Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Bina-Qurani-Peran-Orang-Tua-dalam-Pendidikan-Anak
Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Keluarga adalah tempat pertama bagi sang buah hati untuk mendapatkan pendidikan. Pendidikan anak yang didapat di lingkungan keluarga sangat berpengaruh terhadap keimanan, ketakwaan, kecerdasan, akhlak dan kepribadian sang anak.

Anak merupakan peniru yang ulung, mereka akan memperhatikan dan mengamati segala tindak tanduk yang dilakukan oleh orang tuanya, hingga kemudian mencontoh dan menirukan apa saja yang dilakukan oleh orang tuanya.

Oleh karena itu, maka peran orang tua dalam pendidikan anak di lingkungan keluarga merupakan hal yang sangat penting dan perlu mendapatkan perhatian khusus, terutama dalam hal memberikan contoh dan keteladanan yang baik bagi sang buah hati.

Berkaitan dengan peran orang tua dalam pendidikan anak, pada kesempatan kali ini kami akan sedikit berbagi mengenai dua poin sebagai berikut:

  • Beberapa peran orang tua dalam pendidikan anak.
  • Kewajiban orang tua dalam mendidik anak.

Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak pembahasan berikut ini.

Thumbnail-Bina-Qurani-Peran-Orang-Tua-dalam-Pendidikan-Anak-Photo-by-timur-weber-pexels

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak, Source: Photo by Chanikarn Thongsupa Rawpixel

Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Menurut Syariat Islam

Peran orang tua dalam pendidikan anak bukanlah hal yang sepele, karena pendidikan yang di dapatkan anak dari lingkungan keluarga adalah modal yang menentukan tumbuh kembang anak di masa depannya.

Berikut ini adalah beberapa hal menurut Islam yang dapat dilakukan orang tua sebagai bentuk peran orang tua dalam pendidikan anak:

1. Mendidik Anak dengan Kelembutan

Di antara tabiat anak-anak adalah mencintai orang tua yang lemah lembut kepada mereka, membantu dan perhatian kepada mereka. Sebagai orang tua menahan diri untuk tidak berteriak, marah dan mencaci merupakan salah satu bentuk peran orang tua dalam pendidikan anak.

Mendidik anak tidak selalu dengan kekerasan, tetapi didiklah mereka dengan penuh hikmah, kesabaran dan kelembutan.

Bagaimanapun juga anak usia dini pada umumnya membutuhkan permainan dan hiburan, disamping pendidikan ilmu dan adab. Oleh karenanya, perlu ada keseimbangan antara pendidikan dan hiburan serta permainan bagi sang anak.

Agar sang buah hati merasa senang dan bahagia dalam belajar.

2. Ajarkan Tauhid Sejak Dini

Mengajarkan anak tentang tauhid sejak dini merupakan hal yang sangat penting, untuk menanamkan tauhid kepada anak tentu membutuhkan peran orang tua dalam pendidikan penanaman tauhid yang benar.

Ajarkanlah tauhid kepada anak sejak dini, ajarkan dia bagaimana cara mentauhidkan Allah, serta jauhkan dan laranglah sang anak dari berbagai macam perbuatan syirik.

Hal ini sebagaimana nasihat Luqman kepada anaknya yang tertuang pada QS. Luqman.

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman,

وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَابُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ

“Dan ingatlah ketika Luqman berkata kepada anaknya, ketika ia memberi pelajaran kepadanya, ‘Wahai anakku! Janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan Allah adalah benar-benar kezaliman yang besar’.” (QS. Luqman [31]: 13)

Thumbnail-Bina-Qurani-Peran-Orang-Tua-dalam-Pendidikan-Anak-Photo-by-timur-weber-pexels

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak, Source: Photo by Chanikarn Thongsupa Rawpixel

3. Memperhatikan Shalat Sang Buah Hati

Shalat merupakan tiang agama, oleh karena itu shalat juga harus menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan orang tua kepada anaknya.

Selain merupakan tiang agama, shalat juga termasuk amal ibadah yang pertama kali akan dihisab oleh Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā di akhirat kelak. Untuk itu, salah satu peran orang tua dalam pendidikan anaknya adalah harus senantiasa mengajak dan mengingatkan sang anak untuk mendirikan shalat tepat waktu dan berjamaah di masjid bagi anak laki-laki.

4. Memberikan Contoh Yang Baik

Salah satu peran orang tua dalam mendidik anak adalah memberikan contoh yang baik kepada anak. Sebelum mengajari anak untuk berakhlak yang baik, maka orang tua harus terlebih dahulu memiliki akhlak yang baik.

Artinya, untuk mendidik anak menjadi pribadi yang shalih atau shalihah maka hal pertama yang harus dilalukan adalah menjadikan diri kita pribadi yang shalih dan taat dalam beragama. Karena keshalihan anak adalah bentuk contoh yang mereka dapatkan dari kita, dan keburukan mereka juga merupakan hasil dari apa yang telah kita perbuat dan contohkan kepada mereka.

5. Berdoa

Sertakan doa dan pengharapan hanya kepada Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā dalam segala usaha dan upaya yang dilakukan dalam mendidik anak.

Bina-Qurani-Peran-Orang-Tua-dalam-Pendidikan-Anak

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak, Source: Photo by Timur Weber Pexels

Kewajiban Orang tua dalam Mendidik Anak

Anak adalah amanah yang Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā titipkan kepada setiap hamba-Nya yang berstatus sebagai orang tua. Maka setiap orang tua wajib menjaga anak yang sudah diamanahkan tersebut.

Segala bentuk amanah yang Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā titipkan kepada kita, tentu akan dimintai pertanggungjawabannya kelak di hari kiamat.

Anas Raḍiallāhu ‘Anhu meriwayatkan hadis bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda,

إن الله سائل كل راع عما استرعاه أحفظ ذلك أم ضيع حتى يسأل الرجل على أهل بيته

“Sesungguhnya Allah akan bertanya kepada setiap pemimpin tentang apa yang dipimpinnya. Apaka ia pelihara ataukah ia sia-siakan, hingga seseorang ditanya tentang keluarganya.” (HR. An-Nasai)

Anak yang terlahir ke dunia sejatinya dalam keadaan fitrah, suci, dan tidak tahu apapun. Kemudian orang tua dan keluarganya itulah yang menjadikan anak itu beriman, bertakwa atau sebaliknya.

Abu Hurairah Raḍiallāhu ‘Anhu meriwayatkan hadis bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda,

كُلُّ مَوْلُودٍ يُولَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ أَوْ يُمَجِّسَانِه

“Setiap anak yang lahir, dilahirkan di atas fitrah. Kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani, atau Majusi.” (HR. Bukhari)

Berdasarkan hadis di atas, dapat disimpulkan bahwa peran orang tua dalam pendidikan anak sangat mempunyai pegaruh besar terhadap keimanan, keshalihan, kecerdasan, serta budi pekerti anak.

Sebagai orang tua mendidik anak merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan benar. Hal ini dilakukan agar sang buah hati tumbuh menjadi pribadi yang shalih dan shalihah serta terjaga dari panasnya siksa api neraka. Inilah salah satu pentingnya peran orang tua dalam pendidikan anak, yaitu agar anak serta keluarga terhindar dari siksa api neraka.

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman,

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras dan tidak mendurhakai Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At-Tahrim [66]: 6)

Thumbnail Source: Photo by Timur Weber Pexels

Artikel Terkait:
Generasi Quranin

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login