Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Pengusaha yang Berkah

Bina-Qurani-Pengusaha-yang-Berkah
Pengusaha yang Berkah

Menjadi seorang pebisnis atau pengusaha, merupakan salah satu cita-cita yang menjadi idaman dan dambaan kaum muda jaman sekarang. Akan tetapi, untuk mencapai impian tersebut jalan yang dilalui tidaklah mudah, dibutuhkan adanya tekad yang kuat, semangat pantang menyerah, kegagalan demi kegagalan yang ditemui, berbagai macam jenis rintangan, dan pengorbanan yang tidak sedikit pula.

Berdagang atau berbisnis merupakan salah satu mata pencaharian yang paling utama. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam riwayat dari Rafi’ bin Khadij:

قِيلَ: يَا رَسُولَ اللهِ، أَيُّ الْكَسْبِ أَطْيَبُ؟ قَالَ: ” عَمَلُ الرَّجُلِ بِيَدِهِ وَكُلُّ بَيْعٍ مَبْرُورٍ “

Artinya:

“Ada yang bertanya kepada Nabi Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam, ‘Wahai Rasulullah, mata pencaharian apa yang paling baik?’ Beliau bersabda, ‘Pekerjaan seorang laki-laki dengan tangannya sendiri dan setiap jual beli yang mabrur (diberkahi).’ (HR. Ahmad)

Di dalam Alquran, Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā juga langsung menegaskan tentang halalnya perniagaan. Hal ini sebagaimana firman Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā:

وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا

Artinya:

“Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.” (QS. Al-Baqarah: 275)

Hal lain yang menunjukkan keutamaan perniagaan adalah doa dari Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam kepada setiap penjual dan pembeli yang senantiasa memberikan kemudahan kepada orang lain dalam perniagaannya.

Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

رَحِمَ اللهُ رَجُلًا سَمْحًا إِذَا بَاعَ وَإِذَا اشْتَرَى وَإِذَا اقْتَضَى

Artinya:

“Semoga Allah merahmati seseorang yang bersikap mudah ketika menjual, ketika membeli dan ketika menagih haknya (hutangnya).” (HR. Bukhari)

Bina-Qurani-Pengusaha-yang-Berkah

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Pengusaha yang Berkah, Source: Photo by Rene Pexels

Tips Menjadi Pedagang yang Penuh Berkah

Berikut kami uraikan beberapa tips untuk menjadi seorang pengusaha muda yang sukses dan penuh berkah. Simak penjelasannya dengan seksama jika Anda bercita-cita untuk menjadi seorang pengusaha muda:

1. Mengikuti Aturan Syariat

Untuk menjadi pengusaha muda yang sukses dan penuh dengan keberkahan tentu tidak dapat dilakukan dengan asal-asalan dalam berdagang. Keberkahan dalam berbisnis dapat diraih apabila Anda memahami dan mengikuti aturan-aturan syariat.

Sangat mustahil seorang pebisnis atau pengusaha muda data meraih keberkahan namun tidak memahami aturan jual beli dalam syariat Islam. Oleh karena itu, aturan-aturan tersebut harus dipelajari dan dipahami sebelum seseorang terjun ke dunia bisnis agar tidak terjerumus dalam hal-hal yang dilarang oleh agama.

Hal ini sebagaimana yang dikatkan oleh Ali bin Abi Thalib bahwa:

“Barang siapa yang berdagang namun belum memahami ilmu agama, maka dia pasti akan terjerumus dalam riba, kemudian dia akan terjerumus ke dalamnya dan terus menerus terjerumus.”

Selain itu, Umar bin Khatthab juga berkata:

“Janganlah seseorang berdagang di pasar kami sampai dia paham betul mengenai seluk beluk riba.”

Inti dari dua perkataan sahabat di atas adalah bahwa seorang yang hendak terjun di dunia bisnis harus mengetahui aturan-aturan syariat yang ada dan berlaku. Jangan sampai seseorang berdagang, melakukan perniagaan jual beli namun tidak mengetahui ilmunya.

2. Meluruskan Niat

Tips menjadi pengusaha muda yang lain adalah dengan meluruskan kembali niat berbisnis karena Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā. Dengan niat yang benar karena Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā, perbuatan mubah semisal jual beli dapat berubah menjadi perbuatan yang bernilai pahala. Sehingga seluruh sisi kehidupan seorang muslim bernilai ibadah dan ketaatan.

Niat yang benar dalam hal perniagaan atau bisnis adalah dengan mengharapkan kebaikan untuk diri sendiri dan orang lain. Niat baik untuk diri sendiri berupa menjaga diri dari mengkonsumsi harta yang haram, menjaga kehormatan sehingga tidak meminta-minta, menguatkan diri dalam melakukan ketaatan, menjaga silaturahmu, berbuat baik dengan kerabat, dan niat baik yang lainya.

Sedangkan niat baik untuk orang lain yaitu berperan untuk memenuhi hajat hidup orang banyak, membuka lapangan pekerjaan, membebaskan umat dari sikap bergantung kepada orang lain, dan niat-niat baik lainnya.

3. Menanamkan Akhlak Mulia dalam Berbisnis

Untuk menjadi pegusaha muda yang sukses dan penuh berkah, hal lain yang perlu dilakukan adalah dengan menanamkan akhlak mulia dalam berbisnis. Akhlak mulia adalah tiang penegak urusan agama dan dunia. Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam diutus dengan misi menyempurnakan akhlak mulia.

Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

إِنَّ مِنْ أَحَبِّكُمْ إِلَيَّ وَأَقْرَبِكُمْ مِنِّي مَجْلِسًا يَوْمَ القِيَامَةِ أَحَاسِنَكُمْ أَخْلاَقًا

Artinya:

“Sesungguhnya di antara orang yang paling aku cintai dan yang tempat duduknya lebih dekat kepadaku pada hari kiamat adalah orang yang bagus akhlaknya.” (HR. Tirmidzi)

4. Membayar Upah Karyawan Tepat Waktu

Tunaikanlah kewajiban harta yang harus Anda keluarkan, dengan membayarkan upah karyawan tepat pada waktunya. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

أَعْطُوا الأَجِيرَ أَجْرَهُ قَبْلَ أَنْ يَجِفَّ عَرَقُهُ

Artinya:

“Berikan kepada seorang pekerja upahnya sebelulm keringatnya kering.” (HR. Ibnu Majah)

5. Tidak Melakukan Kedzaliman

Dalam upaya menjadi pengusaha muda yang sukses dan penuh keberkahan, setiap kita hendaknya tidak melakukan kedzaliman. Adapun bentuk kedzaliman yang sering terjadi dalam hal perniagaan yaitu memakan harta orang lain dengan cara yang tidak benar.

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman:

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلَّا أَنْ تَكُونَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ

Artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku suka sama suka di antara kamu.” (QS. An-Nisa: 29)

Itulah beberapa tips menjadi seorang pengusaha yang sukses dan penuh dengan keberkahan.

Thumbnail Source: Photo by Morillo Pexels

Artikel Terkait:
Karakter Orang Sukses

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
© 2023 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login