Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Peran Santri dalam Perkembangan Teknologi Informasi

Bina-Qurani-Peran-Santri-dalam-Perkembangan-Teknologi-Informasi
Peran Santri dalam Perkembangan Teknologi Informasi

Pesatnya perkembangan teknologi informasi seperti sekarang ini telah menciptakan dunia terasa semakin sempit, tetapi memaknai kehidupan semakin luas. Perkembangan teknologi telah memberikan dampak yang sangat besar dalam pembentukan pola piki, sikap, dan gaya hidup masyatakan modern.

Cepatnya laju perkembangan teknologi informasi dan ketatnya kompetisi di era ini menjadi tantangan tersendiri bagi pesantren. Sebagai Lembaga pendidikan berbasis agama, pesantren diharapkan mampu mencetak generasi yang memiliki sumber daya yang mampu bersaing dalam pentas global.

Pesantren harus mampu beradaptasi dan berproses sesuai dengan kebutuhan masyarakat global. Namun, proses adaptasi tersebut tidak berarti harus meninggalkan nilai-nilai dan tradisi lama pesantren yang masih dianggap baik. Perlu adanya upaya penyelarasan antara sistem pendidikan di pesantren dengan laju perkembangan teknologi informasi.

Bina-Qurani-Peran-Santri-dalam-Perkembangan-Teknologi-Informasi

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Peran Santri dalam Perkembangan Teknologi Informasi, Source: Photo by Vanesa Pexels

Selain itu, santri sebagai peserta didik di lembaga pendidikan pesantren juga harus mempunyai peran yang cukup, dalam menghadapi tantangan perubahan zaman. Bukan malah menjauhkan diri dari pesatnya perkembangan ini. Nilai-nilai Islam yang diajarkan di pesantren, harus bisa menjawab tantangan serius kehidupan modern di era digital.

Seorang santri harus mampu menguasai teknologi informasi agar bisa tetap eksis di masyarakat. Penguasaan terhadap teknologi informasi dapat membantu seorang santri mudah diterima di kalangan masyarakat, karena dapat memberikan kontribusi dalam berbagai hal kehidupan.

Selain dituntut untuk menguasai ilmu agama dan membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat terkait agama, seorang santri juga perlu memiliki ketrampilan yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Masyarakat secara umum tidak hanya membutuhkan pengetahuan-pengetahuan agama meskipun itu adalah prioritas, namun pengetahuan umum semisal teknologi dan ketrampilan juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Oleh karena itu, lembaga pendidikan pondok pesantren juga harus memiliki orientasi yang berbeda dengan memberikan materi pengajaran tentang teknologi informasi dan ketrampilan.

Bina-Qurani-Peran-Santri-dalam-Perkembangan-Teknologi-Informasi

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Peran Santri dalam Perkembangan Teknologi Informasi, Source: Photo by Pixabay Pexels

Ketrampilan dan Peran Santri dalam Perkembangan Teknologi Informasi

Selain memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi para penggunanya, perkembangan teknologi informasi juga harus mendapatkan pengawalan dan terus diwaspadai. Sebab, perkembangan teknologi nyatanya dapat pula memberikan dampak negatif bagi para santri dan juga masyarakat.

Di internet, sebagai salah satu bagian dari hasil perkembangan teknologi informasi terdapat banyak sekali konten-konten sensitive yang tidak mendidik dan dapat menjerumuskan santri ke dalam jurang kebinasaan. Sehingga kewaspadaan dan sikap selektif para santri perlu ditingkatkan dalam menghadapi hal ini.

Selain sikap waspada dan selektif, setiap santri juga harus memiliki keterampilan khusus untuk menghadapi revolusi industry 4.0. Berikut ini beberapa ketrampilan yang harus dimiliki sebagai usaha untuk mengoptimalkan peran santri dalam perkembangan teknologi informasi:

1. Memiliki Pola Pikir Kritis

Santri harus mampu berpikir kritis dalam memahami setiap fenomena-fenomena yang rumit, serta mampu mengintegrasikan berbagai informasi. Sehingga, dapat memunculkan berbagai perspektif dan solusi akan sebuah masalah.

2. Memiliki Kreativitas Tinngi

Dengan memiliki kreativitas tinggi, dapat mengoptimalkan peran santri dalam perkembangan teknologi informasi. Kreativitas santri dapat ditunjukan dengan cara membuat serta menemukan terobosan-terobosan baru dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Hal ini dapat membuat santri lebih berdaya kembang dalam kancah persaingan global.

Bina-Qurani-Peran-Santri-dalam-Perkembangan-Teknologi-Informasi

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Peran Santri dalam Perkembangan Teknologi Informasi, Source: Photo by Kobe Pexels

3. Memiliki Kemampuan dalam Berkolaborasi

Di era perkembangan digital seperti sekarang, santri harus memiliki kemampuan untuk melakukan kolaborasi. Kolaborasi yaitu saling bekerjasama dan bersinergi dalam menyatukan potensi dengan sesama.

Dengan kolaborasi, setiap kelemahan atau kekurangan santri akan tertutupi oleh potensi-potensi orang lain yang tergabung dalam Kerjasama yang dilakukan. Hal ini tentu memberikan banyak manfaat bagi setiap anggotanya.

4. Memiliki Kemampuan Komunikasi

Santri harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Sebab, komuniksi merupakan salah satu kunci sukses dalam kehidupan bermasyarakat. Banyak masalah yang muncul hanya berawal dari kurangnya komunikasi atau miscommunication.

Oleh karena itu, seorang santri juga dinilai sebagai santri yang cerdas apabila dapat menyampaikan gagasannya dengan baik melalui khutbah di mimbar ataupun melalui ceramah.

Itulah beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap santri agar dapat memaksimalkan peran santri dalam perkembangan teknologi informasi.

Thumbnail Source: Photo by Pixabay Pexels

Artikel Terkait:
Sains dan Teknologi dalam Islam

TAGS
#Augmented Reality #Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Virtual Reality #Web Design #Web Developer
Login