat dilihat dari kisah para sahabat yang sukses dididik dan dibina oleh Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda dengan Alquran.

Bina-Qurani-Pengertian-Generasi-Qurani-Karakteristik-Cara-Mendidiknya

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Pengertian Generasi Qurani, Karakteristik, dan Cara Mendidiknya, Source: Photo by Abdullah G Pexels

3. Mengajarkan Alquran Kepada Anak Sejak Dini

Untuk mendidik anak menjadi generasi qurani, tentu harus diawali dengan pendidikan Alquran sejak anak usia dini. Sebelum mengajarkan materi pendidikan lain, sudah selayaknya seorang anak harus terlebih dulu mendapatkan pendidikan tentang Alquran.

Mengajarkan Alquran kepada anak dapat dimulai dengan memperdengarkan lantunan ayat-ayat Alquran sejak usia dini bahkan sejak anak berada di kandungan ibunya.

4. Memilih Lembaga Pendidikan Terbaik yang Berbasis Alquran dan As-Sunah

Selain pendidikan dari orang tua di rumahnya, untuk mendidik anak menjadi generasi qurani juga memerlukan kerjasama dengan lembaga pendidikan tempat anak menuntut ilmu.

Dalam menentukan pilihannya untuk pendidikan sang buah hati, ayah dan ibu harus memperhatikan betul lembaga pendidikan mana yang terbaik untuk anak-anak ayah dan ibu.

Sebagai orang tua yang ingin mengharapkan anaknya menjadi generasi qurani, maka lembaga pendidikan yang dipilih semestinya adalah lembaga pendidikan yang dalam kegiatan belajar mengajarnya berlandaskan pada Alquran dan Sunah.

5. Berdoa

Beberapa cara di atas kurang lengkap apabila tidak disertai dengan doa dan pengharapan hanya kepada Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā.

Berdoalah, mintalah kepada Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā sebelum, ketika, dan sesudah melakukan segala upaya dalam mendidik anak agar menjadi generasi qurani.

Semoga Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā memberikan kemudahan kepada kita semua, untuk mendidik anaknya menjadi generasi qurani.

Thumbnail Source: Photo by Michael B Pexels

Artikel Terkait:
Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login