Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Penjelasan Hadis Bolehnya Berbuka atau Puasa Saat Safar

Ketika seseorang melakukan safar maka diperolehkan baginya tetap berpuasa atau mengambil keringanan dengan tidak berpuasa. Nabi Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam membenarkan kedua-duanya. Berikut adalah penejelasan hadis yang dikutip dari kitab Taisīr al-‘Allām Syarh ‘Umdah al-Akām karya ‘Abd Allāh ibn ‘Abd al-Raḥmān al-Bassām:

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: كُنَّا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَكْثَرُنَا ظِلًّا الَّذِي يَسْتَظِلُّ بِكِسَائِهِ وَأَمَّا الَّذِينَ صَامُوا فَلَمْ يَعْمَلُوا شَيْئًا وَأَمَّا الَّذِينَ أَفْطَرُوا فَبَعَثُوا الرِّكَابَ وَامْتَهَنُوا وَعَالَجُوا. فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ذَهَبَ الْمُفْطِرُونَ الْيَوْمَ بِالْأَجْرِ

Dari Anas bin Malik Raḍiallāhu ‘Anhu, ia berkata, “Suatu ketika kami berada dalam perjalanan bersama Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam, lalu di antara kami ada yang berpuasa dan ada juga yang berbuka. Kami kemudian singgah di suatu tempat saat terik matahari menyengat. Di antara kami yang paling banyak mendapat naungan adalah yang bernaung dengan pakainnya, di antara kami ada yang melindungi diri dari teriknya matahari dengan tangan. Orang-orang yang berpuasa tergeletak (tidak mampu melakukan apa pun, sementara yang tidak berpuasa mendirikan tenda-tenda dan memberi minum hewan-hewan tunggangan, lalu Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, “Hari ini orang-orang yang tidak berpuasa membawa seluruh pahala.” (HR. al-Bukhari No. 2890 dan Muslim No. 1119)

Makna Global

Suatu ketika para sahabat bepergian bersama Nabi Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam. Sebagian di antara mereka tidak berpuasa dan sebagian lainnya berpuasa. Nabi Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam membenarkan mereka semua. Ketika hari sangat panas, mereka singgah untuk istirahat sejenak melepas lelah dan berlindung dari teriknya matahari. Mereka menghadapi situasi sulit, sebagian besar di antara mereka tidak dapat naungan selain dengan menutupi kepala dengan tangan, atau memasang baju di atas tongkat atau pepohonan kemudian bernaungan di bawahnya.

Saat mereka singgah berlindung dari terik matahari, orang-orang yang berpuasa tergeletak, tidak mampu berbuat apa pun. Sementara yang tidak berpuasa mendirikan tenda-tenda, memberi minum unta, dan melayani saudara-saudara mereka yang berpuasa. Melihat hal itu, Nabi ,menjelaskan kelebihan mereka dan bersabda, “Hari ini, orang-orang yang tidak berpuasa membawa seluruh pahala.”

Intisari Hukum

(1). Diperolehkannya puasa ataupun tidak puasa dalam perajalan, karena Nabi Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam membenarkan kedua-duanya.

(2). Kondisi sulit para sahabat dalam perkara duniawi. Namun hal itu tidak menghalangi sepak terjang mereka untuk tetap berjihad di jalan Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā.

(3). Keutamaan membantu teman dan keluarga. Sikap ini termasuk bagian dari agama dan kepahlawanan yang telah dicontohkan oleh orang-orang pilihan umat ini, tidak seperti sikap orang-orang angkuh dan sombong.

(4). Dalam perjalanan lebih baik tidak berpuasa, terlebih jika ada maslahatnya seperti memperkuat diri untuk menghadapi musuh lainnya. Manfaat berpuasa hanya kembali kepada individu saja, sementara manfaat tidak berpuasa dalam situasi seperti ini, bisa dirasakan individu, juga lain.

(5). Islam mendorong untuk berkerja dan tidak bermalas-malasan. Islam memberikan bagian pahala yang besar bagi orang yng bekerja. Orang yang berkerja lebih baik dari orang yang fokus beribadah.

(6). Jauh sekali nilai-nilai ini dari mereka yang menganggap agama sebagai penghalang karya dan kemajuan? Semoga Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā menjauhkan mereka dari rahmat, mereka sembarangan mengatakan apa yang tidak mereka ketahui.

Dikutip dari: ‘Abd Allāh ibn ‘Abd al-Raḥmān al-Bassām, Taisīr al-‘Allām Syarh ‘Umdah al-Akām, Takhrīj Muhammad Subḥī Ḥasan Hallāq, (Shan’ā: Maktabah al-Irshād dan Maktabah al-Asady, 2004), 238 – 239. Edisi terjemah: Alih Bahasa Umar Mujtahid, Fikih Hadis Bukhari Muslim, (Jakarta: Ummul Qura, 2013), 498 – 500.

Source : Photo Created by Freepik

TAGS
#khazanah #Puasa Ramadan #puasa saat safar
Login