Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Pengertian Parental Control

Bina-Qurani-Pengertian-Parental-Control
Pengertian Parental Control

Parental control merupakan salah satu fitur terbaru yang dapat dimanfaatkan oleh orang tua untuk mengontrol penggunaan gadget pada anak. Sebagaimana kita ketahui bahwa penggunaan gadget pada masa ini, tidak hanya digunakan oleh para remaja dan orang-orang dewasa saja.

Akan tetapi, anak-anakpun sudah mulai terlihat banyak yang menggunakan gadget dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Mulai dari anak-anak yang sudah duduk di bangku SD maupun yang masih duduk di taman kanak-kanak, hingga anak yang masih di bawah lima tahun pun kini banyak yang sudah memiliki gadget sendiri.

Penggunaan gadget yang berlebihan tanpa adanya batasan dari orang tua, akan menyebabkan kecanduan pada anak. Hal ini tentu akan berdampak buruk bagi perkembangan kesehatan dan mental anak. Oleh karena itu, sebagai orang tua kita perlu mengontrol penggunaan gadget pada anak.

Untuk mengontrol penggunaan gadget pada anak, orang tua dapat memanfaatkan fitur parental control. Fitur ini bisa membantu orang tua dalam mengontrol, dan mencegah anak untuk mengakses konten yang tidak sesuai dengan usianya. Parental control juga diperlukan agar anak tidak menjadi korbat atau pelaku kejahatan online.

Lalu apa pengertian parental control itu? Berikut kami tuliskan mengenai pengertian parental control beserta fungsinya.

Bina-Qurani-Pengertian-Parental-Control

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Pengertian Parental Control, Source: Photo by Vecteezy

Pengertian Parental Control Perangkat Lunak

Apa itu parental control? Parental control adalah software atau perangkat lunak atau peralatan atau aplikasi yang memungkinkan orang tua untuk mengontrol, mengatur, dan mengawasi penggunaan internet bagi anak-anak.

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa saat ini banyak anak-anak yang sudah terbiasa mengakses internet, bahkan sejak usia dini. Yang dikhawatirkan adalah anak-anak mengkonsumsi konten-konten atau informasi di internet yang tidak sesuai dengan usia dan tumbuh kembangnya.

Belum lagi adanya kejahatan online yang menyasar anak di bawah umur, sehingga orang tua perlu melakukan pembatasan terhadap penggunaan gadget pada anak. Salah satunya dengan menggunakan fitur parental control. Metode ini dianggap sebagai salah satu cara terbaik dan paling efektif dalam membantu mencegah anak-anak mengakses konten online yang tidak sesuai dengan usianya.

Bina-Qurani-Pengertian-Parental-Control

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Pengertian Parental Control, Source: Photo by Kidslox

Fungsi Utama Parental Control

Penggunaan parental control bertujuan untuk membatasi akses anak-anak dari konten online yang tidak sesuai dengan usianya dan mencegah mereka menjadi pelaku atau korban kejahatan online. Dengan aplikasi parental control, anak-anak hanya dapat mengakses fitur dan informasi online yang telah mendapatkan persetujuan atau tidak dibatasi oleh orang tua.

Fitur utama yang terdapat di dalam aplikasi parental yaitu:

  • Mengatur batas waktu penggunaan gadget.
  • Mambatasi akses website.
  • Memblokir aplikasi.
  • Membatasi dengan siapa anak dapat mengobrol secara online.
  • Menyembunyikan dan menyaring situs internet.
  • Mengetahui aktivitas online anak.
  • Melacak keberadaan anak.

Fitur-fitur tersebut tentu sangat bermanfaat bagi orang tua dalam mengontrol penggunaan gadget pada anak. Selain beberapa fitur di atas, parental control juga memiliki tiga fungsi utama yang sangat membantu orang tua.

Bina-Qurani-Pengertian-Parental-Control

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Pengertian Parental Control, Source: Photo by iStock

Di antara tiga fungsi utama tersebut yaitu:

1. Fungsi Filtering Situs Internet

Dengan menggunakan parental control, orang tua bisa membuat black list, bisa pula membuat white list. Black list artinya semua situs bisa dibuka, hanya beberapa situs saja yang kita masukkan tidak akan bisa dibuka oleh anak. Sedangkan white list artinya tidak ada situs yang bisa dibuka kecuali beberapa situs saja yang sudah kita program.

2. Fungsi Pemantauan

Fungsi pemantauan ini memungkinkan orang tua untuk merekam aktivitas online anak. Misalnya email mereka, situs-situs apa saja yang kebuka atau tidak sengaja kebuka.

3. Fungsi Schedulling

Fungsi ini memungkinkan anak hanya bisa melakukan aktivitas onlinenya pada jam yang sudah disepakati. Misalnya, hanya sore hari atau sabtu atau minggu saja. Sisanya mereka harus melakukan aktivitas di luar.

Thumbnail Source: Photo by Kids World Fun

Artikel Terkait:
Menerapkan Positif Parenting Pada Anak

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login