Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Pengertian Sepak Bola

Bina-Qurani-Pengertian-Sepak-Bola

Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang paling populer dan paling digemari di seluruh dunia. Hampir setiap negara mempunyai tim nasional untuk cabang olahraga ini.

Sepak bola merupakan olahraga yang paling banyak peminatnya di Indonesia, dibandingkan dengan cabang olahraga yang lainnya seperti bola voli, bola basket, bulu tangkis dan semisalnya yang peminatnya cukup sedikit.

Lalu, apasih pengertian sepak bola itu?

Pertanyaan ini mungkin jarang sekali terjadi, karena sebagian masyarakat dianggap sudah mengerti akan pengertian sepak bola. Lebih dari itu, masyarakat pun seolah tidak peduli akan apa itu pengertian sepak bola. Yang terpenting bagi mereka adalah bisa memainkan sepak bola dengan mahir dan dapat menjuarai suatu kompetisi atau pertandingan.

Meski begitu, pada kesempatan kali ini kami akan sedikit mengupas mengenai pengertian sepak bola, teknik dasar sepak bola, dan pemain sepak bola profesional yang beragama islam.

Bina-Qurani-Pengertian-Sepak-Bola

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Pengertian Sepak Bola, Source: Photo From Yogendra Singh Pexels

Pengertian Sepak Bola

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian sepak bola adalah permainan beregu di lapangan dengan menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan. Masing masing kelompok terdiri atas sebelas pemain, permainan berlangsung selama 2 x 45 menit, dan kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang lawan.

Menurut Encyclopedia Britannica, pengertian sepak bola adalah jenis olahraga yang dilakukan atau dimainkan oleh dua regu. Masing-masing regu beranggotakan 11 orang untuk membentuk tim kesebelasan. Bagian tubuh yang digunakan dalam permainan sepak bola adalah kaki.

Penggunaan tangan dalam permainan sepak bola tidak diperbolehkan. Penggunaan tangan hanya diperbolehkan untuk penjaga gawang yang tugasnya menghalau bola agar tidak masuk ke gawang yang dijaganya.

Bina-Qurani-Pengertian-Sepak-Bola

Islamic School, Image: Pengertian Sepak Bola, Source: Photo From Kelly Lacy Pexels

Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

Dilihat dari kacamata para ahli, pengertian sepak bola dapat didefinisikan sebagai berikut:

  • Menurut Muhajir, pengertian sepak bola adalah sebuah permainan yang dilakukan dengan cara menyepak bola, dengan tujuan untuk memasukkan bole ka gawang lawan dan juga melakukan pertahanan agar gawang tidak kebobolan.
  • Menurut Agus Salim, pengertian sepak bola adalah sebuah cabang olahraga dimana bola dimainkan dengan menggunakan kaki, dengan tujuan agar bola tersebut masuk ke gawang lawan sebanyak mungkin berdasarkan dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Ketentuan ini ditentukan oleh pihak asosiasi bola atau pihak lain yang memiliki kewenangan.
  • Menurut Soekatamsi, pengertian sepak bola adalah sebuah permainan yang dimainkan secara beregu. Permainan ini diperlombakan dengan masing-masing regu terdiri dari sebelas pprang pemain dan biasa disebut dengan kesebelasan. Satu dari kesebelas pemain tersebut merupakan penjaga gawang.
  • Menurut Muchtar Remmy, pengertian sepak bola adalah sebuah permainan yang dilakukan dengan cara mengolah bola.
  • Menurut Joseph Luxbacher, sepak bola adalah permainan yang dipertandingkan antar dua tim dalam satu lapangan. Setiap tim terdiri dari sebelas pemain, satu diantaranya sebagai penjaga gawang dan bertujuan untuk menjebol gawang lawan.
Bina-Qurani-Pengertian-Sepak-Bola

Islamic School, Image: Pengertian Sepak Bola, Source: Photo From Pixabay Pexels

Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Bola

Dalam permainan sepak bola, teknik dasar menjadi salah satu elemen yang paling penting dalam pertandingan sepak bola. Kemampuan penguasaan teknik dalam permainan sepak bola sangat berpengaruh terhadap kemenangan tim.

Beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai dalam permainan sepak bola adalah:

Teknik Mengoper Bola (Passing)

Passing atau mengoper bola adalah suatu aktivitas memindahkan bola dari satu pemain ke pemain yang lain, dengan tujuan tidak direbut oleh pemain lawan dan dapat mencetak gol ke gawang lawan.

Terdapat beberapa teknik mengoper bola (passing) yang baik agar operan akurat dan sampai ke kaki teman tanpa direbut oleh pemain lawan. Beberapa tekin tersebut antara lain adalah:

  • Operan dengan kaki bagian dalam
  • Operan dengan kaki bagian luar
  • Operan instep drive untuk passing jarak jauh
  • Chip Pass
Teknik Dasar Menghentikan atau Menerima Bola

Selain teknik operan yang baik, diperlukan juga teknik penerimaan bola yang baik. Teknik penerimaan bola penting dikuasai agar bola yang sudah dioper oleh teman tidak lepas dari penguasaan tim dan direbut lawan.

Bola yang lepas dari penguasaan tim dan direbut oleh pemain lawan, jelas akan sangat merugikan bagi tim. Terlebih lagi apabila tim lawan melakukan serangan balik, bisa jadi akan membuahkan gol untuk tim lawan.

Oleh karena itu, penting bagi setiap pemain sepak bola untuk meguasai teknik menerima atau menghentikan bola.

Bina-Qurani-Pengertian-Sepak-Bola

Islamic School, Image: Pengertian Sepak Bola, Source: Photo From Rfstudio Pexels

Teknik Menggiring Bola

Dalam permainan sepak bola juga diperlukan teknik menggiring bola yang baik dan benar. Menggiring bola dengan kecepatan tinggi dan menjaga dari jagalan lawan merupakan kunci untuk menciptakan gol ke gawang lawan.

Teknik Menendang Bola

Teknik menendang bola juga termasuk salah satu kunci untuk melakukan penyelesaian akhir dalam memasukkan bola ke gawang lawang.

Dengan tendangan yang akurat, bola akan dengan mudah masuk ke gawang lawan mengelabuhi penjaga gawang.

Pemain Sepak Bola Muslim

Sepanjang perjalanan sejarah, sepak bola telah banyak melahirkan pemain-pemain hebat dari berbagai negara di seluruh penjuru dunia. Pemain-pemain tersebut memberikan kontribusi penting bagi tim yang dibelanya maupun untuk negaranya.

Bina-Qurani-Pengertian-Sepak-Bola

Islamic School, Image: Pengertian Sepak Bola, Source: Photo From Pixabay Pexels

Di antara pemain-pemain hebat tersebut, ada beberapa pesepak bola muslim yang juga cukup terkenal dan memberikan pengaruh yang baik bagi timnya. Beberpa pemain muslim tersebut antara lain:

  • Zinadine Zidane
  • Nicolas Anelka
  • Frank Ribery
  • Karim Benzema
  • Paul Pogba
  • N’Golo Kante
  • Ousmane Dembele
  • Mesut Ozil
  • Sami Khedira
  • Emre Can
  • Ibrahim Afellay
  • Mousa Dembele
  • Xherdan Shaqiri
  • Granit Xhaka
  • Nuri Sahin
  • Chenk Tosun
  • Emanuel Adebayor
  • Sadio Mane
  • Yaya Toure
  • Muhamed Salah

Demikianlah beberapa pemain sepak bola muslim di berbagai negara dari seluruh penjuru dunia, masih banyak pemain sepak bola yang beragama Islam selain pemain-pemain yang telah disebutkan di atas.

Sekian untuk pembahasan kali ini, semoga apa yang telah disampaikan di atas mengenai pengertian sepak bola, pengertian sepak bola menurut para ahli, teknik dasar sepak bola dan pemain sepak bola muslim dapat menambah wawasan kita mengenai sepak bola.

Thumbnail Source: Photo From Flash GR

Artikel Terkait:
Bola Voli Berasal dari Negara?

TAGS
#cara menjadi youtuber #Olimpiade Tokyo 2020 #Pendiri Paskibraka #Pengertian Sepak Bola #Permainan Bola Voli #Pesepak Bola Muslim #Sejarah
Login