Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

People Management

Bina-Qurani-People-Management
People Management

Salah satu kemampuan atau kualitas yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin atau manager di dalam sebuah perusahaan adalah people management. People management merupakan kemampuan yang dibutuhkan oleh seorang manager untuk mengelola dan mengoptimalkan produktivitas kerja karyawan.

Sebagai seorang manager perusahaan, kita tentu memiliki beberapa staf karyawan sebagai bawahan yang bertugas membantu kita untuk mengerjakan suatu bidang kerja tertentu. Penerapan strategi people management diperlukan untuk mengelola tim tersebut agar lebih efisien dalam bekerja.

Lalu apa itu people management? Simak pembahasan lengkapnya tentang pengertian people management, tujuan, dan cara untuk meningkatkan people management di bawah ini!

Bina-Qurani-People-Management

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: People Management, Source: Photo by Bizlaw Image

Pengertian People Management

Apa itu people management? People management merupakan istilah yang berasal dari Bahasa Inggris, dan apabila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya adalah pengorganisasian sumber daya manusia (SDM). Pengorganisasian SDM ini merupakan proses yang cukup panjang, mulai dari pelatihan, motivasi, dan pengarahan karyawan untuk mengoptimalkan produktifitas kerja karyawan dan mendorong pertumbuhan serta perkembangan perusahaan ke arah yang lebih baik lagi.

People management juga dikatakan sebagai kemampuan mengelola karyawan atau SDM agar tercapai efisiensi kerja melalui motivasi, arahan, dan optimalisasi SDM, hingga pengawasan kinerja yang dilakukan secara berkelanjutan.

Kemampuan people management oleh seorang manager juga dibutuhkan untuk membuat karyawan merasa lebih nyaman saat bekerja. Dengan begitu, mereka akan lebih loyal dan bekerja lebih maksimal untuk perusahaan.

Bina-Qurani-People-Management

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: People Management, Source: Photo by Bachelore Image

Tujuan People Management

Dalam sebuah perusahaan, dibutuhkannya people management bukanlah tanpa alasan. Namun, terdapat beberapa tujuan penting yang ingin dicapai seiring dengan perkembangan perusahaan dan bertambahnya jumlah karyawan.

Adapun tujuan dari people management dalam sebuah perusahaan, yaitu:

1. Mengatasi Konflik Antar Karyawan

Salah satu tujuan dari people management adalah untuk mengatasi konflik yang terjadi antar karyawan. Dalam sebuah perusahaan, konflik merupakan hal yang biasa dan wajar terjadi di dalam dunia kerja.

Konflik antar karyawan biasanya terjadi karena adanya gesekan, rasa iri, persaingan tidak sehat, dan hal-hal lain yang memicu terjadinya konflik. Dengan penerapan strategi people management yang baik, seorang manager tentu akan lebih mudah dalam mengatasi konflik yang terjadi di antara bawahannya.

Hal ini tentu dapat dilakukan dengan melakukan organisir terhadap karyawan, membagi pekerjaan dengan jelas dan proporsional, serta menjadi penengah dan pendengar yang baik bagi karyawan yang ada di bawah Anda.

2. Meningkatkan Efisiensi Waktu

Tujuan people management yang berikutnya adalah untuk meningkatkan efisiensi waktu kerja. Penerapan people management yang baik akan memberikan dampak bagus dalam meningkatkan efisiensi waktu kerja bagi setiap karyawan.

Selain itu, people management juga akan mendorong tujuan-tujuan perusahaan akan lebih cepat untuk dicapai. Sebab, setiap karyawan sudah mengetahui tentang apa yang sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kerjanya masing-masing.

Bina-Qurani-People-Management

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: People Management, Source: Photo by Pawoon Image

3. Membantu Membangun Budaya Perusahaan

Tujuan lain dari people management adalah untuk membantu membangun budaya yang baik dalam suatu perusahaan. Sebab sebagai seorang manager, Anda adalah cerminan atau contoh bagi setiap karyawan di bawah Anda.

Apapun yang dilakukan oleh Anda tentu akan dilihat dan diperhatikan oleh bawahan Anda. Mulai dari hal yang kecil, hinga hal-hal besar sekalipun. Oleh karena itu, penerapan people management dapat meningkatkan Anda untuk bergorganisasi lebih baik dengan karyawan.

4. Mengoptimalkan Kemampuan dan Kinerja Sumber Daya Manusia

People management dalam suatu perusahaan juga dibutuhkan untuk mengoptimalkan kemampuan dan kinerja sumber daya manusia yang dimiliki oleh perushaan. Tidak dapat dipungkiri bahwa meningktanya angka turnover karyawan adalah momok yang menakutkan bagi setiap perusahaan.

Oleh karena itu, diperlukan adanya people management yang baik untuk mengoptimalkan kemampuan dan kinerja sumber daya manusia. Optimalisasi ini dapat dilakukan dengan memberikan apa yang dibutuhkan oleh karyawan. Seperti pelatihan dan pengembangan, memberikan fasilitas yang dibutuhkan untuk mendukung produktivitas kerja, hingga memberikan benefit-benefit lainnya yang bisa membuat karyawan merasa nyaman dan betah dalam bekerja di perusahaan.

Demikianlah beberapa tujuan dari pentingnya people management dalam sebuah perusahaan. Tujuan-tujuan di atas sekaligus menutup tulisan tentang people management kali ini. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan dan memberikan manfaat untuk Anda.

Artikel Terkait:
Customer Service Orientation

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login